Pengertian dan Macam Bahasa Pemrograman

bahasa-pemrograman

Bahasa Pemrograman

Bahasa adalah suatu sistem untuk berkomunikasi. Bahasa tertulis menggunakan simbol (yaitu huruf) untuk membentuk kata. Dalam ilmu komputer, bahasa manusia disebut bahasa alamiah, dimna komputer tidak bisa memahaminya, sehingga diperlukan suatu bahasa komputer.

Program merupakan sekumpulan instruksi yang merupakan penyelesaian masalah. Program ‘dmasukkan’ ke dalam komputer, komputer mengerjakan instruksi-instruksi di dalam program tersebut, lalu memberikan hasil atau keluaran yang diinginkan. Agar program dapat dilaksanakan oleh komputer, programtersebut harus ditulis dalam suatu bahasa yang dapat dimengerti komputer. Karena komputer adalah mesin, maka program harus ditulis dalam bahasa yang khusus dibuat untuk berkomunikasi dengan komputer. Bahasa komputer yang digunakan dalam menulis program dinamakan bahasa pemrograman.

Bahasa pemrograman (bahasa pemrograman) adalah instruksi standar untuk memerintah komputer yang memiliki fungsi tertentu. Bahasa pemrograman ini adalah satu set aturan sintaks dan semantik yang digunakan untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan mana yang data yang akan diproses oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan / diteruskan, dan langkah-langkah apa yang persis jenis yang akan diambil dalam berbagai situasi.

Jadi Bahasa Pemrograman  yaitu kumpulan perintah-perintah bermakna, berstruktur tertentu (syntax dan semantik) yang dapat dimengerti komputer yang berguna dalam penyelesaian masalah.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian dan Jenis Program Beserta Menurut Para Ahli


Sejarah Bahasa Pemrograman

Penemuan bahasa pemrograman di mulai bersamaan dengan kemunculan komputer itu sendiri.Bahasa pemrograman dan komputer merupakan dwitunggal yang tidak terpisahkan karena sebuah komputer hanya bisa berfungsi jika ada program. Sementara itu, sebuah program yang dibuat dengan bahasa pemrograman hanya  bisa hidup dengan menggunakan komputer sebagai media.

Bahasa pemrograman telah mengalami berbagai proses perkembangan. Kondisi bahasa pemrograman saat ini telah berbeda jauh dengan bahasa pemrograman di tahun 40-an. Dahulu progammer memrintah komputer secara fisik menggunakan metode pengkabelan / wiring secara manual. Metode wiring kemudian berkembang hingga menjadi bahan pemrograman sederhana.Kualitas dan fitur berkembang dan bertambah dengan pesat. Bahasa pemrograman di awal kemunculannya hanya dapat digunakan untuk satu keperluan saja/ one purpose only, tetapi kini dapat digunakan untuk bermacam-macam keperluaan.

Tokoh pertama yang di anggap memperkenalkan bahasa pemrograman pada komputer adalah Charles Babbage.Charles Babbage adalah seorang ilmuwan yang hidup di Inggris pada abad pertengahan.Beliau adalah orang yang pertama kali mendesain mesin menyerupai komputer. Mesin tersebut diisi beberapa program yang dapat berjalan di dalamnya  (identik seperi bahasa assembly sekarang ini). Pembuat program tersebut adalah Byron Countess of Lovelace, putri dari Lord Byron. Komputer modern yang menggunakan tenaga listrik pertama kali diciptakan pada tahun 1940-an. Ketika itu, komputer masih menjadi barang mewah dan hanya dimiliki oleh pihak-pihak yang memerlukan perhitungan data yang sangat banyak, seperti pihak militer dan universitas.Komputer pada waktu itu berukuran sangat besar sehingga memakan banyak tempat. Meskipun besar, komputer dianggap lambat menjalankan proses komputasi. Di awal penciptaannya hanya sedikit tokoh yang menyarankan untuk membuat program pada komputer.

