Pemrograman Berorientasi Objek – pengertian Umum Menurut Para Pakar Ahli Terpercaya

Posted on

Pengertian Pemrograman Berorientasi Objek – Pengenalan Pemrograman Berorientasi Objek Kata pemograman berorientasi objek atau disingkat PBO tidak asing dalam perkuliahan mahasiswa teknik informasi dan sejenisnya PBO sekarang menjadi matakuliah setiap jurusan seperti teknik komputer atau sejenisnya.

gambar Pemrograman Berorientasi Objek

Pemrograman berbasis objek merupakan dari sebuah konsep dari objek elemen dasar program,pengenalan tentang object oriented programming atau OOP dalam dunia nyata kita dapat menemukan objek disekitar kita seperti mobil,manusia,motor dan lain-lain yang ada disekitar kita.Secara umum ada beberapa kerangka dalam object oriented programming yaitu.

  1. Komentar
  2. Paket Atau Package Dan Import
  3. Method
  4. Data
  5. Main Method
  6. Badan Kelas Atau Class Body
  7. Deklarasi Dan Implementation Method

1. Class Dan Object

Class ialah sebuah struktur dari object oriented programming class ada dua tipe dari anggota dimana itu merupakan field dan method,field merupakan tipe data didefinisikan oleh class sedangkan method merupakan operasinya.

Objek ialah instance atau keturunan dari class,objek dibangun sekumpulan data merupakan variabel untuk menggambarkan karakteristik objek dari sekumpulan method menggambarkan tingkah laku objek. setiap objek memiliki atribut sebagai status kemudian sebagai state dan memiliki tingkah laku kemudian akan memjadi sebagai behaviour.

class dan objek berbeda class prototipe mendefinisikan variabel dan method secara umum sedangkan sebuah objek sisi lain pada instansiasi dari suatu kelas.

Latihan 1. Class Java

Class Mobil{

String Merek;

String Harga;

Void Isi (String Isi I, String Isi II){

Merek = Isi I;

Harga = Isi II;

}

20

Void Cetak(){

If(Merek= =Null && Harga= =Null) Return;

System.Out.PrintIn(“Merek : “ + Merek +“ Harga : “ + Harga);

}

}

Variabel Private

Variabel yang hanya dikenal dalam kelas itu sendiri mendapatkan data variabel private suatu kelas harus dengan fungsi property procedure bentuk penulisan dari variabel private (private namavariable as tipevarible).

2. Konsep Dasar OOP

OOP paradigma tentang pemrograman berorientasi objek semua data dalam paradigma dalam kelas dan objek bahasa pemograman dalam PBO adalah C++ landasan utamanya untuk pengembangan maka bisa dipakai dalam bahasa PBO seperti java.

Alasan menggunakan pemograman berorientasi objek diciptakannya sebuah PBO adanya keterbatasan dalam bahasa pemrograman tradisional dikenal istilah procedural language yakni C pascal yang sejenisnya. konsep dari procedural language bahwa semua masalah dalam fungsi dan prosedur selain itu juga procedural programming fungsi dan data terpisah tidak menjadi satu kesatuan.

contoh dari kelemahan procedural programming bila sebuah perusahaan membuat program general ledger atau buku kas besar variabel bisa diakses oleh fungsi lainnya,harus dideklarasikan variabel tersebut variabel global diletakkan diluar semua sehingga fungsinya dapat diakses oleh semua fungsi.

suatu saat perusahaan tadi membuat programmer baru belum mengetahui tentang program general ledger tadi sangat dimungkinkan terjadinya kesalahan atau kerusakan, data akan kesulitan menemukan jika kita ingin membuat tipe data baru bahasa pemrograman tradisional.

konsep pemograman berorientasi objek adalah bahwa semua pemecahan masalah dibagi kedalam kelas-kelas atau class data dan fungsi yang akan dioperasikan akan digabungkan menjadi satu kesatuan bisa dibuat sebagai kelas.

fungsi kelas pada anggota dalam java jika kita ingin membaca data dalam objek,anda harus memanggil fungsi anggota dalam sebuah objek dengan cara ini kita bisa mengakses data jika tidak bisa mengakses data langsung dalam sebuah pemrograman berorientasi objek konsep pemograman tradisional.

jika ingin mengubah data dalam objek kita harus tahu fungsi apa saja berinteraksi dalam objek tersebut jadi tidak ada fungsi lain yang bisa mengakses data supaya penulisan dan penelusuran kesalahan program akan kita dapat lakukan dengan mudah.

