Karakteristik Pemrograman Web (Java) beserta Kelebihannya

Diposting pada

pemrograman-web-java

Sejarah Pemrograman Web (Java)

Diawali pada tahun 1991 sebuah tim bernama Green yang dipimpin oleh Patrick Naughton Dan James Gosling tim ingin membuat sebuah bahasa komputer diimplementasikan untuk tv kabel mereka mengerjakan proyek ini menggunakan bahasa sudah dicoba yaitu bahasa pascal.

sebelumnya niclaus wirth membuat bahasa portable disebut sebagai virtual mesin saat itu belum diumumkan pada akhirnya tim Green membuat java virtual mesin virtual inilah membuat java dapat dijalankan diberbagai platform, dua kali java berganti nama yang pertama yaitu “star seven” namun gagal dipasarkan dan kedua “oak” nama oak sudah pernah digunakan sehingga menggunakan nama “java”.


Karakteristik Pemrograman  Java

Beberapa macam karakteristik pada java

  • Sederhana karena sintak java mirip bahasa c++ pada sebuah java sintak telah diperbaharui
  • Objeck Oriented Java dapat dikreasikan sesuai dengan programer dapat disebut modular dapat digunakan kembali.
  • Robust pada compilernya lebih teliti mendeteksi kesalahan pengetikan sintak dilakukan oleh programer dibandingkan dengan bahasa pemograman lainnya java memiliki runtime exception handling untuk membantu mengatasi masalah pemrograman.
  • Aman java memiliki mekanisme keamanan agar tidak merusak sistem komputer menjalankan aplikasi tersebut.
  • Architecture Neutral suatu platform independent cukup satu versi yang dapat dijalankan pada platform.
  • Portabel tidak hanya bisa dikompulasi ulang tetapi dapat digunakan pada platform yang lain.
  • Dinamis perubahan yang terjadi dalam suatu class menambahkan properties dan method dilakukan tanpa mengganggu pada program class tersebut

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian dan Sejarah Internet Beserta Manfaatnya


Bahasa Pemrograman Web (Java)

Bahasa pemrograman bisa diterapkan dalam web programming. Namun dengan satu syarat yaitu bahasa pemrograman yang dimaksud dapat diakses di web server dan bisa dibuat HTML, CSS, XHTML, XML. Nah beberapa bahasa pemrograman yang cukup populer antara lain yaitu Java, PHP, Ruby on Rails, ASP.NET, ASP Classic, Perl, JSP, dan Python.

Mari kita bahas satu per satu, yang pertama adalah bahasa pemrograman Java. Bahasa pemrograman satu ini biasanya digunakan untuk membuat aplikasi mobile maupun aplikasi dekstop. Bahasa pemrograman Java termasuk salah satu bahasa pemrograman yang populer yang biasa dimanfaatkan untuk membuat aplikasi.

Selanjutnya adalah python. Python merupakan kelanjutan dari bahasa pemrograman ABC. Bahasa pemrograman python sering digunakan oleh perusahaan besar seperti instagram, Yahoo, Google, reddit, Nasa, dan juga Youtube. Bahasa pemrograman python termasuk bahasa pemrograman tingkat tinggi.

Lanjut ke bahasa pemrograman Javascript. Javascript itu mampu membuat tampilan website menjadi lebih interaktif dan menarik sehingga kini banyak website yang menggunakannya. Penggunaan javascript bahkan kini mengarah ke pengembangan game, aplikasi mobil, dan aplikasi dekstop. Jadi fungsinya sangatlah banyak dan didukung dengan resource memory yang kecil dan ringan.

Untuk PHP, tadi di atas sudah sedikit dibahas. Bahasa pemrograman satu ini merupakan bahasa script yang tidak melakukan kompilasi saat digunakan. Kelebihan PHP yaitu mudah pengembangannya dan banyak web server yang mendukung penggunaannya. Namun kekurangannya yaitu PHP kurang ideal untuk pengembangan website dalam skala besar. Bahasa pemrograman PHP juga tidak memiliki sistem pemrograman yang berorientasi pada objek seperti Java.