Dunia pemrograman kemudian mengalami perkembangan yang sangat pesat setelah ditemukan komponen-komponen elektronika.Penggunaan komponen elektromika menyebabkan komputer menjadi komputer berukuran kecil karena ditemukannya teknologi Integrated Circuit (IC) dan teknologi pembuatan chip lainnya.Selain ukuran yang mengecil, kelebihan komputer setelah revolusi elektronika terdapat pada kemampuan komputasinya yang meningkat tajam.Oleh karena itu kemampuannya meningkat, secara otomatis komputer mampu menangani pemrosesan algoritma dangan lebih cepat.Hal tersebut mendorong di buatnya berbagai macam bahasa pemrograman tingkat tinggi.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Televisi, Karakteristik , Kelebihan dan Kekurangan , Program Acara, dan Jenis Program Televisi Menurut Para Ahli | Ayoksinau.com


Generasi Bahasa Pemrograman

  • Generasi Pertama : Bahasa Mesin

Bahasa Mesin adalah bahasa internal komputer yang mengeksekusi  secara langsung tanpa terjemahan (translation) Disebut generasi pertama karena merupakan jenis yang paling awal dikembangkan, tahun 1940-an dan awal 1950-an semua program harus dikodekan dalam bahasa mesin,

Pemrograman dalam bahasa mesin :

  • Akan menyita waktu dan kondusif untuk membuat kesalahan
  • Berbeda untuk setiap jenis komputer, sehingga bergantung pada komputer dan tidak standar

Generasi Kedua : Bahasa Assembly

Penggunaan komputer secara komersial tahun 1950-an mengakibatkan dikembangkannya bahasa assembly.

Ciri-ciri bahasa assembly :

  • Kode ditandai dengan nama yang mudah diingat sepert ADD, SUB, dan MULT.
  • Alamat penyimpanan (storage addresses) nyata di mana data ditempatkan dapat didefinisikan dengan nama-nama seperti AMT1 dan AMT2 untuk memudahkan rujukan.

Generasi Ketiga : Bahasa Tingkat Tinggi

Penggunaan komputer dalam bisnis berkembang sangat dramatis pada tahun 1950-an. Bahasa mesin dan assembly terlalu sulit, sehingga muncul third-generation languages (3GLs) yang lebih mudah untuk program dan portable.

Disebut tingkat tinggi karena mudah dipelajari dan program tingkat tinggi memerlukan proses penerjemahan oleh komputer yang sangat rumit yang disebut compiler dan interpreter.

Contoh bahasa tingkat tinggi, diantaranya FORTRAN (FORmula TRANslator), Cobol, Pascal, Basic, Modula-2, ADA, Object-oriented programming laguage. Bahasa C disebut bahasa “tingkat menengah” karena format instruksinya dengan bahasa tingkat tinggi sekaligus bisa berinteraksi sekaligus bisa berinteraksi langsung dengan hardware.


Generasi Keempat

Ciri-ciri Generasi Keempat:

  1. Mudah untuk dipelajari dan dipahami
  2. Tepat untuk pengaksesan database
  3. Memfokuskan pada memaksimalkan produktivitas manusia dari pada minimasasi waktu computer
  4. Nonprosedural
  5. Tersedia dalam software paket yang dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi yang diinginkan

Contoh generasi keempat, diantaranya Query language seperti SQL (structured query language), QBE (query-by-example), dan INTELLECT, Report generator.


Generasi Kelima

Sering digunakan untuk akses database atau membuat sistem pakar (expert system) atau knowledge-based system. Dalam konsep ditunjukkan untuk bahasa alami (natural language) yang semirip mungkin denganhubungan kemanusiaan.

 Contoh generasi keempat, diantaranya LISP dan Prolog

Sekarang ini banyak sistem pakar dikodekan baik dalam LISP maupum Prolog, meski untuk hal yang sama bisa ditulis dalam C atau C++. Usaha yang sekarang dilakukan adalah memperbaiki bahasa AI (Artificial Intellegence) dengan mengkombinasikan kemampuan terbaik dari LISP dan Prolog.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : 6 Cara Cepat dan Mudah Menjadi Programmer Android Secara Otodidak


Macam Bahasa Pemrograman

  • Bahasa Pemrograman HTML

HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet.

HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).
HTML berupa kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan.

Sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka dengan menggunakan browser web seperti Mozilla Firefox atau Microsoft Internet Explorer.

  • Bahasa Pemrograman PHP

PHP adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini.PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama FI (Form Interpreted), yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web.

PHP banyak dipakai untuk membuat situs web yang dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain. PHP biasanya berjalan pada sistem operasi linux (PHP juga bisa dijalankan dengan hosting windows).

  • Bahasa Pemrograman ASP

ASP adalah singkatan dari Active Server Pages yang merupakan salah satu bahasa pemograman web untuk menciptakan halaman web yang dinamis.

ASP merupakan salah satu produk teknologi yang disediakan oleh Microsoft. ASP bekerja pada web server dan merupakan server side scripting.

  • Bahasa Pemrograman XML

Extensible Markup Language (XML) adalah bahasa markup serbaguna yang direkomendasikan W3C untuk mendeskripsikan berbagai macam data.