Secara Umum Ada Beberapa Keuntungan Tampak Pada OOP Antara Lain

  • Objek Dapat Digunakan Ulang Untuk Program Lain
  • Programnya Lebih Terstruktur Dan Mudah Untuk Dikembangkan
  • Bersifat Alami
  • Reusabilitas
  • Pembangunan Program Lebih Cepat
  • Fleksibelitas Lebih Tinggi
  • Ekstensibilitas
  • Les Maintennance

3. Interface

adalah suatu jenis khusus yang berisi method signature atau constant interface kumpulan method tanpa tubuh interface dalam menetapkan sifat dari class mereka menyediakan class tanpa memperhatikan tempat dalam hirarki untuk mengimplementasikan sifat yang umum.

ciri-ciri dari interface

  • method interface hanya dapat mengartikan konstanta pada sebuah interface tidak langsung mewariskan hubungan antara suatu class-class lainnya didefinisikan secara independent.
  • tidak bisa membuat objek baru dari interface.
  • interface atau class dapat diartikan sebagai method dan tidak memiliki kode implementasi sedangkan sebuah class memiliki salah satunya.

abstract class merupakan yang mempunyai class sedikitnya satu abstract method dan hanya digunakan sebagai class diturunkan oleh class abstract lainnya tanpa diimplementasikan abstract class disebut dengan method abstract.

4. Class Built-In

Didalam class built-in ada beberapa class

-class math yang dapat diisi oleh method untuk menunjukkan perbedaan operasi matematika seperti fungsi trigonometri dan fungsi logaritma.

-class string yang dapat digunakan array dari karakter menggunakan class string.

-class string buffer yang berupa objek string bahwa dalam objek string buffer dapat berubah sedangkan objek string bersifat konstan.

-class wrapper merupakan suatu representasi objek sederhana dari variabel non objek yang sedehana.

-class proccess metode untuk melakukan input ke proses output ke proses untuk menunggu proses menyelesaikan memeriksa status keluar dari proses menghancurkan proses.

Baca juga :

5. Class Exception

adalah peristiwa menjalankan alur proses normal dalam program.peristiwa kesalahan atau error disebabkan program berakhir tidak normal untuk mengatasinya menggunakan blok try-catch finnaly,ada beberapa keywords diantaranya try-catch-finally-throw-throws.manfaat exception ialah pemisahan antara pendeteksian error dengan penanganan error.

6. Class String

adalah class yang merupakan salah satu kelas dasar dalam java untuk memanipulasi karakter string bersifat immutable sehingga perubahan isi string akan dibuat string baru untuk menampung perubahan tersebut, string buffer urutan karakter yang dikembangkan ditulis ulang string buffer bersifat mutable yang dapat dimanipulasi sehingga resource dan performance lebih baik dalam operasi memanipulasi isi string. konstruktor merupakan method untuk membuat sebuah objek dalam kelas yang boleh memiliki lebih dari satu kontruktor.

7. Array

adalah objek digunakan untuk menyimpan sejumlah data ditampung array berupa tipe data ataupun kelas simbol array [] ada dua tipe array yaitu array satu dimention dan array dua dimention Collection adalah istilah yang dipakai setiap objek untuk mengelompokkan objek tertentu dengan cara teknik tertentu.

List adalah pengelompokan berdasarkan urutan array untuk menyimpan objek pada awal dan akhir list sebuah list juga menyisipkan mengakses dan menghapus isi list dimana proses selalu berdasarkan urutannya.

Queue adalah pengelompokkan berdasarkan metode antrian prioritas tertentu seperti FIFO atau first input first output terdapat fungsi enqueue untuk mengatur inputan fungsi dequeue mengatur output dari queue menjadi tertib.

8. File Sistem

adalah class dasar I/O reader,writer,inputstream,outputstream menyediakan operasi I/O untukmembaca dan menulis sebuah data karakter yang dimengerti oleh manusia seperti reader dan writer dimana karakter kelas turunan salah satu dari kelas abstrak dalam aliran writer komputer harus mengartikannya dalam rangkaian karakter yang bisa dimengerti oleh manusia.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian pemrograman berorientasi objek. kunjungi terus ayoksinau.com untuk media pembelajaran online.

Baca juga artikel di bawah :