Proses Terjadinya Gempa Bumi

Diposting pada

Pengertian Gempa Bumi

Gempa bumi merupakan getaran / guncangan yang terjadi di permukaan bumi disebabkan dari pelepasan energi dari bawah permukaan secara mendadak yang membuat gelombang seismik. Gempa bumi biasanya akibat oleh pergerakan kerak bumi atau disebut lempeng bumi. Selain itu gempa bumi pun bisa disebabkan dari letusnya gunung api.

Gempa bumi pun dapat diartikan sebagai sesuatu peristiwa bergetarnya bumi penyebab dari pelepasan energi di dalam bumi secara tiba-tiba yang ditandai dengan patahnya lapisan batuan yang terjadi pada kerak bumi. Frekuensi gempa bumi di suatu wilayah membentuk pada jenis dan ukuran gempa bumi yang di alami selama kurun waktu.

Proses Terjadinya Gempa Bumi

Proses Terjadinya Gempa Bumi

Gempa bumi terjadi ketika batuan pada kerak bumi mengalami tekanan yang sangat kuat dan hebat oleh pergerakan lempeng-lempeng yang menjadi landasan benua. Sebagian besar terjadi saat dua lempengan di kerak bumi saling bergesekan satu sama lain. Lempengan yang dimaksud ini adalah lempeng samudera dan juga lempeng benua. Ketika lempeng saling bergesek serta bertumbukan, maka akan terjadi gelombang kejut, yang bisa kita rasakandan kita sebut sebagai gempa bumi.

Penyebab Gempa Bumi

  1. Pergeseran Lempeng Bumi

Gempa bumi penyebab pergeseran lempeng bumi dapat kita sebut sebagai gempa tektonik. Ini merupakan salah satu penyebab gempa bumi yang paling sering kita temui.

Gempa bumi pada dasarnya disebabkan oleh terjadinya pelepasan energi yang dihasilkan oleh tekanan karena lempengan yang saling bergerak. Semakin besar tekanan itu semakin pula tak bisa ditahan lagi oleh pinggiran lempeng, maka saat itulah gempa bumi akan terjadi.

  1. Letusan Gunung Berapi

Gempa bumi juga biasa disebabkan karena adanya aktivitas pergerakan sebuah magma di dalam gunung berapi. Gempa seperti ini dapat menjadi pertanda sebelum terjadinya letusan gunung berapi.

Gempa yang disebabkan oleh letusan gunung berapi ini dapat kita sebut sebagai gempa vulkanik. Tetapi, intensitas dari gempa yang disebabkan oleh gunung berapi ini terhitung relatif ringan dengan jangkauan yang terbatas.

  1. Kejadian Alam Seperti Tanah Longsor

Fenomena alam seperti tanah longsor, goa yang runtuh, dan sebagainya pun bisa menyebabkan terjadinya gempa bumi. Gempa yang menjadi penyebab oleh faktor ini biasanya  berdampak kecil dan wilayah cakupannya sempit. Gempa ini biasanya seing disebut sebagai gempa runtuhan atau terban.

  1. Faktor Non Alam

Campur aduk tangan manusia ternyata juga bisa menyebabkan terjadinya gempa bumi. Gempa yang disebabkan oleh manusia biasanya disebut seismisitas terinduksi.

Misalnya seperti dengan menguji coba peledak berkekuatan tinggi seperti halnya bom atom atau hulu ledak hidrogen pun bisa memicu terjadinya gempa bumi. Atau misalnya penambangan yang berlebih dan tak terkontrol pun bisa merusak kontur alami lempeng bumi dan membuatnya mudah terhadap pergeseran.

Dampak Positif dan Negatif Gempa bumi

Dampak Positif  Pada Gempa Bumi

Tidak hanya bisa mendatangkan dampak negatif saja, dampak positif gempa bumi juga bisa muncul. Untuk itu, berikut ini merupakan dampak positif dari gempa bumi yang tentu saja dapat membuat orang sedikit tenang dan tidak harus khawatir jika ada terjadi gempa bumi.

  1. Meningkatkan Kepedulian Terhadap Sesama

bencana alam yang satu ini pun bisa membuat orang terbangun dari rasa kemanusiaannya. Dari adanya kepedulian, orang-orang disekitar atau dari luar pun akan senantiasa membantu mereka yang sedang dilanda musibah dengan cara menyumbangkan bahan makanan serta pakaian pantas pakai. Selain itu juga, ada pun yang memberikan bantuan berupa uang.

Tentunya ada yang lebih mulia lagi dan juga dia akan mendapatkan tabungan pahala, yaitu seperti membantu di tempat bencana sebagai relawan. Walaupun pekerjaan mereka cukup berisiko, setidaknya para relawan ini bisa meringankan beban para korban bencana. Maka dari itu, bencana alam seperti ini bisa menambahkan rasa empati pada korban bencana.

