Pengertian Kewirausahaan Adalah : Manfaat, Tujuan, Karakteristik

Diposting pada

Kewirausahaan berasal dari kata wira dan usaha. Wira berarti : pejuang, pahlawan, manusia unggul, teladan, berbudi luhur, gagah berani dan berwatak agung. Usaha, berarti perbuatan amal, bekerja, berbuat sesuatu. Jadi wirausaha adalah pejuang atau pahlawan yang berbuat sesuatu. Ini baru dari segi etimologi (asal usul kata). Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, wirausaha adalah orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk mengadakan produk baru, mengatur permodalan operasinya serta memasarkannya.

Pengertian-Kewirausahaan

Pengertian Kewirausahaan Secara Umum

Kewirausahaan adalah kemampuan untuk mengembangkan ide dan cara baru dalam menghadapi atau memecahkan permasalahan serta kemampuan untuk mendeteksi dan menemukan sebuah peluang yang kemudian dapat diterapkannya hal-hal tersebut untuk menuju kesuksesannya.

Secara singkat kewirausahaan dapat diartikan sebagai suatu tindakan, sikap ataupun kemampuan untuk memciptakan sesuatu yang baru dan unik dan dapat bermanfaat bagi orang lain atau dirinya sendiri. sikap Kewirausahaan merupakan sikap mental dan jiwa yang kreai, inovatif, dan berdaya guna yang dibuat untuk memperoleh pendapatan dari usaha yang dilakukan.

Istilah lain yang sering muncul adalah wirausaha. Sebenarnya wirausaha dan kewirausahaan hampir sama. Kewirausahaan adalah contoh sikapnya sedangkan wirausaha adalah orang yang berani untuk melakukan suatu usaha sesuai dengan sikap-sikap tadi.

Secara umum, orang yang memiliki jiwa kewirausahaan adalah sebagai berikut:

  • Memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat.
  • Berani melangkah (tidak takut menghadapi resiko yang ada).
  • Memiliki tanggung jawab.
  • Pandangan fokus ke depan (memikirkan masa depan).
  • Komitmen.
  • Kreatif dan inovatif.
  • Senantiasa mencari peluang.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

  • Menurut Soeharto Prawiro, kewirausahaan ialah sebuah nilai penting yang diperlukan untuk modal awal dalam melakukan sebuah usaha dan pengembangan usaha.
  • Menurut Joseph Schumpeter, wirausaha ialah seseorang yang mendapatkan kesempatan dan mampu membuat kesempatan tersebut menjadi suatu usaha yang menghasilkan.
  • Menurut Arif F. Hadipranata, wirausaha adalah sosok orang yang berani mengambil resiko dari semua kegiatan usaha yang dilakukan.

  • Menurut Kasmir, wirausaha merupakan seseorang yang mempunyai keberanian dalam mengambil resiko dari sebuah peluang usaha yang ada dengan harapan ia mampu mendapat sebuah pelajaran baru dari peluang yang ia ambil tersebut.
  • Menurut Thomas W. Zimmerer, wirausaha merupakan penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan berbagai macam permasalahan serta mampu memanfaatkannya menjadi sebuah.

  • Menurut Robbin dan Coulter, kewirausahaan merupakan sebuah proses yang mana individu atau sekelompok individu dapat menggunakan segala daya dan upaya yang dimilikinya secara terorganisasi untuk menciptakan sesuatu yang memiliki daya guna serta manfaat dan mendapatkan sebuah peluang baru yang bersumber dari inovasi serta keunikan tanpa memperhatikan sumber daya yang ada yang digunakan pada saat itu.

  • Menurut Peter F Drucker, Wirausaha merupakan kemampuan seseorang dalam membuat atau menciptakan sesuatu yang berbeda, unik, dan bermanfaat.
  • Menurut Andrew J. Dubrin,wirausaha adalah orang yang mampu melakukan berbagai mancam hal yang dapat bermanfaat bagi sesama.
  • Menurut Hervey Leibenstein, yang dimaksud dengan kewirausahaan ialah suatu kegiatan yang dilakukan dalam menciptakan dan menjalankan suatu produk baru yang mana pada saat itu pasar belum teridentifikasi secara jelas atau belum pasar terbentuk.

  • Menurut Jean Baptista Say, Wirausaha adalah penggabungan dari berbagai macam alat produksi untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dari hasil yang diproduksinya.
  • Menurut Penrose, wirausaha marupakan suatu kegiatan yang mencakup berbagai macam peluang atau kesempatan yang teridentifikasi di dalam suatu sistem ekonomi.

  • Menurut Raymond, wirausaha adalah seseorang yang kreatif, inovatif dan mampu mewujudkannya kedalam sebuah karya yang mampu mensejahterakan lingkungan dan masyarakatnya.
  • Menurut Kathleen, wirausaha merupakan orang yang dapat dan mampu mengatur, menjalankan dan mau mengambil resiko dari pekerjaan yang dia dijalankan tersebut dalam dunia usaha.
  • Achmad Sanusi, wirausaha merupakan suatu nilai yang diwujudkan di dalam perilaku yang menjadi dasar strategi, tujuan, proses, tenaga penggerak dan hasil bisnis.

  • Menurut Mas’ud Machfoedz dan Mahmud Machfoedz, wirausaha ialah orang-orang yang memiliki inovasi untuk mengubah sebuah kesempatan menjadi ide yang bisa menghasilkan, mendapatkan nilai plus dari orang lain, biaya, waktu dan kecakapan dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan.

