Ekosistem Laut

Diposting pada

Penertian Ekosistem Laut

Ekosistem laut adalah sistem akuatik yang paling besar di planet bumi ini. Laut merupakan sekumpulan air yang sangat luas di permukaan bumi yang memisahkan atau juga menghubungkan suatu benua atau pulau bersama benua atau pulau yang lainnya. Umumnya perairan laut adalah massa air asin dengan kadar garam yang lumayan tinggi (rata-rata 3,45%). Laut adalah bagian dari samudera. Samudera merupakan bentangan air asin yang menutupi cekungan yang luas sekali.

Ekosistem Laut

Manfaat Ekosistem laut

  1. Tempat Rekreasi dan Hiburan

Indonesia mempunyai banyak sekali laut yang indah dan juga berpotensi guna pariwisata, salah satu contohnya yaitu Laut Bunaken. Laut Bunaken mempunyai pemandangan bawah laut yang indah dan menakjubkan, karena masih terjaga serta terumbu karang yang menjadi tempat hidup untuk ikan-ikan. Karena masih alaminya Laut Bunaken, maka para ikan akan tumbuh juga berkembang biak dengan baik maka akan bertambah indahnya isi Laut Bunaken. Maka tidak heran bila banyak wisatawan baik dari dalam atau wisatawan asing yang datang hanya untuk berkunjung.

  1. Pembangkit Listrik

Laut juga bisa kita manfaatkan untuk tenaga alam pembangkit listrik, dengan tenaga yang cukup besar (tenaga ombak, pasang surut air, angin, dan lain sebagainya) akan dapat menghasilkan listrik yang besar juga. Ini akan sangat bermanfaat bagi manusia karena dapat mengerjakan pekerjaan sehari hari dengan menggunakan tenaga listrik dari laut tersebut.

  1. Tempat Hidup Sumber Makanan Kita

Sebagian besar penduduk pesisir pantai hanya menggantungkan hidupnya pada hasil laut sebagai seorang nelayan. Setiap hari mereka pergi  menangkap ikan selepas itu hasilnya mereka jual guna memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri. Ikan juga termasuk salah satu bahan makanan yang sangat bermanfaat bagi manusia karena  ikan tersebut mengandung protein hewani yang cukup tinggi dibandingkan dengan sumber protein yang lainnya. Sebaiknya kita harus banyak mengonsumsi ikan, hal ini termasuk usaha guna memperbaiki gizi masyarakat untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas di masa yang akan datang nanti.

  1. Tempat Budidaya

Dengan perairan yang indah sekali, alami dan juga masih banyak ditumbuhi terumbu karang, maka laut yang seperti ini akan menarik perhatian ikan-ikan untuk  hidup di laut tersebut. Para nelayan bisa memanfaatkan laut guna tempat budidaya, seperti budidaya kerang mutiara, rumput laut, dan juga lain sebagainya.

  1. Sebagai Jalur Transportasi Air

Laut pun dipergunakan untuk jalur transportasi air. Kita dapat menuju ke benua manapun dengan melewati jalur laut, hal ini dikarenakan laut dapat diumpamakan sebagai jalan penghubung antar pulau. Jaman dulu, laut di gunakan oleh para pedagang, pelaut, sebagai jalur menuju tempat tujuan karena mereka masih belum ada kendaraan udara seperti pesawat yang sudah ada saat ini. Indonesia mempunyai letak yang strategis sebagai tempat persinggahan para pedagang, karena Indonesia ini terletak diantara dua samudera, yaitu Samudera Hindia dan Samudra Pasifik.

  1. Sebagai Tempat Cadangan Air Bumi

Laut berpotensi menjadi cadangan air bumi, bila air di daratan sudah habis maka mau tak mau kita akan  menggunakan air laut guna kebutuhan sehari hari.

  1. Salah Satu Sumber Air Minum (Desalinasi)

Sumber air minum tak hanya berasal dari darat saja, tapi laut pun juga bisa menghasilkan air guna kita konsumsi lewat proses desalinasi. Desalinasi merupakan proses menghilangkan kadar garam berlebih dalam air guna mendapatkan air yang bisa kita konsumsi manusia, binatang dan juga tanaman.

  1. Tempat Barang Tambang Berada

Di laut pun banyak terdapat barang barang tambang, misalnya saja minyak bumi. Minyak bumi adalah bentuk dari hewan hewan kecil yang telah mati berjuta tahun lalu lamanya. Minyak bumi sangat penting bagi manusia karena minyak bumi sendiri menjadi bahan bakar mesin yang dipakai oleh kita manusia. Apalagi saat masa modernisasi seperti ini, kebutuhan kendaraan yang berwujud mesin sangat dibutuhkan, sehingga kebutuhan minyak bumi pun cukup meningkat.

  1. Sebagai Objek Riset Penelitian dan Pendidikan

Laut mempunyai manfaat yang cukup penting  juga dalam bidang pendidikan, manfaat nya adalah sebagai objek riset penelitian. Laut memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah sehingga tidak akan ada hentinya para peneliti untuk menguak misteri yang terkandung didalam laut tersebut. Mulai dari hewan, tumbuhan, batuan, dan juga lain sebagainya.

  1. Tempat Membuang Sampah Berbahaya (Fungsi Buruk)

Ini adalah fungsi yang paling buruk dari laut. Sebenarnya kita tidak pernah menginginkan hal ini terjadi, tapi bila memang tak ada lagi tempat membuang sampah, laut pun terpaksa di gunakan sebagai tempat pembuangan sampah itu.

 

Ciri-Ciri Ekosistem Laut

Ekosistem laut adalah salah satu jenis dari ekosistem akuatik yang sudah mendominasi oleh suatu nilai pada konsentrasi garam yang kadarnya sangat tinggi, di atas permukaannya yang cukup luas. Salah satu bukti adalah saat kita memasuki ke dalam wilayah air laut lalu mencicipi sedikit airnya maka kita bisa merasakan rasa yang cukup asin dari air laut itu. Uniknya dari eksosistem laut ini yaitu hanya bisa ditinggali juga dihuni oleh makhluk biota laut saja. Seperti biasanya pada hewan yang mempunyai  sel satu, mamalia, invertebrata, dan berbagai macam tanaman yang ada pada dalam laut, misalnya saja tanaman rumput laut dan juga terumbu karang. Selain daripada itu masih banyak lagi beberapa ciri-ciri khusus pada ekosistem laut, antara lain yaitu dibawah ini :

  • Ciri-ciri yang pertama adalah ekosistem laut memiliki variasi suhu yang berbeda, perbedaan ini bisa dirasakan antara bagian permukaan air laut dengan bagian dalam air laut atau pun kedalaman pada air laut itu.
  • Ciri-ciri yang kedua adalah ekosistem laut mempunyai kadar garam larut pada air laut cukup tinggi dan juga tingkat keasinan maupun tingkat salinitas, bahkan bila air laut semakin dekat dengan garis khatulistiwa, maka tingkat keasinnnya akan semakin tinggi pula.
  • Ciri-ciri yang ketiga adalah ekosistem laut tak terlalu terpengaruh pada keadaan cuaca dan jugajuga ilklim.
  • Ciri-ciri yang keempat adalah seluruh air laut sangat diperbaharuhi oleh garam ataupun NaCl yang kadarnya mencapai 75%.

Demikianlah artikel dari ayoksinau.com mengenai pembahasan tentang Ekosistem Laut : Pengertian, Manfaat Beserta Cirinya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.