  1. Sebagai Bahan Pembelajaran

Bagi para seismolog dan para pakar gempa bumi, kejadian tersebut bisa membuat pengetahuan mereka menjadi meningkat. Adanya gempa bumi di berbagai tempat itu tentu dapat menjadi bahan pembelajaran bagi orang pintar seperti  mereka. Seperti yang kita ketahui, Indonesia mempunyai banyak kepulauan dengan dataran yang berbeda-beda di setiap daerahnya.

  1. Keseimbangan Alam Terjaga

Dari gempa yang terjadi di beberapa tempat ini tentu saja akan menciptakan beberapa gunung serta dataran yang baru. Dari situlah keseimbangan alam akan terjaga dengan baik. Dataran-dataran yang terbentuk itu bisa membuat manusia bisa tinggal di dataran yang baru tercipta tersebut.

  1. Kepadatan Penduduk Berkurang

Indonesia adalah negara yang mempunyai kenaikan pada pertumbuhan penduduk. Hal itu dapat dibuktikan dengan banyaknya anak muda yang menikah tetapi waktunya yang belum tepat. Di samping itu pun, kaum-kaum yang mempunyai istri lebih dari satu juga memperbesar pertumbuhan penduduk di Indonesia.

  1. Kewaspadaan Akan Bencana Semakin Meningkat

Seperti yang sudah disampaikan di atas, dampak gempa bumi secara positif adalah dapat meningkatkan rasa kemanusiaan. Selain itu pula, manusia juga akan ditingkatkan rasa kewaspadaan terhadap bencana. Orang-orang akan lebih siap jika bencana terjadi di tempat tinggal mereka. Hal ini karena mereka sudah siap sedia jika ada bencana.

Dampak Negatif Gempa Bumi

Dampak negatif yang muncul ini tentu saja akan membuat siapa pun akan memohon kepada Sang Pencipta agar tidak terjadi gempa dan terjadi musibah yang lebih merugikan. Berikut ini adalah dampak negatif akan terjadinya gempa bumi.

  1. Robohnya Bangunan Tinggi

Goyangan dari lempeng bumi ini juga tentu saja akan membuat bangunan yang sudah berdiri tegak di suatu tempat akan roboh dan hancur. Itulah kenapa ketika orang-orang yang ada di bangunan tinggi akan buru-buru keluar karena mereka tau bangunan yang sudah berdiri akan roboh. Tentu saja ini akan menghasilkan kerugian yang berlipat ganda akibat robohnya suatu  bangunan.

  1. Jaringan Komunikasi Terganggu

Saat kita sedang menyelamatkan diri ketika ada bencana, pasti kita akan kesulitan ketika akan menghubungi orang. Hal ini disebabkan jaringan komunikasi yang terganggu ketika ada bencana. Dampak gempa bumi itu akan membuat hambatan kepada  seseorang ketika akan memberikan kabar terbaru tentang seseorang di tempat bencana.

  1. Menimbulkan Banyak Pengangguran Dan Transportasi Terganggu

Karena hancurnya infrastruktur di bumi yang hancur akibat bencana gempa bumi, tentu akan membuat meningkatnya pengangguran di sebuah tempat. Tentunya Indonesia sebagai negara dengan penduduk yang cukup padat ini tentu tidak ingin pengangguran semakin banyak berkembang.

  1. Terjadinya Kebakaran

Kebakaran tentunya merupakan fenomena yang bisa terjadi ketika ada bencana alam. Hubungan arus pendek akan terjadi saat terjadinya gempa bumi. Sehingga tidak jarang akan membuat rumah yang terbakar di saat terjadinya gempa bumi. Bencana alam gempa bumi ini tentu akan menimbulkan kerugian yang lumayan besar.

Cara Mencegah Gempa Bumi

  1. Berlindung di Bawah Meja

Berlindunglah di bawah meja saat berada di dalam ruangan, rumah, atau kantor. Hal ini supaya tubuh tidak terkena benda-benda apapun yang berjatuhan.

  1. Lindungi Kepala dengan Beberapa Alat

Jangan lupa untuk melindungi kepala dengan helm, bantal, papan, atau pun kedua tangan dengan posisi telungkup. Hal ini adalah salah satu cara agar selamat dari gempa.

  1. Jauhi Gedung dan Tiang

Jauhi gedung dan tiang jika berada di luar ruangan dan juga rumah. Hindari gedung dan tiang menuju daerah yang terbuka.

  1. Jangan Naik Lift

Jika berada di mal atau kantor, jangan naik lift. Gunakan tangga namun jangan panik saat turun tangga darurat.

  1. Hentikan Kendaraan

jika berada di dalam kendaraan, berhati-hatilah supaya kendaraan tidak berhenti secara mendadak dan tiba-tiba. Usahakan memberhentikan kendaraan dan bergerak ke tempat terbuka agar anda selamat dari gempa.

  1. Jauhi Laut

Gempa di bawah laut bisa menyebabkan gelombang tsunami. Bergeraklah ke dataran yang lebih tinggi adalah salah satu cara mengatasi tsunami.

Demikianlah artikel dari ayoksinau.com mengenai Proses Terjadi gempa Bumi : Pengrtian, Penyebab, Dampak. semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.