Karakteristik Kewirausahaan

  1. Mampu mengindera peluang usaha
  2. Memiliki rasa percaya diri dan mampu bersikap positif terhadap diri dan lingkungan
  3. Bertingkah laku pemimpin
  4. Memiliki inisiatif, kreatif, dan inovasi-inovasi baru
  5. Mampu bekerja keras
  6. Berpandangan luas dengan visi ke depan
  7. Berani mengambil resiko yang diperhitungkan
  8. Tanggap terhadap saran dan kritik

Tujuan Kewirausahaan

Bahan ajar mata diklat Kewirausahaan dapat diajarkan dan dikembangkan di Sekolah-sekolah Dasar, Sekolah Menengah, Perguruan Tinggi, dan di berbagai kursus bisnis. Di dalam pelajaran Kewirausahaan, para siswa diajari dan ditanamkan sikap-sikap perilaku untuk membuka bisnis, agar mereka menjadi seorang wirausaha yang berbakat. Agar lebih jelas, di bawah ini diuraikan tujuan dari Kewirausahaan, sebagai berikut:

  1. Meningkatkan jumlah para wirausaha yang berkualitas.
  2. Mewujudkan kemampuan dan kemantapan para wirausaha untuk meng 7asilkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
  3. Membudayakan semangat sikap, perilaku, dan kemampuan kewirausahaan di kalangan pelajar dan masyarakat yang mampu, handal, dan unggul.
  4. Menumbuhkembangkan kesadaran dan’orientasi Kewirausahaan yang tangguh dan kuat terhadap para siswa dan masyarakat.

Jadi, secara umum definisi kewirausahaan merupakan  orang-orang yang mampu mengubah sebuah peluang atau kesempatan menjadi sebuah usaha yang menghasilkan atau menguntungkan, yang diolah dengan menggunakan inovasi, kreatifitas dan keunikan dalam membuat suatu produk serta mereka berani mengambil segala resiko yang akan dihadapinya dan tidak menjadikan mereka untuk mudah putus asa jika mereka mengalami kegagalan dalam membangun usaha tersebut.


Manfaat Kewirausahaan

Kewirausahaan memiliki 4 manfaat sosial, yaitu:

  1. Memperkuat pertumbuhan ekonomi : menyediakan pekerjaan baru dalam ekonomi. Ekonomi saat ini adalah tanah yang subur bagi wirausahawan misalnya : permintaan pelayanan sektor jasa meledak
  2. Meningkatkan produktivitas : kemampuan untuk menghasilkan lebih banyak barang dan jasa dengan TK dan input lain yang lebih sedikit.
  3. Menciptakan teknologi, produk dan jasa baru: komputer digital,mesin fotokopi, laser, power steering.
  4. Mengubah dan meremajakan persaingan pasar : pasar internasional menyediakan peluang kewirausahaan.

Ruang Lingkup Kewirausahaan

Ruang lingkup kewirausahaan sangat luas sekali. Secara umum, ruang lingkup kewirausahaan adalah bergerak dalam bisnis. Jika diuraikan secara rinci ruang lingkup kewirausahaan, bergerak dalam bidang:

  • Lapangan agraris

1) Pertanian

2) Perkebunan dan kehutanan

  • Lapangan perikanan

1) Pemeliharaan ikan

2) Penetasan ikan

3) Makanan ikan

4) Pengangkutan ikan

  • Lapangan peternakan

1) Bangsa burung atau unggas

2) Bangsa binatang menyusui

  • Lapangan perindustrian dan kerajinan

1) Industri besar

2) Industri menengah

3) Industri kecil

4) Pengrajin

  • Pengolahan hasil pertanian
  • Pengolahan hasil perkebunan
  • Pengolahan hasil perikanan
  • Pengolahan hasil peternakan
  • Pengolahan hasil kehutanan
  • Lapangan pertambangan dan energi
  • Lapangan perdagangan

1) Sebagai pedagang besar

2) Sebagai pedagang menengah

3) Sebagai pedagang kecil

  • Lapangan pemberi jasa

1) Sebagai pedagang perantara

2) Sebagai pemberi kredit atau perbankan

3) Sebagai pengusaha angkutan

4) Sebagai pengusaha hotel dan restoran

5) Sebagai pengusaha biro jasa travel pariwisata

6) Sebagai pengusaha asuransi, pergudangan, perbengkelan, koperasi, tata busana, dan lain sebagainya.


Ciri Ciri Wirausahawan

terdapat empat ciri yang dimiliki oleh seorang wirausahawan, yaitu :

  • 1) Proses berkreasi yakni mengkreasikan sesuatu yang baru dengan menambahkan nilainya. Penambahan nilai ini tidak hanya diakui oleh wirausahawan semata, tetapi juga oleh konsumen yang akan menggunakan hasil kreasi tersebut.
  • 2) Komitmen yang tinggi terhadap penggunaan waktu dan usaha yang diberikan. Semakin besar fokus dan perhatian yang diberikan dalam usaha ini maka akan mendukung proses kreasi yang akan timbul dalam kewirausahaan.
  • 3) Memperkirakan resiko yang mungkin timbul. Dalam kondisi ini resiko yang mungkin terjadi berkisar pada resiko keuangan, fisik dan resiko sosial.
  • 4) Memperoleh reward. Dalam hal ini reward yang terpenting adalah independensi atau kebebasan yang diikuti dengan kepuasan pribadi, sedangkan reward berupa uang biasanya dianggap sebagai suatu bentuk derajat kesuksesan usahanya.

Sekian pembahasan mengenai definisi kewirausahaan secara umum dan menurut pendapata para ahli. Kunjungi terus Ayoksinau.com karena masih banyak artikel menarik lainnya.