Penyebab Terjadinya Inflasi Dalam Suatu Negara (LENGKAP)

Posted on

Dalam kegiatan sehari-hari, kita begitu sering mendengar istilah inflasi. Bila sudah berbicara tentang inflasi, yang pertama terlintas di pikiran kita adalah harga-harga barang yang semakin naik. lantas, apa pengertian dari inflasi dan juga apa sajakah penyebab terjadinya inflasi? Mari kita simak penjelasannya.

Pengertian inflasi

Inflasi adalah suatu keadaan ekonomi dimana harga-harga barang secara umum menjadi naik secara terus menerus dalam kurun waktu tertentu. Kenaikan harga barang digolongkan secara umum karena sebagian besar harga barang terlebih komoditi utama mengalami kenaikan harga akan tetapi masih ada sebagian kecil yang tidak mengalami kenaikan harga atau malah sebaliknya yaitu mengalami turun harga.

Penyebab terjadinya inflasi

 

Ada beberapa faktor yang menjadikan penyebab terjadinya inflasi diantaranya penurunan nilai tukar mata uang, permintaan yang tinggi terhadap suatu barang, dan bertambahnya uang yang beredar, dan lain sebagainya.

1.Inflasi karena permintaan (Demand Pull inflation)

Demand Pull Inflation atau infalsi karena permintaan disebabkan oleh permintaan atau daya tarik masyarakat yang begitu kuat terhadap suatu barang. Inflasi tarikan permintaan juga dikenal juga dengan nama Philips Curve Inflation. Secara umum inflasi ini disebabkan karenaa penawaran dan permintaan terhadap jasa ataupun barang di dalam negeri guna jangka panjang yang di butuhkan masyarakat dengan jumlah besar.

2.Inflasi karena bertambahnya uang yang beredar

Teori inflasi disebabkan oleh bertambahnya uang yang beredar dikemukakan oleh kaum klasik yang menyatakan bahwa ada keterkaitan dengan antara jumlah uang yang beredar dengan harga-harga. jika jumlah barang tetap akan tetapi jumlah uang uang yang beredar lebih besar dua kali lipat maka harga barang pun akan menjadi lebih mahal dua kali lipat.

Jumlah uang yang beredar di masyarakat dapat bertambah jika suatu negara menggunakan sistem anggaran defisit. Sehingga guna menutup kekurangan anggaran tersebut, negara mencetak uang baru yang menyebabkan harga naik.

3.Inflasi karena kenaikan biaya produksi atau (Cost push inflation)

Inflasi kenaikan biaya produksi atau cost push inflation disebabkan oleh adanya dorongan kenaikan biaya produksi dalam jangka waktu tertentu yang secara terus menerus. Secara umum inflasi kenaikan biaya produksi ini diisebabkan karena desakan biaya faktor produksi yang terus naik. Kenaikan Biaya faktor produksi biasanya dia akibatkan oleh beberapa hal:

4.Inflasi campuran (Mixed inflation)

Inflasi campuran atau mixed inflation terjadi karena adanya kenaikan penawaran dan permintaan. Hal ini terjadi karena adanya ketidakseimbangan antara penawaran dan juga  permintaan.

5.Inflasi ekspektasi (Expected inflation)

Expected inflation atau inflasi inspektasi terjadi sebagai akibat dari perilaku masyarakat yang berpendapat bahwa kondisi ekonomi di masa yang akan datang akan menjadi lebih baik lagi.

6.Kekacauan ekonomi dan politik

Situasi ekonomi dan politik di suatu negara juga dapat mempengaruhi adanya inflasi. Bila suatu negara dalam kondisi yang tidak aman, harga-harga barang di negara tersebut cenderung mahal. Hal ini juga pernah terjadi di negri kita ketika ada kekacauan politik dan ekonomi pada tahun 1998. Pada masa tersebut, level inflasi di Indonesia mencapai 70% padalah level inflasi yang normal berkisar antara 3 hingga 4%.

Demikianlah artikel dari ayoksinau.com mengenai Penyebab Terjadinya Inflasi Dalam Suatu Negara, semoga menambah wawasan anda semuanya.

baca juga artikel dibawah ini;