XML menggunakan markup tags seperti halnya HTML namun penggunaannya tidak terbatas pada tampilan halaman web saja. XML merupakan suatu metode dalam membuat penanda/markup pada sebuah dokumen.

  • Bahasa Pemrograman WML

WML adalah kepanjangan dari Wireless Markup Language, yaitu bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi berbasis XML (eXtensible Markup Langauge).

WML ini adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi wireless.WML merupakan analogi dari HTML yang berjalan pada protocol nirkabel.

  • Bahasa Pemrograman PERL

Perl adalah bahasa pemrograman untuk mesin dengan sistem operasi Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows, PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC.

PERL merupakan bahasa pemograman yang mirip bahasa pemograman C.

  • Bahasa Pemrograman CFM

Cfm dibuat menggunakan tag ColdFusion dengan software Adobe ColdFusion / BlueDragon / Coldfusion Studio. Syntax coldfusion berbasis html.

  • Bahasa Pemrograman Javascript

Javascript adalah bahasa scripting yang handal yang berjalan pada sisi client.JavaScript merupakan sebuah bahasa scripting yang dikembangkan oleh Netscape.

Untuk menjalankan script yang ditulis dengan JavaScript kita membutuhkan JavaScript-enabled browser yaitu browser yang mampu menjalankan JavaScript.

  • Bahasa Pemrograman CSS

Cascading Style Sheets (CSS) adalah suatu bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markup.

Penggunaan yang paling umum dari CSS adalah untuk memformat halaman web yang ditulis dengan HTML dan XHTML.Walaupun demikian, bahasanya sendiri dapat dipergunakan untuk semua jenis dokumen XML termasuk SVG dan XUL.Spesifikasi CSS diatur oleh World Wide Web Consortium (W3C).

  • Bahasa PemrogramanPascal

  • Dirancang oleh Prof. Nicklaus Wirth dari Technical University di Zurich, Switzerlandtahun 1971.
  • Nama Pascal berasal dari Blaise Pascal, nama ahli matematika dan philosopi dari Perancis (abad 17).
  • Pengembangan dari bahasa Algol 60 dan Algol W (turunan Algol 60).
  • Memiliki beberapa versi, seperti : Turbo Pascal, Ms Pascal (Microsoft), Apple Pascal,UCSD (University of California at San Diego Pascal), dll.
  • Turbo Pascal yang dibuat oleh Borland Inc. adalah versi yang paling banyak digunakan karena menggunakan Compiler untuk menterjemahkannya dan juga mengikuti standard bahasa Pascal yang dibuat oleh Nicklaus Wirth dan K. Jensen.
  • Pascal merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level language) dan terstruktur (Structured Programming language).

Bahasa Pemrograman Delphi

Borland Delphi atau biasa disebut Delphi saja, merupakan sarana pemrograman aplikasi visual.Bahaa pemrograman yang disunakan adalah bahasa pemrograman Pascal atau yang kemudian disebut bahsa pemrograman Delphi.Delphi merupakan generasi penerus dari Turbo Pascal. Turbo Pascal yang diluncurkan pada tahun 1983 dirancang untuk dijalankan pada sistem operasi DOS ( yang merupakan sistem operasi yang paling banyak disunakan pada saat itu ). Sedangkan Delphi yang diluncurkan pertama kali tahun 1995 dirancang untuk beroperasi dibawah sistem operasi Windows.

Borland Delphi merupakan salah satu bahasa pemrograman yang semenjak diluncurkan pertama kali langsung dilirik dan diminati oleh para programmer komputer.Hal ini disebabakan karena Delphi menyediakan fasilitas untuk pembuatan aplikasi dengan antarmuka visual secara mudah dan dapat memberikan hasil yang memuaskan.


  • Bahasa Pemrograman Visual Basic

Visual Basic 6 merupakan salah satu tool untuk pengembangan aplikasi yang banyak diminati oleh orang.Di sini Visual Basic 6 menawarkan kemudahan dalam pembuatan aplikasi dan dapat menggunakan komponen-komponen yang telah disediakan.Untuk memulai Visual Basic 6 anda perlu menginstall Visual Basic 6.0.Program ini biasanya dalam satu paket dengan Visual Studio 6.0.Dengan menggunakan Visual Basic 6 kita bisa menghasilkan berbagai macam jenis program.Dari aplikasi yang mengintegrasikan database, jaringan, office automation, dan web application.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian dan Fungsi HTML beserta Contohnya


Fungsi Bahasa Pemrograman

Fungsinya adalah menyuruh komputer untuk mengolah data sesuai dengan alur berpikir yang kita inginkan.Keluaran dari bahasa pemrograman adalah berupa program/aplikasi.Contohnya adalah program yang digunakan oleh kasir di mal-mal atau swalayan.

