Alat Reproduksi Pria

Diposting pada

Pengertian Alat Reproduksi Pria

Alat reproduksi merupakan alat yang digunakan untuk proses reproduksi manusia. Baik wanita ataupun pria pasti mempunyai alat reproduksi, dan alat reproduksi itu yang nantinya digunakan untuk menghasilkan generasi penerus mereka.

alat reproduksi pria

Tanpa ada alat reproduksi sangatlah mustahil akan terjadi penerusan generasi dalam keluarga itu. ada dua jenis alat reproduksi yang nantinya akan kita dibahas, alat reproduksi tersusun dari dua jenis yakni alat reproduksi dalam dan juga alat reproduksi luar. bagi laki laki terdiri dari penis dan juga skrotum sebagai alat reproduksi bagian luar dan juga testis, epididymis, prostat, vesika seminalis, vas deferens dan juga kelenjar bulbouretral sebagai alat reproduksi bagian dalam. sebaliknya untuk wanita terdiri dari vagiana, labia mayora, labia minora mons pubis dan klitoris untuk alat reproduksi bagian luar dan ada ovarium, tuba falopii maupun oviduk dan juga uterus ataupun Rahim sebagai alat reproduksi bagian dalam.

Reproduksi Pria

Sudah tidak biasa lagi mengenai pembahasan alat reproduksi manusia pada pria yang mempunyai beberapa bagian yang akan membantu  berjalannya proses reproduksi pada pria yang akan melalui berbagai saluran dan juga akan membantu proses untuk memproduksi sperma yang akan digunakan untuk membuahi sel telur hingga akan terbentuklah sebuah janin. Begitu penting juga alat reproduksi pada pria yang sebaiknya untuk dijaga dan jauhkan dari yang membahayakan pada alat kelamin pria.

Alat repduksi pada pria terdiri dari penis, skrotum, testis, epididimis, vas deference, dan juga kelenjar kelamin yang akan membantu saluran pada alat reproduksi pria.

Berikut ini penjelasan dari beberapa bagian alat kelamin pada pria

1.penis

Menurut bahasa penis berasal dari kata Phallus yang mempunyai arti sebagai ekor. Penis merupakan organ bagian luar dari alat reproduksi, karena penis berada dibagian luar, penis dapat di kita lihat dengan mata tanpa bantuan alat apapun. Pada bagian reproduksi penis ini mempunyai jaringan erektil yang sangat besar. Jaringan tersbut tersusun dari tiga jaringan, disetiap jaringan mengandung pembuluh darah yang jumlahnya cukup besar dan beranastomosa.

Di dalam penis terdapat beberapa bagian yang yakni :

korpus kavernosa – ialah jaringan ini merupakan kumpulan jaringan erektil dorsal yang terdiri dari dua kumpulan itu dapat jembatan dengan jenis jaringan yang dapat dibilang sama.

Korpus spongiosum – Jaringan ini adalah jaringan vertal yang lebih kecil di bandingkan jaringan yang lain. Jaringan ini terletak didekat urerta dan juga jaringan ini berguna untuk melindungi uretra, karena kompenen pada jaringan ini membungkus uretra.

Gland penis – Gland penis merupakan bagian penis yang berada di ujung penis.

sebaliknya pada kavernosa, pada bagian badan kavernosa juga kelilingi oleh jaringan yang padat, jaringan itu merupakan jaringan penyambung yang dinamakan tunika albuginea. Sedangkan pada uretra dalam penis juga dilindungi oleh jaringan erektil yang mempunyai banyak rongga-rongga yang mengandung banyak pembuluh darah. Darah pada penis ini akan di terima oleh arteria penis dan akan membentuk cabang untuk membentuk arteria dorsal dan juga arteri pada bagian dalam yang mempunyai pasangan ataupun berpasangan. Pada bagian penis ia mempunyai darah yang melimpah, karena penis adalah organ yang memiliki suplai darah yang cukup melimpah pada urat saraf spinal, parasimpatik dan juga pada saraf simpatik, serta pada organ ujung sensoris lainnya.

