Definisi Gelombang dan Jenis-Jenis Gelombang | Ayoksinau.com

Posted on

Definisi Gelombang – Pada pembahasan kali ini, Ayoksianu.com akan membahas mengenai Definisi Gelombang dan Jenis-Jenis Gelombang secara detail.

Definisi Gelombang

Definisi Gelombang

Gelombang merupakan sebuah getaran yang mana getaran itu bergerak dari suatu tempat ke tempat yang lainnya dengan menggunakan media tertentu, bahkan gelombang juga bisa bergerak tanpa melalui perantara media seperti halnya di ruang hampa. Jadi, dapat disimpulkan bahwa gelombang adalah suatu getaran yang dapat berulang-ulang dan dapat merambat melalui media tertentu maupun tanpa media perantara. Dengan kata lain atau secara singkat gelombang adalah suatu getaran yang merambat.

Selain itu, gelombang terdapat pada medium karena adanya suatu perubahan bentuk yang dapat menimbulkan gaya pegas sehingga gelombang dapat berjalan serta dapat memindahkan suatu energi dari satu tempat ke tempat yang lain tanpa menimbulkan pertikel medium berpindah secara permanen.

Bentuk dari suatu gelombang akan menyesuaikan dengan gerak sinusoide. Selain radiasi elektromagnetik, dan mungkin radiasi gravitasional, yang bisa berjalan melalui ruang hampa udara, gelombang juga terdapat pada medium (yang disebabkan karena perubahan bentuk yang dapat menghasilkan gaya pegas) yang mana gelombang dapat berjalan dan memindahkan energi dari satu tempat ke tempat yang lainnya tanpa mengakibatkan partikel medium tersebut berpindah secara permanen (tidak ada perpindahan secara massal).

Suatu medium juga bisa disebut dengan istilah berikut:

  • Linear, apabila gelombang yang berada di semua titik tertentu di medium, itu dapat dijumlahkan.
  • Terbatas, apabila gelombang terbatas. Maka, selain itu disebut sebagai gelombang tak terbatas.
  • Isotropik, apabila ciri-ciri fisiknya adalah sama di arah yang berbeda.
  • Seragam, apabila ciri fisiknya tidak berubah di titik yang berbeda.

Jenis-Jenis Gelombang

Setelah kita mengetahui definisi gelombang berdasarkan pembahasan di atas, maka kita perlu mengetahui tentang jenis-jenis gelombang karena jenis-jenis gelombang itu sangat banyak, diantaranya seperti gelombang bunyi, gelombang radio, gelombang elektromagnet masih banyak lagi jenis gelombang lainnya.

Adapun jenis gelombang yang paling umum kita dengar itu terdapat dua jenis yang dikelompokkan bedasarkan arah rambat dan getaran yang dihasilkan yaitu gelombang transversal dan gelombang longitudinal.

1) Gelombang Tranversal

Gelombang tranversal merupakan jenis gelombang yang memiliki arah getaran tegak lurus terhadap arah rambatannya. Contoh gelombang tranversal adalah gelombang air di lautan dan gelombang tali, yang memiliki arah getarantegak lurus dengan arah dari getaran tersebut. Maka bentuk dari gelombang yang tercipta adalah seperti gunung dan juga lembah yang saling berurutan.

Gelombang Transversal

Adapun ilustrasi ddan istilah yang terdapat pada gelombang transversal adalah sebagai berikut.

  • Puncak Gelombang (gunung): adalah titik tertinggi di gelombang
  • Dasar Gelombang (lembah): adalah titik dasar atau yang terendah di suatu gelombang
  • Bukit Gelombang: adalah bagian dari gelombang yang menyerupai gunung dengan titik yang tertinggi atau puncak dari gelombang
  • Panjang Gelombang: adalah jarak antara dua puncak atau bisa juga dua lembah gelombang
  • Amplitudo (A): adalah simpangan yang terjauh dari garis keseimbangan
  • Periode (T): Waktu yang diperlukan utnuk bisa menempuh jarak dua puncak atau dua buah lembah yang berurutan, atau lebih gampangnnya anda bisa sebut kalau waktu yang diperlukan untuk membentuk suatu gelombang

2) Gelombang Longitudinal

Gelombang longitudinal merupakan jenis gelombang yang mana getarannya memiliki arah yang sama berdasarkan arah rambatannya. Pada gelombang longitudinal ini, gerakan dari medium gelombang akan searah dengan propagasi gelombang. Contoh gelombang longitudinal adalah gelombang bunyi yang mana medium perantaranya adalah udara. Medium tersebut secara bergantian akan merapat dan merenggang yang diakibatkan karena adanya pergeseran getaran atau perpindahan tempat.

Gelombang Logitudinal

Berikut ini terdapat beberapa istilah yang ada pada gelombang longitudinal.

  • Rapatan: adalah daerah di sepanjang gelombang yang memiliki rapatan atau tekanan molekul yang lebih tinggi.
  • Renggangan: adalah daerah di sepanjang gelombang yang memiliki rapatan molekul lebih rendah.
  • Panjang 1 Gelombang: adalah jarak antara dua buah rapatan atau antara dua buah renggangan yang saling berdekatan.

Demikianlah pembahasan Ayoksinau.com mengenai Definisi gelombang dan jenis-jenis gelombang, semoga kalian dapat memahaminya dengan baik. Terimakasih atas kunjungan Anda sekalian.

Baca juga artikel berikut:

Definisi Vektor, Cara Menggambar, Penjumlahan dan Penguranga Vektor serta Contoh Penyelesaian Soal Vektor

Pengertian Zat aditif, Fungsi & Contohnya Lengkap | Ayoksinau.com

Macam-Macam Virus Beserta Penjelasnnya | Ayoksinau.com

3 Pengertian Perpindahan Kalor (Konduksi, Konveksi & Radiasi) | Ayoksinau.com