Penentuan jenis bahasa tidak ditentukan oleh trend namun lebih kepada kesesuaian antara masalah yang hendak dipecahkan dengan kelebihan dari suatu bahasa pemrograman.Misalkan, untuk membuat suatu aplikasi mengenai kecerdasan buatan, lebih tepat jika menggunakan bahasa pemrograman logik, seperti Prolog.

Fungsi bahasa pemrograman yaitu memerintah komputer untuk mengolah data sesuai dengan alur berpikir yang kita inginkan. Keluaran dari bahasa pemrograman tersebut berupa program/aplikasi. Contohnya adalah program yang digunakan oleh kasir di mal-mal atau swalayan, penggunaan lampu lalu lintas di jalan raya, dll.

Bahasa Pemrograman yang kita kenal ada banyak sekali di belahan dunia, tentang ilmu komputer dan teknologi dewasa ini. Perkembangannya mengikuti tingginya inovasi yang dilakukan dalam dunia teknologi. Contoh bahasa pemrograman yang kita kenal antara lain adalah untuk membuat aplikasi game, antivirus, web, dan teknologi lainnya. Bahasa pemrograman komputer yang kita kenal antara lain adalah Java, Visual Basic, C++, C, Cobol, PHP, .Net, dan ratusan bahasa lainnya. Namun tentu saja kebutuhan bahasa ini harus disesuaikan dengan fungsi dan perangkat yang menggunakannya.

Secara umum bahasa pemrograman terbagi menjadi 4 kelompok, yaitu:

  • Object Oriented Language (Visual dBase, Visual FoxPro, Delphi, Visual C)
  • High Level Language (seperti Pascal dan Basic)
  • Middle Level Language (seperti bahasa C), dan
  • Low Level Language (seperti bahasa Assembly)

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Karakteristik Pemrograman Web (Java) beserta Kelebihannya


Tingkat Bahasa Pemrograman

  • Bahasa Tingkat Tinggi
    Bahasa pemrograman ini masuk ke level sebagai bahasa dekat dengan bahasa manusia. Sebagai contoh, bahasa Basic, Visual Basic, Pascal, Java dan lainnya.dsb dan tidak lagi pada pemula sulit dimengerti.
  • Bahasa Tingkat Menengah
    Disebut tingkat menengah karena dapat masuk ke dalam bahasa tingkat rendah tinggi dan. Misalnya dalam bahasa program C.
  • Bahasa Tingkat Rendah
    Bahasa pemrograman masuk ke level ini karena bahasa masih jauh dari bahasa manusia. Contoh bahasa Assembly.
  • Proses Pembuatan Program
    Proses pembuatan program yang kita tulis kode sumber dalam editor teks seperti notepad dan kemudian mengubahnya menjadi bahasa mesin yang dapat dieksekusi oleh CPU. Proses konversi kode sumber (source code) ke dalam bahasa mesin (bahasa mesin) terdiri dari dua jenis kompilasi dan interpretasi.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pemrograman Berorientasi Objek – pengertian Umum Menurut Para Pakar Ahli Terpercaya


Kriteria Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman dapat diartikan sebagai alat perantara percakapan antara programmer dengan komputer (mesin) dimana bahasa pemrograman tersebut di compile sehingga menjadi binary code atau  bahasa mesin  yang kemudian dapat di execute. Programer biasanya memilih bahasa pemrograman dengan beberapa kriteria untuk menentukan bahasa pemrograman mana yang akan digunakan dalam membangun aplikasi karna bahasa pemrograman yang digunakan dapat menentukan hasil dari aplikasi.

Ada beberapa kriteria untuk penilaian suatu bahasa pemrograman, yaitu :

Clarity, Simplicy dan Unity

Bahasa pemrograman harus dapat menolong programmer untuk membuat suatu desain program jauh sebelum programmer memuai coding. Kemudahan, Kesederhanaaan dan Kesatuan merupakan suatu kombinasi yang membantu programmer menggembangkan suatu algoritma,sehingga algoritma yang dihasilkan mempunyai komplesiitas yang rendah. Syntax bahasa pemrograman mempengaruhi kemudahan ketikaprogram mulai ditulis ditest, dan dimodifikasi. Program yang mudah dibaca adalah kunci dari hal tersebut.