Fungsi Penis

    Sebagai tempat pembuangan untuk jalur air seni di buang – Penis adalah saluran, seperti hal nya sebuah pipa, ia akan dimanfaatkan untuk membuang kotoran yang berada di dalam. melewati penis, kotoran ataupun air seni dapat disalurkan keluar agar tidak terjadi penyakit di dalamnya Dapat digunakan untuk alat senggama

  • Skrotum

Skrotum adalah alat yang digunakan untuk membungkus testis. Letak skrotum yaikni diantara penis dan juga anus. Skrotum berada di depan perineum. Skrotum ada dua, pasang, ada skrotum kanan dan juga skrotum kiri pada bagian ini krotum terbatasi oleh jarignan ikat dan juga otot dartos. Otot ini mempunyai fungsi sebagai alat gerak bagi skrotum hingga skrotum dapat mengendur dan juga dapat mengerut. Pada bagian skrotum juga mempunyai serat-serat yang berasal dari penerusan otot luring dari dinding perut ataupun biasa disebut dengan otot kremaster

Fungsi dari skrotum

  • Memberikan lingkungan pada testis yang mempunyai suhu dingin antar 1-80C lebih dingin bila berbanding dengan suhu pada tubuh
  • pengatur suhu pada testis agar tetap terjaga
  • memberikan ruang untuk testis agar dapat bergerak. dengan Baik bergerak menjahui tubuh ataupun bergerak mendekati tubuh.

 

  • Testis

Testis ialah organ reproduksi pria yang berada di dalam organ reproduksi, testis ini mempunyai berbentuk oval dan juga testis berada di bagian daalam skrotum, seperti telah kitajelaskan tadi bahwa skrotum ialah alat yang difungsikan  untuk menjaga testis agar tetap mempunyai suhu yang sesuai dengan suhu pada lingkungannya.

Fungsi testis

  •     difungsikan untuk alat penghasil spermatozoa ataupun sel kelamin jantan
  •     Sebagai alat untuk memproduksi hormone seks testrosteron
  •     Menjaga suhu agar spermatogenesis tetap terjadi

 

  • Epididimis

Bagian ini ialah bagian anngota pada alat reproduksi yang mempunyai bentuk seperti saluran yang berbelok,belok, saluran epdidimin berada pada skrotum dan juga terletak diluar testis. Bila kita dilihat epdidimis ini berbentuk hampir seperti huruf C

  • Fungsi epididimis
  •     berfungsi sebagai lat penyimpanan
  •     Bagian saluran epdidimis merupakan alat untuk pengangkutan
  •     Epdidimis adalah tempat untuk pematangan sperma

 

  • Vas deferens

vas deferens adalah saluran organ reproduksi, vas deferens biasa bentuk seperti tabung.

Fungsi vas deferens

  •     sebagai saluran sperma ke veskula
  •     tempat untuk penampungan sperma
  •     tempat untuk proses pematangan sperma

    kelenjar prostat merupakan organ reproduksi pria yang terletak dibawah kandung kemih. Kelenjar ini berfungsi untuk mensekresikan cairan yang ada didalam kelenjar ini. cairan ini dan juga cairan pada seminalis berguna untuk tempat ruang gerak sperma itu ialah beberapa dari organ kelamin maupun alat reproduksi pria serta dengan berbagai fungsinya, berikutnya akan dirincikan alat reproduksi bagi wanita beserta beberapa penjelasannya.

Disfungsi ereksi Disfungsi ereksi maupun impotensi adalah ketidak mampuan pria dalam menjalankan atau melindungi ereksi saat berhubungan seksual. Kondisi ini sering terjadi diakibatkan oleh stres dan juga kecemasan berlebih, selain itu juga dapat pengeruh oleh komsumsi obat-obatan jangka panjang, serta riwayat penyakit jantung dan juga diabetes.

Hipospadia

Hipospadia timbul ketika uretra ataupun saluran tempat keluarnya urine berada di tempat tidak normal, yakni bukan di ujung penis tetapi pada bagian bawahnya. Kondisi ini adalah penyakit bawaan sejak lahir yang perlu diatasi dengan tindakan operasi. Jika operasi dengan berjalan lancar, pria dapat melancarkan aktivitas seksual seperti biasa.

 Kriptorkismus

Kriptorkismus merupakan kondisi ketika salah satu ataupun kedua testis tidak terlihat akibat tidak terjadinya penurunan testis ke tempat seharusnya.

Kriptorkismus adalah penyakit bawaan sejak lahir yang biasanya banyak dialami pada bayi yang baru lahir secara prematur. Orkidopeksi menjadi salah satu operasi yang ampuh dalam mengatasi kriptorkismus.

Demikianlah artikel dari ayoksinau.com menenai Alat Reproduksi Pria, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuaya.