Pengertian dan Fungsi Router beserta Cara Kerjanya

pengertian-router

Pengertian Router

Router adalah perangkat keras jaringan komputer yang bisa digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan yang sama atau berbeda. Router ialah sebuah alat untuk mengirimkan paket data melalui jaringan ataupun internet untuk bisa menuju tujuannya, proses tersebut dinamakan routing.

Router merupakan sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh lapis OSI.

Router memiliki fasilitas DHCP (Dynamic Host Configuration Procotol), dengan mensetting DHCP, maka kita dapat membagi IP Address, fasilitas lain dari Router adalah adanya NAT (Network Address Translator) yang dapat memungkinkan suatu IP Address atau koneksi internet disharing ke IP Address lain. Router dapat digunakan untuk menghubungkan banyak jaringan kecil ke sebuah jaringan yang lebih besar, yang disebut dengan internetwork, atau untuk membagi sebuah jaringan besar ke dalam beberapa subnetwork untuk meningkatkan kinerja dan juga mempermudah manajemennya. Router juga kadang digunakan untuk mengoneksikan dua buah jaringan yang menggunakan media yang berbeda (seperti halnya router wireless yang pada umumnya selain ia dapat menghubungkan komputer dengan menggunakan radio, ia juga mendukung penghubungan komputer dengan kabel UTP), atau berbeda arsitektur jaringan, seperti halnya dari Ethernet ke Token Ring.

Proses routing itu sendiri terjadi pada lapisan 3 dari stack protokol tujuh-lapis OSI. Router terkadang digunakan guna mengoneksikan 2 buah jaringan yang menggunakan media berbeda, misalnya halnya dari Ethernet menuju ke Token Ring. Itulah pengertian dari router.

Fungsi Router

Router mempunyai fungsi utama yaitu untuk membagi atau mendistribusikan IP address, baik itu secara statis maupun DHCP atau Dynamic Host Configuration Procotol kepada semua komputer yang terhubung ke router tersebut. Dengan adanya IP address yang unik ini yang dibagikan router tersebut kepada setiap komputer bisa memungkinan setiap komputer untuk saling terhubung juga dapat melakukan komunikasi, baik itu pada LAN maupun internet.

Pada saat ini, perangkat router sudah lebih canggih dan juga modern. Untuk mendistribusikan IP address kepada setiap komputer pada suatu jaringan, fungsi router ini tidak saja hanya dapat menghubungkan dengan sambungan kabel LAN,tetapi juga dapat dengan teknologi wireless. Dengan demikian, router pada saat ini bisa disambungkan pada setiap komputer, gadget, laptop, smartphone yang berada pada jangkauan router tersebut. Cukup hanya memanfaatkan sebuah gelombang radio yang dipancarkan oleh router. Itulah istilah fungsi router.

Router mempunyai fungsi utama yaitu untuk membagi atau mendistribusikan IP address baik itu secara statis maupun DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) kepada semua komputer yang terhubung ke router tersebut. Untuk lebih lengkapnya berikut ini beberapa fungsi Router antara lain sebagai berikut :

  • Fungsi utama Router yaitu menghubungkan beberapa jaringan untuk menyampaikan data dari suatu jaringan ke jaringan lainnya. Namun router berbeda halnya dengan Switch, Karena kalau Switch hanya digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer dan membentuk suatu LAN (Local Area Network). Sedangkan Router dapat digunakan untuk menghubungkan antar satu LAN dengan LAN yang lainnya.
  • Router juga dapat berfungsi untuk menstranmisikan informasi dari satu jaringan ke jaringan lain yang sistem kerjanya sama seperti Bridge.
  • Router juga dapat berfungsi untuk menghubungkan jaringan local ke sebuah koneksi DDL biasa juga disebut DSL router. Router ini umumnya memiliki fungsi firewall untuk bisa melakukan penapisan paket berdasarkan sumber serta alamat tujuan dari paket tersebut, namun akan tetapi tidak semua router memiliki fungsi yang sama. Router yang memiliki fitur firewall dapat juga disebut sebagai Packet – Filtering Router. Fungsi umum royter ini yaitu memblokir lalulintas data yang akan dipancarkan secara broad cast sehingga dapat mencegah terjadinya broad cast storm yang bisa menyebabkan kinerja jaringan melambat.
  • Membaca Alamat Logika / IP address source & destination untuk dapat menentukan routing dari suatu LAN ke LAN lainnya.
  • Menyimpan routing table untuk menentukan rute terbaik antara jaringan LAN ke WAN.
  • Bisa berupa “Box” atau sebuah OS yang dapat menjalankan sebuah daemon Routing