Artogonality

Artogonality menunjuk kepada suatu atribut yang dapat dikombinasikan dengan beragam fitur bahasa pemroframan sehingga setiap Kombinasinya mempunyai arti dan dapat digunakan. Contohnya, suatu bahasa pemrogaman mendukung suatu ekspresi yang dapat menghasilkan suatu nilai, dan bahasa pemrograman tersebut juga mendukung statement kondisi yang meng evaluasi suatu ekspresi untuk mendapatkan nilai true atau false. Dua fitur dar bahasa pemrograman tersebut, yaitu ekspresi dan statement kondisi, adalah  orthogonal jika sembarang ekspresi dapat digunakan (dan dievaluasi) didalam statement kondisi. Ketika fitur bahasa pemrograman adalah orthogonal, maka bahasa pemrograman tersebut akan mudah dipelajari dan proram akan mudah ditulis karena hanya ada sedikit eksception dan chace yang harus diingat.

Kewajaran untuk aplikasi

Bahasa pemrograman membutuhkan syntax yang tepat atau cocok yang digunakan pada struktur program untuk merefleksikan struktur logika yang dilandasi suatu algoritma. Bahasa pemrograman harus mempunyai struktur data, oprasi-oprasi, struktur control dan syntax alami yang tepat/cocok untuk memecahkan suatu masalah. Suatu bahasa pemrograman didesain secara khusus untuk kebutuhan tertentu, contohnya prolog dipakai guna kebutuhan deduksi atau C++ untuk bahasa pemrograman berorientasi ata berbasis pada javaJaobject.

Mendukung abstraksi

Abstraksi merupakan sesuatu masalah yang subtansial bagi para programmer untuk mengcreate sebuah solusi dari problem yang ditemui. Kemudian abstraksi tersebut dapat dengan mudah diimplementasikan dengan menggunakan fitur-fitur yang ada dalam bahasa pemrograman.

Kemudahan dalam memverifikasi program

Verifikasi program merupakan perihal yang sangat penting bagi suatu program karena dengan verifikasi yang mudah maka suatu program akan mudah dibangun dan dikembangkan. Kesederahanaan struktur simantik dan syntax merupakan aspek primer yang mempengaruhi kesederhanaan verifikasi program.

Lingkungan programmer

Bahasa pemrograman yang mempunyai atmosfer pemrograman yang bagus dan sangat jelas akan mempermudah programmer untuk mengimplementasikan abstraksi yang sudah disususnnya lingkungan pemrograman disini dapat berarti editor yang digunakan, dokumentasi yang baik dari bahasa penyusunan program, tools untuk mengetahui debugging, tampilan user yang bagus dan userfrienly, ataupun alat bantu lain yang bisa digunakan untuk mempermudah pekerjaan para programmer.

Smalltalk merupakan salah satu bahsa pemrograman yang didesain secara khusus untuk lingkungan pemrograma nya, terdiri dari windows, menu, input mouse, dan sekumpulan tools yang digunakan dalam pemrograman.

Portabilitas program.

Salah satu dari 8 kriteria yang terpenting untuk pembuatan aplikasi pemrograman adalah mudahnya memindahkan aplikasi yang sudah jadi dari komputer yang digunakan untuk membangun dan mengembangankan , kekomputer lain yang akan digunakan selanjutnya.

Biaya penggunaan

Biaya merupakan element penting dalam memngevaluasi bahasa pemrograman. Ada bebrapa biaya yang dapat diukur yaitu :

  • Biaya eksekusi program
    Program yang sering di eksekusi akan membutuhkan suatu kode executable yang efisien sehingga cepat untuk di deksekusi. Semakin cepat program untuk dieksekusi maka akan semakin murah biaya untuk eksekusi program.
  • Baiya translasi atau kompilasi program
    Untk pembelajaran, kecepatan translasi lebih diutamakan dari pada kecepatan eksekusi karena pada pembelajaran lebih sering dilakukan transalasi atau kompilsai dari pada eksekusi program. Oleh karna itu lebih dibutuhkan compiler yang efisien dibandingkan kode executable yang efisien.
  • Biaya penciptaan, testing,dan penggunaan program.
    semakin baik dan lengkap dilingkungan pemrogramanpda bahasa pemrograman maka ketiga biaya ini akan menjadi rendah. Hal ini di sebablkan tidak banyak waktu dan tenaga serta fikiran yang dicurahkan kepada pembuatan program .
  • Biaya pemeliharaan program
    Pemeliharaan program termasuk perbaikan eror yang muncul ketika program sudah digunakan, perbahan yang dibutuhkan pada program ketika hardware atau sistem operasi berubah, dan penyesuaian kebutuhan yang baru. Pemeliharaan merupakan salah satu biaya terbesar dari life cycle cost dan merupakan suatu hal yang membosankan bagi programmer.
Send this to a friend