Sebenarnya masih banyak lagi bahasa pemrograman yang biasa digunakan seperti C#, C, R, Objective-C, Swift, Matlab, Ruby, Typescript, VBA, Scala, dan masih banyak lainnya. Dengan mempelajari salah satunya saja, anda akan mudah mempelajari yang lainnya. Jadi pilih salah satu untuk dipelajari lebih dalam. Setelah paham dan ahli, Anda bisa mempelajari yang lainnya. Dengan begitu ilmu Anda tidak mudah hilang dan Anda pun bisa mempelajari bahasa pemrograman yang lain dengan mudah


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian URL, Fungsi URL Dan Contoh URL Lengkap | ayoksinau.com


Langkah Pembuatan Program Java

  • Membuat Project :
    Menentukan Kategori Project
    Menentukan Jenis Project
    Memberi Nama Project
    Menentukan Lokasi dan Folder Project
  • Membuat Class
    Memberi Nama Class
  • Mengetikkan Program
    Setiap pernyataan diakhir tanda “titik koma”
    Program Java mengenal “Case Sensitive”
    Error/Kesalahan dalam bentuk Syntax Error atau Run Time Error saat kompilasi akan diinformasikan
  • Mengkompilasi dan Menjalankan Program

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : NEX Data Center Pusat data di Ibukota Indonesia


Platform Pemrograman Java

Platform yang ada pada java

  • J2SE atau standart edition merupakan bahasa java untuk aplikasi desktop merupakan sebuah object oriented programming atau OOP
  • J2EE atau java dua enterprise edition merupakan standar untuk pengembangan pada aplikasi skala besar atau enterprise digunakan sebagai platform untuk pemograman dari sisi server.
  • J2ME atau java dua micro edition merupakan salah satu platform java dirancang untuk aplikasi mobile dan sistem tertanam.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian dan Macam Akuntabilitas Beserta Menurut Para Ahli


Teknologi Pemrograman Web Java

Memiliki teknologi yang membuat java banyak digunakan para programer

  1. development tool merupakan salah satu tipe proyek bidang IT mengembangkan sebuah software untuk kebutuhan manusia mendesain software aplikasi pada perusahaan mengembangkan platfrom, tingkat kesulitan yang tinggi karena dituntut untuk dikembangkan oleh software developer maka tingkat kegagalan pekerjaan sangat tinggi bila tidak sesuai dengan rencana yang matang.
  2. database merupakan sekumpulan data disusun dengan ketentuan yang saling berelasi memudahkan dalam mengelola untuk memperoleh informasi java ini menghubungkan program kedalam database.
  3. java programing tingkat tinggi berorientasi objek dan program java disebut kelas, metode yang dilakukan pekerjaan dan mengembalikan informasi setelah melakukan tugasnya.
  4. web application frameworks merupakan struktur konseptual digunakan untuk memecahkan masalah kompleks, framework merupakan kumpulan fungsi atau dapat sebagai koleksi atau kumpulan potongan program disusun sedemikian rupa untuk membuat aplikasi yang utuh tanpa harus membuat semua kodenya dari awal.

Pemrograman Java

Dalam bahasa java pemrograman seperti algoritma, flowchart dan oo

  • Algoritma ialah susunan yang logis untuk memecahkan suatu masalah yang akan diimplementasikan ke sebuah koding.
  • Flowchart ialah yang menggambarkan suatu proses kedalam simbol dapat dimengerti oleh programer.
  • Objeck Oriented ialah sebuah program berorientasi pada objeck memudahkan suatu programer untuk mengembangkan program. dalam objeck oriented bagiannya seperti kelas dan objeck, variabel, method, diagram kelas, perulangan, kondisi.

IDE pada Web Java

IDE merupakan singkatan dari integrated development environment yang merupakan perangkat lunak untuk membangun suatu program dan membuat suatu aplikasi berbasis java contoh IDE ialah netbeans dan eclipse.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Bagi Pengguna Linux, Yuk Simak Sejarah Linux Agar Lebih Tahu


Pemrograman Web dan Arsitektur

Pemrograman Web

pengertian pemrograman web diambil dari dua kata yaitu pemrograman dan web,pemrograman ialah proses dalam pembuatan program sedangkan web ialah kumpulan situs internet terdapat teks, grafik, audio atau lebih dikenal istilah www (world, wide, web).

Client-Server ialah bentuk arsitektur dimana clientnya perangkat yang menerima fasilitas dari server, server perangkat yang menyediakan atau bertindak sebagai pengelola aplikasi data dan keamanannya. prinsip kerja web server ada 2 diantaranya menerima permintaan dari client dan mengirim yang diminta oleh client.

Web Arsitektur

Pengertian web arsitektur merupakan teknik untuk merancang dan merencanakan sebuah web menekankan pada sisi estetis serta fungsionalitasnya. -MVC pola untuk membangun proyek agar efektif dengan komponennya model, view, controller dan aliran proses kontrol.

Komponen Arsitektur web dasar

  • client : melakukan permintaan halaman web.
  • firewall : mengatur software lalu lintas data dan jaringan internet.
  • proxy : menyimpan pada halaman web cache.
  • web server : pemrosesan permintaan client.
  • database server : menyiapkan data yang dibutuhkan dalam bentuk terstruktur.
  • media server : komponen akses streaming data yang tidak terstruktur.
  • content management server : diakses dari aplikasi.
  • aplikasi server : semua permintaan akses oleh client.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : 6 Cara Cepat dan Mudah Menjadi Programmer Android Secara Otodidak


Pemrograman HTML Java

pengertian HTML ialah singkatan dari hyper text markup language bahasa pemrograman yang sederhana digunakan untuk meminta membuat halaman web dan menyediakan sebuah link untuk menyediakan suatu informasi dalam web browser.

Form untuk menerima inputan dari sebuah user sehingga menjadi interaksi antara pengunjung dan web tempat memasukkan data atau lainnya.


Pemrograman Atribut Form Java

  • method mengirim sebuah data pada server.
  • action memanggil program untuk memproses data pada form.
  • Text Control ialah suatu jenis inputan seperti text field, password fields, text areas.
  • Push Button ialah sebuah fungsi html untuk menjalankan tindakan tertentu,jenis push button seperti submit, button, reset.
  • Check Box ialah kotak isian pilihan cara di centang dan ceklis.
  • Radio Button ialah kotak isian mengklik tombol tampilan radio button.
  • Combo Boxes ialah mengklik drop down dan bisa mengetik yang diinginkan jika tidak ada combo box.
  • List Boxes ialah memilih data dikelompokkan maka ditinggal klik data dipilih.
  • File Upload ialah mengupload sebuah file.
  • Server Side Image Maps ialah memasukkan link sebuah gambar dokumen HTML.
  • Hidden Fields ialah menampilkan sebuah informasi yang tidak diketahui oleh user.
  • Grouping Control ialah membuat form berisi inputan data.

Mengirim Data ada dua mengirim data yaitu get atau post, get merupakan value inputan user pada url sedangkan post tidak menampilkan value secara keseluruhan melainkan terpisah.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian dan Tujuan Komunikasi Berserta Menurut Para Ahli


Pemrograman JAVA

pengertian java ialah bahasa pemrograman berorientasi objek atau PBO digunakan untuk membuat web dan aplikasi dan juga merupakan bahasa pemrograman open source yang dapat dijalankan berbagai platform. pelopor pembuatan java James Gosling, patrick naughton, chris warth, ed frank dan mike sheridan, dan perusahaan yang merancang java bernama sun microsystem.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Website, Manfaat dan Jenis-Jenisnya | Ayoksinau.com


