Pengertian Database dan Manfaat Penggunaan Database

Posted on

Pengertian database

Database ialah sekumpulan data yang telah disusun sedemikan rupa dengan ketentuan atau aturan tertentu yang saling berelasi sehingga memudahkan pengguna guna mengelolanya juga memudahkan memperoleh sebuah informasi. Selain itu ada juga yang mendefinisikan database sebagai kumpulan file, tabel, ataupun arsip yang saling terhubung yang disimpan dalam media elektronik. ada Beberapa manfaat database yang bisa kita dapatkan antara nya ialah:

Manfaat Penggunaan Database

Kecepatan dan Kemudahan

 

Database mempunyai kemampuan dalam menyeleksi data sehingga menjadi suatu kelompok yang terurut dengan sangat cepat. Hal inilah yang ahirnya bisa menghasilkan informasi yang dibutuhkan secara cepat juga. Seberapa cepat pemrosesan data oleh database tergantung juga pada perancangan databasenya.

Pemakaian Bersama-sama

Suatu database dapat digunakan oleh siapa saja dalam suatu perusahaan. Sebagai contoh database mahasiswa dalam suatu perguruan tinggi dibutuhkan oleh beberapa bagian, misalnya bagian admin, bagian keuangan dan bagian akademik. Kesemua bidang tadi membutuhkan database mahasiswa akan tetapi tidak perlu masing-masing bagian membuat databasenya sendiri, cukup hanya database mahasiswa satu saja yang disimpan di server pusat. Nanti aplikasi dari masing-masing bagian dapat terhubung ke database mahasiswa tersebut.

Kontrol data terpusat

Masih berkaitan dengan point ke dua tadi, meskipun pada suatu perusahaan mempunyai banyak bagian atau divisi namun database yang diperlukan tetap satu saja. Hal ini mempermudah pengontrolan data misalnya ketika ingin mengupdate data mahasiswa, maka kita harus mengupdate semua data di masing-masing bagian atau divisi, tetapi cukup di satu database saja yang ada di server pusat.

Menghemat biaya perangkat

Dengan mempunyai database secara terpusat maka di masing-masing divisi tidak membutuhkan  perangkat untuk menyimpan database berhubung database yang diperlukan hanya satu yaitu yang disimpan di server pusat, ini tentunya akan memangkas biaya pembelian perangkat.

Keamanan Data

Hampir segala Aplikasi manajemen database sekarang mempunyai fasilitas manajemen pengguna. Manajemen pengguna ini dapat mampu membuat hak akses yang berbeda-beda disesuaikan dengan kepentingan maupun posisi pengguna. Selain itu data yang tersimpan di database juga diperlukan password untuk mengaksesnya.

Memudahkan dalam pembuatan Aplikasi yang baru

Dalam poin ini database yang dirancang dengan sangat baik, sehingga si perusahaan membutuhkan aplikasi baru tidak perlu membuat database yang baru juga, atau pun tidak perlu mengubah kembali struktur database yang sudah ada. makannya dengan  atau programmer hanya cukup membuat atau pengatur antarmuka aplikasinya saja.

Dengan banyaknya manfaat dan kegunaan yang dimiliki oleh database maka sudah seharusnya semua perusahaan baik itu perusahaan skala kecil maupun perusahaan besar mempunyai database yang dibangun dengan rancangan yang baik. Ditambah juga dengan pemanfaatan teknologi jaringan komputer maka manfaat database ini akan semakin besar/baik. Penggunaan database sekaligus teknologi jaringan komputer telah banyak dipakai oleh berbagai macam perusahaan, contohnya saja perbankan yang mempunyai cabang di setiap kotanya. Perusahaan Bank tersebut hanya mempunyai satu database yang disimpan di server pusat saja, sedangkan cabang-cabangnya terhubung melalui jaringan komputer guna mengakses database yang terletak di sever pusat tersebut.

Demikianlah artikel dari ayoksinau.com mengenai Pengertian Database dan Manfaat Penggunaan Database, semoga dapat menambah wawasan anda semua.

Baca juga arikel menarik dibawah ini: