Pengertian Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi & Faktornya | Ayoksinau.com

Diposting pada
Pengertian Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi & Faktornya | Ayoksinau.com
Rate this post

Manusia Makhluk Ekonomi – Ketika kita perhatikan bahwa kegiatan yang kita lakukan/yang manusia lakukan dari pagi sampai sore hari selalu menyibukkan diri dengan bekerja, kesekolah, berdagang, bertani dan melaut. Kesibukan-kesibukan tersebutlah yang tentunya punya suatu tujuan yang ingin dicapai. Yang pada intinya mereka semua ingin memenuhi kebutuhan hidup mereka.

gambar manusia makhluk ekonomi

Dalam kehidupan sehari-hari manusia selalu mempunyai banyak kebutuhan, bai itu dilihat dari ragam ataupun jumlah kebutuhannya. Karena kebutuhan tersebut selalu dibutuhkan setiap hari, misalnya seperti menggunakan/memakai baju, makan dan rumah, walaupun sebenarnya beberapa dari mereka sudah ada yang mendapatkannya. Akan tetapi mereka tetap saja melakukan kesibukan-kesibukan tersebut.

Kenapa hal tersebut dilakukan?

Dikarenakan kebutuhan manusia tidak ada habisnya. Hari ini mungkin kebutuhan sudah terpenuhi tetapi apakah sudah menjadi jaminan bahwa besok akan terpenuhi, dari hal tersebut lah makannya membuat manusia selalu melakukan kesibukan-kesibukan demi memenuhi kebutuhan hidupnya.

Setiap manusia selalu mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda, beragam dari segi jumlahnya.

Faktor-faktor Penyebabnya

Karena setiap manusia membunyai kebutuhannya masing-masing dan berbeda-beda baik ragam maupun jumlahnya. Perbedaan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor-faktor diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Jenis Kelamin dan Usia Manusia

Perbedaan jenis kelamin dan usia pada manusia tentunya mempengaruhi kebutuhan hidup seseorang baik ragam ataupun jumlah. Perbedaan tersebut sangatlah dominan. Contohnya anak berusia 2 tahun, tentunya kebutuhannya akan berbeda dengan yang sudah berumur 15 tahun. Selain itu jenis kelamin juga dapat mempengaruhi variasi kebutuhan hidup seseorang tersebut.

2. Status Sosial

Selain dari jenis kelamin dan usia manusia. Ada faktor juga yang sangat mencolok yang terlihat dikehidupan kita saat ini, yaitu status sosial. Karena semakin tinggi status sosial seseorang, maka akan menyebabkan bertambahnya berbagai macam kebutuhan. Bertambahnya kebutuhan tersebut sangatlah dipengaruhi untuk menjada harga diri seseorang dan kehormatannya.

READ  Pengertian Pengangguran, Jenis-Jenis, Serta Penyebab Terjadinya | Ayoksinau.com

3. Tingkat Pendidikan Seseorang

Bagi seseorang yang mengutamakan penambahan pengetahuan ataupun wawasan yang berkaitan dengan latar belakang pendidikan, maka akan berpengaruh pada kebutuhannya.

Contohnya : kebutuhan siswa SD akan sangat jauh berbeda dengan kebutuhan mahasiswa perkuliahan, anak perkuliahan akan sangat membutuhkan internet, seminar, literatur buku-buku. Hal tersebutlah yang membuat perbedaan kebutuhan. Maka dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi pendidikan maka akan semakin besar pula kebutuhannya.

Baca juga :

4. Tingkat Pendapatan

Ketika seseorang tingkat pendapatannya tinggi, maka tentunya kebutuhan akan semakin besar pula, dikarenakan mereka merasa mampu untuk memiliki sarana-sarana untuk memenuhi kebutuhan kehidupannya. Dengan demikian, semakin kecil pendapatan, maka akan semakin menekan untuk memenuhi kebutuhan hidup seseorang.

5. Lingkungan

Lingkungan tempat tinggal dari seseorang juga sangatlah berpengaruh pada kebutuhan kehidupan. Sebagai contoh, orang yang hidup di pedesaan kebutuhannya akan sangat berbeda jauh dengan orang yang tinggal di daerah perkotaan. Pola kehidupan seseorang akan sangat di pengaruhi oleh lingkungan sekitar.

6. Kemajuan ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Dengan makin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini, maka semakin besar juga produk-produk dan kebutuhan baru yang akan di ciptakan. Dan dengan adanya produk-produk baru tersebut yang akan mempengaruhi kehidupan manusia pada suatu wilayah, mereka akan berusaha memiliki teknologi-teknologi baru. Maka kebutuhan akan produk-produk baru sudah mulai bermunculan.

7. Perbedaan Selerea

Ketika seseorang mempunyai selera yang tinggi, untuk memiliki kebutuhan apresiasi seni yang tinggi, maka orang tersebut akan memenuhi kebutuhan seni mereka.

Manusia kemudian sering dikenal dengan sebutan makhluk ekonomi dikarenakan manusia selalu ingin  memenuhi kebutuhan dan tentunya dengan cara-cara rasional sehingga nantinya dapat mencapai kesejahteraan.

READ  Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli dan Macam Macam Bisnis

Baca juga artikel menarik di bawah ini :

Demikianlah ulasan dari ayoksinau.com yang mengenai pengertian manusia sebagai makhluk ekonomi, semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.