Definisi Ekonomi Menurut Para Ahli | Ayoksinau.com

Posted on

Definisi Ekonomi Menurut Para Ahli – Pada kesempatan kali ini, Ayoksinau.com akan membahas tentang pengetian ekonomi menurut para ahli secara lengkap dan detail.

Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli

Secara umum, ekonomi adalah salah satu cabang ilmu yang membahas tentang kehidupan manusia dalam upaya pemenuhan kebutuhan hidupnya. Adapun aspek-aspek yang dipelajari mencakup sistem distribusi, sistem produksi serta cara mengonsumsinya baik berupa barang ataupun jasa. Hal tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia, mencari keuntungan secara materi, untuk mendapatkan gelar atau penghargaan, untuk bisa memperoleh kekuasaan atau sosial kemanusiaan atau saling membantu antar sesama.

Kata ekonomi sendiri berasal dari bahasa Yunani yakni dari kata “Oikos” dan “Nomos”. Kata “Oikos mengandung arti rumah tangga atau keluarga dan kata “Nomos” memiliki arti peraturan atau aturan. Sehingga secara terminologi, kata ekonomi dapat diartikan sebagai  manajemen aturan rumah tangga.

Pengertian Ekonomi menurut Para Ahli

Adapun pengertian para ahli ekonomi mengenai pengetian ekonomi adalah sebagai berikut:

  • Menurut Adam Smith, ekonomi adalah suatu penyeldikan tentang kondisi dan sebab adanya atau hadirnya kekayaan negara.
  • Menurut Abraham Maslow, ekonomi adalah salah satu bidang keilmuan yang mampu menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan manusia melalui penggemblengan seluruh sumber ekonomi yang tersedia berdasarkan pada teori dan prinsip dalam suatu sistem ekonomi yang memang dianggap efisien dan efektif.
  • Menurut John Stuart Mill, ekonomi adalah ilmu praktis yang telah mempelajari tentang penagihan dan pengeluaran.
  • Menurut Paul Anthony Samuelson, beliau menyatakan bahwa ekonomi merupakan suatu cara yang dipakai oleh seseorang ataupun sekumpulan orang untuk memanfaatkan sumber-sumber yang terbatas untuk mendapatkan berbagai macam produk dan komoditi serta menyalurkannya agar dapat dikonsumi oleh masyarakat luas.
  • Menurut Amwal, Ekonomi merupakan salah satu cabang ilmu yang mempelajari tentang bagaimana cara menentukan keputusan yang efektif dalam mengelola sumber daya yang tersedia agar dapat memenuhi kebutuhan individu ataupun
  • Menurut Hermawan Kartajaya, ekonomi diibaratkan sebagai suatu wadah, sedangkan sektor industri adalah hal yang melekat di
  • Menurut Khursid Ahmad, Ekonomi adalah suatu usaha yang mensistematiskan dan memahami segala permasalahan perekonomian dan segala macam perilaku manusia dengan permasalah tersebut berdasarkan perspektif ISLAM.
  • Menurut Samuekon, ia menjelaskan bahwa ekonomi adalah suatu cabang ilmu yang menganalisis segala jenis kerugian dan keuntungan dalam memanfaatkan penggunaan sumber daya yang mengikat semua pola tertentu.
  • Menurut Aristoteles, Ekonomi adalah suatu cabang yang dapat digunakan dengan dua jalan yakni mungkin bisa dipakai dan mungkin untuk ditukar dengan barang, jadi Ekonomi mempunyai nilai pertukaran dan nilai penggunaan.
  • Menurut Lipsey, Ekonomi adalah suatu studi tentang pemanfaatan segala sumber daya yang langka untuk memenuhi segala kebutuhan manusia yang tak pernah berujung atau tidak terbatas.
  • Menurut Manullang, beliau menyatakan bahwa pengertian Ekonomi merupakan suatu cabng ilmu yang mempelajari tentang aktivitas masyarakat dalam upaya mencapai sutau Yang mana kemakmuran tersebut merupakan suatu keadaan di mana manusia tersebut dapat memenuhi semua kebutuhannya, baik kebutuhan berupa jasa ataupun barang.
  • Menurut Case dan Fair, Ekonomi merupakan suatu cabang ilmu yang mempelajari tentang bagaimana individu ataupun sekelompok individu dalam mengambil pilihan untuk menggunakan segala sumber daya yang ada atau menggunakan sumber daya yang sudah disediakan oleh generasi sebelumnya atau telah disediakan oleh
  • Menurut Alfred Marshall, Ekonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari mengenai segala kehidupan manusia dalam sehari-hari.

Berdasarkan pendapat para ahli di atas, dapat kita simpulkan bahwa pengertian ekonomi adalah salah satu cabang ilmu yang berhubungan dengan sumber daya material individu dan sekelompok individu serta negara untuk meningkatkan kesejahteraan manusia, sehingga ekonomi menjadi satu diantara ilmu yang terkait tentang tingkah laku dan aksi manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang berkembang dengan adanya sumber daya melalui kegiatan mengonsumsi, distribusi dan produksi.

Sekian pembahasan dari Ayoksinau.com tentang Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli. Semoga dapat memberikan manfaat buat Anda. Terimkasih telah berkunjung, baca juga artikel menarik lainnya untuk menambah wawasan Anda.

Artikel menarik lainnya:

Pengertian Prinsip Ekonomi, Ciri-Ciri, Jenis & Contohnya Lengkap | Ayoksinau.com

MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) – Pengertian, Sejarah, Tujuan dan Penjelasan Lengkap | Ayoksinau.com

Pengertian Ekonomi Komando dan Ciri-Cirinya Lengkap

Pengertian ekonomi makro dan mikro beserta contohnya lengkap