Bunga Matahari

Diposting pada

Pengertian

Bunga matahari yang mempunyai nama latin Heliantus annuus L adalah salah satu jenis bunga yang terkenal di dunia sebab bentuk bunganya yang khas dan nyentrik serta warna kuning yang mencolok. Bunga ini dimanfaatkan sebagai tanaman hias tetapi juga dijadikan tanaman budidaya karena untuk diambil minyak dan juga biji bunganya. bentuk bunga matahari cukup besar umunya sebesar 30 cm dengan bentuk bunganya yang bulat.

Ciri Bunga Matahari

Ciri pada bunga matahari ialah daun yang lebar dan juga tumbuh mengembang berwarna hijau tua ,dengan warna batang kehijauan dan tak terlalu keras. Tangkai bunga berbentuk bulat / oval dengan daun-daun kecil dipingirnya. Kelopak bunga memiliki warna kuning terang tumbuhan mengitari bulatan bunga dengan calon biji berada di tengah.

 

Habitat Bunga Matahari

Bunga ini sangat cocok ditanam di tanah yang subur dan juga hangat dengan adanya sinar matahari yang cukup. berdasarkan asal bunga matahari, bunga ini cocok ditanam di daerah yang mempunyai iklim subtropik. kalau ditanam di daerah tropic juga bisa, tetapi hasilnya kurang maksimal. kalau ditanam di daerah dengan 4 musim seperti pada eropa, Australia, jepang dan juga sebagian negara bagian di amerika hanya dapat ditanam di musim semi dan juga musim panas saja. penanaman pada negara 4 musim di musim dingin dan juga musim gugur sebaiknya dihindari sebab bunga matahari akan susah tumbuh. Di Indonesia sendiri dapat ditanami bunga matahari dengan mutu yang cukup baik sebab bunga matahari telah mengalami persilangan sehingga cocok jika ditanam di daerah tropic.

Manfaat bunga matahari

  1. Peradangan

Bunga matahari ini terutama pada bijinya bisa mengurangi peradangan. karena biji bunga matahari memiliki flavonoid dan juga senyawa tanaman lain.

  1. Kurangi Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi ialah faktor risiko utama pada penyakit jantung, yang bisa menyebabkan serangan jantung / stroke. Senyawa pada biji bunga matahari dapat mencegah enzim yang menyebabkan pembuluh darah mengerut. Biji bunga matahari bisa membantu pembuluh darah rileks dan juga menurunkan tekanan darah. Magnesium pada biji bunga matahari juga dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah.

Selain itu juga, biji bunga matahari banyak terkandung asam lemak tak jenuh, terutama asam linoleat. Tubuh memanfaatkan asam linoleat untuk membuat senyawa sebagai hormon yang melemaskan pembuluh darah dan juga meningkatkan tekanan darah. Asam lemak ini juga dapat membantu menurunkan kolesterol.

  1. Diabetes

Orang yang menyantap 30 gram biji bunga matahari pada setiap hari sebagai bagian dari diet sehat bisa mengurangi gula darah sekitar 10% dalam enam bulan. Efek dari penurun gula darah dari biji bunga dikarenakan oleh asam klorogenat senyawa tanaman.

  1. Kaya Omega 6

bunga ini banyak terkandung akan Omega 6. 1 Sendok makan minyak bunga matahari terkandung setidaknya 8,9 gram asam linoleat, yang ialah Omega 6.

  1. Diet

Bagian biji di bunga matahari ini juga bisa dikonsumsi sebagai santapan diet. Kandungan protein nabati dan juga serat yang ada pada bunga matahari ini dapat mengontrol rasa lapar. Kamu pun akan dapat lebih mudah kenyang dibanding mengonsumsi hidangan yang mengandung karbohidrat / lemak.

Cara Membudidayakan

Menyiapkan Kebun

1.Pilihlah jenis bunga yang sesuai dengan kebutuhan kebun Anda. meskipun kebanyakan dari jenis bunga matahari tumbuh hingga beberapa meter, namun ada sejumlah jenis bunga berukuran kecil yang tingginya hanya dibawah 1 meter.

Mammoth: Mammoth sebenarnya sudah lama punah, tetapi Anda tak sedang salah membaca! Anda dapat menumbuhkan mammoth sendiri dan juga membangkitkannya dari kepunahan.

Autumn Beauty: Jenis bunga matahari ini menghasilkan bunga besar yang tumbuh sampai berdiameter 15 cm. Bunga matahari jenis ini dinamai sesuai tampilan spektrum bunganya yang menyerupai musim gugur. Bunga merah tua dan juga cokelat kemerahan tak jarang ditemukan di batang besar yang dapat mencapai 2 meter ini.

Sunbeam:Sunbeam ialah jenis bunga matahari berukuran sedang, mempunyai tinggi sekitar 1,5 meter dan juga menghasilkan bunga berdiameter sekitar 12 cm. Daun bunga ini yang panjang dan tak simetris, juga bagian tengahnya berwarna kuning membuat bunga ini tambahan yang dramatis bagi buket bunga.

Teddy Bear: Jenis bunga tedy bear berukuran mencapai tinggi 1 meter dan juga cocok jika kebun Anda mempunyai ruang tanam yang sempit.

2.pilihlah lahan dengan sinar matahari penuh dan juga terlindung dari angin. Bunga ini tumbuh dengan subur di iklim hangat hingga panas dengan sinar matahari penuh di siang hari. musim panas yang panjang dan juga panas sempurna bagi pertumbuhan bunga matahari.

3.Periksalah pH tanah. Bunga ini lebih memilih tanah yang memiliki sedikit asam hingga sedikit basa dengan pH diantara 6,0 dan 7,5. tetapi bunga matahari relatif elastis dan juga dapat tumbuh di kebanyakan jenis tanah.

4.Pastikanlah tanah bisa mengalirkan air dengan baik. Pastikan lahan Anda mempunyai pembuangan air yang benar, atau  Anda bisa membangun kotak tanam yang sederhana.

Jika diperlukan, buatlah kotak taman mengunakan triplek yang tersedia dalam ukuran panjang 2,5 meter. Kayu cemara ialah pilihan bagus untuk membuat kotak ini sebab tak akan rusak kalau terkena air.

5.Biarkanlah tanah menghangat sepenuhnya sebelum ditanami benih bunga matahari. Tanam benih bunga matahari di awal musim panas sesudah tanah benar–benar hangat. Ini umunya terjadi di antara pertengahan April dan juga akhir Mei.

Demikianlah artikel dari ayoksinau.com mengenai Bunga Matahari : ciri, gambar, habitat, manfaat, dan cara membudidayakan, semoga artikil ini bermanfaat bagi anda semuanya.