Contoh Teks Berita Yang Baik Dan Benar Paling Terpercaya

Posted on

Contoh Teks Berita Yang Benar

Sebelum membahas mengenai contoh teks berita atau naskah berita, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu apa itu yang dimaksud dengan teks berita. Teks berita merupakan suatu teks atau naskah yang di dalamnya berisi tentang informasi mengenai suatu hal atau sebuah kejadian yang terjadi dan berhasil menjadi perbincangan di kalangan masyarakat.

Penyajian berita atau naskah berita sendiri biasanya disampaikan melalui siaran televisi, koran, radio atau pun majalah.

Contoh teks berita atau naskah tentu harus mengandung unsur pertanyaan seperti 5W dan 1H, maksudnya adalah dalam penyajian sebuah teks atau naskah berita haruslah mengandung kata who, what, where, why, which dan juga how yang jika diartikan menjadi siapa, apa, dimana, bagaimana, bilamana dan juga mengapa.

Penggunaan unsur 5W dan 1H ini merupakan salah satu cara agar berita atau informasi yang disampaikan tidak menimbulkan kesalahpahaman para pendengarnya.

Unsur 5W dan juga 1H ini harus ada pada contoh teks berita atau naskah berita tujuannya adalah agar berita yang disampaikan sesuai dengan apa yang menjadi kaidah struktur kebahasaan dalam proses penyampaian sebuah informasi atau berita. Berikut adalah contoh teks berita

Pembukaan

Selamat pagi para pemirsa dimana pun Anda berada, saya akan menyampaikan berita teraktual dan terhangat hari ini. Bersama dengan saya Zulva Rusliana Haryanto di sekilas info. Pada Minggu 23 April 2017 lalu, terjadi sebuah tragedi di gunung prau tepatnya di jalur Dieng. Yang disebabkan oleh hujan deras sehingga menimbulkan petir sehingga beberapa orang terkena sambaran petir yang menewaskan 3 orang, 2 kritis dan 6 lainnya luka-luka. Berikut liputannya

Isi

Kejadian atau tragedi di gunung prau kemarin telah meninggalkan duka bagi keluarga korban dan juga meninggalkan duka dalam dunia pendakian. Pasalnya satu rombongan yang terdiri dari 11 orang mengalami musibah tersambar petir. Korban meninggal berjumlah 3 orang yang berasal dari Depok dan Jakarta, sedangkan korban kritis 2 orang yang hingga sekarang masih dirawat di RSUD Setjonegoro dan untuk 6 orang lagi dirawat di Puskesmas Kejajar. Ke 3 jenazah sudah teridentifikasi dan sudah diurus oleh pihak keluarga, sedangkan korban yang luka serius masih dirawat intensif di RSUD Setjonegoro.

Penutup

Itulah sementara berita yang bisa saya sampaikan. Nantikan berita dari sekilas info yang akan hadir dalam 60 menit ke depan untuk memberikan informasi dan berita perkembangan terbaru lainnya. Saya Zulva mengucapkan banyak terima kasih.

Umumnya berita atau informasi yang di dalamnya mengandung unsur 5W dan juga 1H memang terkadang mengandung kontroversi karena seperti yang Anda ketahui beberapa stasiun tv bertujuan untuk menarik para pendengar untuk mendengarkan berita tersebut.

Semoga ulasan dari ayoksinau.com mengenai Contoh Teks Berita Yang Baik Dan Benar Paling Terpercaya di atas bisa menjadi referensi dan juga bisa bermanfaat.

Baca juga artikel kami lainnya :