Jenis – Jenis Router

Jenis router dalam jaringan komputer secara umum terbagi menjadi 2 jenis :

  • Router statis adalah router yang di setting manual oleh administrator sehingga memiliki tabel routing statis
  • Router dinamis adalah router yang mempunyai dan membuat tabel routing dinamis dengan melihat sinyal lalu lintas jaringan dan saling terhubung dengan router yang lainnya.

Router aplikasi

Router Aplikasi
Router jenis ini adalah sebuah aplikasi yang bisa anda instal pada sistem operasi komputer, sehingga sistem operasi computer tersebut dapat bekerja seperti router, misalnya aplikasi WinGate, , WinProxy Winroute, SpyGate dll.

Router Hardware

Router Hardware
Router hardware adalah sebuah hardware yang memiliki kemampuan seperti router, maka dengan hardware tersebut anda dapat membagi IP Address, Router hardware dapat digunakan untuk membagi jaringan internet pada suatu wilayah, misalnya dari router ini adalah access point, wilayah yang mendapat Ip Address dan koneksi internet disebut Hot Spot Area.

Router PC

Router PC
Router PC adalah sebuah komputer yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga dapat digunakan sebagai router. Untuk membuat sebuah router PC tidak harus menggunakan komputer dengan spesifikasi yang tinggi. Komputer dengan prosesor pentium dua, hard drive 10 GB dan ram 64 serta telah tersedia LAN Card sudah bisa digunakan sebagai router PC. Komputer yang dijadikan router ini harus diinstal dengan sistem operasi khusus untuk router. Sistem operasi yang populer untuk router PC saat ini adalah Mikrotik.

Cara Kerja Router

Cara Kerja Router

Router bekera yaitu dengan cara merutekan paket atau data informasi yang disebut juga dengan routing. Dengan teknik routing ini, router bisa mengetahui arah rute perjalanan informasi tersebut yang akan dituju, apakah berada pada satu jaringan yang sama atau bukan. apabila  informasi yang dituju mengarah kepada jaringan yang berbeda, maka router otomatis akan meneruskannya kepada jaringan tersebut, sebaliknya jika paket yang dituju adalah jaringan yang sama, maka router akan menghalangi paket keluar juga meneruskan paket tersebut dengan routing di jaringan yang sama sampa terkirim ke tujuannya. Itulah ilustrasi cara kerja router.

Cara kerja router bisa dilihat pada gambar diatas. Pada gambar diatas terdapat dua buah network yang terhubung pada sebuah jaringan router. Network yang berada pada sebelah kiri yang terhubung ke port 1 router memiliki alamat 192.168.1.0 dan network yang sebelah kanan yang terhubung ke port 2 router memiliki alamat 192.155.2.0.

Cara Kerja Router :

  1. Komputer A mengirim data ke komputer C, maka router tidak akan meneruskan data tersebut ke network lain.
  2. Begitu pula ketika komputer F mengirim data ke E, router tidak akan meneruskan paket data ke network lain.
  3. Barulah ketika komputer F mengirimkan data ke komputer B, maka router akan menruskan paket data tersebut ke komputer B.

Itulah lah tadi artikel dari ayoksinau.com mengenai Pengertian router, Fungsi Router dan Cara Kerja Router. Semoga bermanfaat bagi teman-teman sekalian.

Send this to a friend