Kelebihan dan Kekurangan Pemrograman  Java

Kelebihan Pemrograman Java

Pemrograman java memiliki kelebihan diantaranya

  • berorientasi objek java menggunakan bahasa pemrograman berorientasi pada objek menjadi objek serta memodelkan sifat atau tingkah laku masing-masing untuk menyelesaikan masalah sehingga mempermudah programer dalam pengkodingan.
  • pemrograman bersifat dinamis dikembangkan untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan yang sedang berkembang, dalam tahap linking apabila diperlukan modul kode baru di link beberapa sumber seperti sumber dalam jaringan internet.
  • distribusikan mudah karena memiliki library lengkap dengan rangkaian protocol TCP/IP seperti HTTP atau FTP dengan kemampuan jaringan java lebih kuat memudahkan pemrograman jaringan yang sulit seperti membuka mengakses sebuah koneksi, java memudahkan pembuatan CGI atau Common Gateway Interface.
  • Mudah Untuk Dikembangkan
    Kelebihan dari bahasa pemrograman Java ini yaitu kemudahan dalam hal pengembangan aplikasi. Setiap aplikasi maupun program yang dibuat dengan menggunakan dasar bahasa pemrograman Java mempunyai kemampuan yang sangat baik untuk dilakukan pengembangan lebih lanjut.
    Hal ini akan sangat membantu para programmer-progammer dan developer untuk lebih baik lagi dalam mengembangkan satu aplikasi yang berbasis Java.
  • Sifatnya multiplatform
    Bahasa pemrograman java yang pada saat ini banyak diminati oleh para developer dan programmer adalah Java karena Java menjadi salah satu bahasa pemrograman yang sifatnya multi platform, alias universal dan dapat digunakan dalam platform apapun. Hal ini membuat banyak sekali para pengembang aplikasi yang menggunakan basis bahasa pemrograman Java ini untuk membuat aplikasi yang diinginkan oleh progammer tersebut.
  • Java sangat mendukung programmer dalam beorientasi pada usability.
    Keunggulan bahasa pemrograman java yang satu ini sangat berhubungan dengan kemampuan aplikasi – aplikasi yang dibuat dengan menggunakan atau berbasis Java yang mampu bekerja di platform manapun. Hal ini berhubungan dengan usability, atau kegunaan dari suatu aplikasi.
  • Bahasa pemrograman yang berorientasi terhadap objek
    Selain itu, bahasa pemrograman Java yang satu ini lebih bersifat teknis. Bahasa pemrograman Java adalah salah satu bentuk atau jenis bahasa pemrograman yang berorientasi terhadap objek. Itu artinya setiap aplikasi yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman java akan disesuaikan dengan objek atau dapat juga dengan tampilan dan interface dari aplikasi tersebut.
  • Dinamis
    Kelebihan dari bahasa pemrograman Java yang yang lainnya yaitu sifatnya yang dinamis. Sifat dinamis dari bahasa pemrograman Java ini sangat berkaitan dengan kemampuan dari bahasa pemrograman Java yang sangat mudah untuk dikembangkan. Struktur kodenya dapat dengan mudah dimodifikasi dan dikembangkan, sesuai dengan kebutuhan dari user.

Kekurangan Pemrograman Java

Pemrograman java memiliki kekurangan diantaranya

  • memori yang cukup tinggi merupakan bahasa java memiliki library dan fitur namun dalam kemudahan java memudahkan resourse memori yang besar agar dapat berjalan dengan baik.
  • mudah didekompilasi merupakan source code java mudah didekompilasi dibuat dengan bahasa pemrograman java mudah diambil juga dibajak orang lain sehingga memunculkan banyak hack dari aplikasi menggunakan bahasa pemrograman java tersebut.
  • Penggunaan memory yang cukup tinggi
    Bahasa pemrograman Java memang banyak sekali menawarka fitur-fitur yang luar baisa, baik itu kemudahan dalam menyusun script, hingga fitur object oriented, yang menjadi salah satu ciri khas dari bahasa pemrograman Java. Namun sayangnya, kelebihan tersebut harus dikompensasi dengan kebutuhan memory yang besar.
  • Mudah didekompilasi
    Istilah dekompilasi ini adalah pengambilan source code. Jadi, Java menjadi salah satu bahasa pemrograman yang mudah mengalami dekompilasi.Source code dan juga script yang dibuat dengan bahasa pemrograman Java bisa dengan mudah diambil dan juga dibajak oleh orang lain, sehingga menimbulkan banyak hack dan juga pengcopyan dari aplikasi yang menggunakan bahasa pemrograman Java tersebut.