Pengertian Kehamilan : Gambar, Struktur, Tanda, Fungsi

Diposting pada

Pengertian

Kehamilan ialah serangkaian proses yang dialami oleh wanita yang dimulai dengan pertemuan antara sel telur dan sel sperma di dalam indung telur (ovarium) wanita, lalu berlanjut ke penyusunan zigot, perlekatan ataupun menempel di dinding rahim, penyusunan plasenta, dan pertumbuhan juga perkembangan hasil konsepsi sampai cukup waktu (aterm).

Gambar kehamilan

Pengertian-Kehamilan-:-Gambar,-Struktur,-Tanda,-Fungsi

Kehamilan adalah sebuah proses alami pada manusia, dan bukan menjadi proses patologis, kecuali keadaan tertentu. Masa kehamilan dimulai pada masa konsepsi sampai lahirnya janin. waktu kehamilan pada umumnya ialah 280 hari ataupun 40 minggu atau 9 bulan 10 hari.

Masa kehamilan terbagi menjadi 3 fase, yakni triwulan pertama yang adalah masa kehamilan ibu pada bulan kesatu sampai ketiga, triwulan kedua yang ialah bulan keempat kehamilan sampai bulan keenam, dan triwulan ketiga yang mencakupi bulan ke tujuh sampai dengan bulan kesembilan. Pada masa kehamilan ini  sering terjadi perubahan pada ibu, baik bentuk fisik ataupun mental maupun psikologis ibu.

penjelasan, Fungsi, Proses, Siklus

penjelasan Kehamilan, Proses Kehamilan, Perkembangan Kehamilan, Tanda Kehamilan

Tanda-Tanda Kehamilan

Menurut para doktor, tanda-tanda kehamilan terbagi kedalam 3 kelompok, yakni tanda dugaan kehamilan (seseorang masih diduga hamil jika terdapat tanda ini pada tubuhnya), tanda-tanda tidak pasti hamil, atau tanda-tanda pasti hamil. Tanda-tanda tersebut ialah :

  1. a) Amenorea (tidak timbul haid/menstruasi)

Pada wanita yang tidak hamil, proses normal pada organ reproduksinya ialah terjadi didalam ovarium dimana ditemukan pertumbuhan atau perkembangan folikel de Graff dan pematangan sel-sel telur. Namun pada saat hamil, sel sperma yang telah membuahi sel telur akan menghambat penyusunan folikel de Graff, hingga otot-otot dinding rahim yang biasanya pada wanita tidak hamil akan luruh atau lepas, pada wanita hamil, akan tetap supaya hasil konsepsi dapat tertanam dalam otot dinding rahim tersebut.

  1. b) Mual dan Muntah

Mual dan juga muntah yang berlebihan pada ibu hamil diakibatkan oleh meningginya produksi estrogen dan progesterone. Kedua hormone tersebut dapat mendatangkan produksi asam lambung yang berlebihan, sehingga timbullah mual dan juga muntah.

  1. c) Ngidam

Sering pada wanita hamil ditemukan kondisi dimana banyaknya keinginan yang diminta oleh ibu hamil. Keinginan tersebut dinamakan dengan ngidam

  1. d) Payudara Sakit dan Tegang

Seperti pada mual ataupun muntah, pengaruh hormone estrogen juga progesterone ditambah dengan hormone somatomamotrofin bisa merangsang timbulnya lemak, air juga garam pada payudara wanita. Hal ini menyebabkan terjadinya payudara menjadi tegang. Lalu, tegangnya payudara dapat menimbulkan pembuluh darahnya, sehingga menimbulkan rasa sakit

  1. e) Sering Buang Air Kecil

Hal ini pengaruh oleh desakan yang dibuat oleh janin yang terdorong ke depan, sehingga mengapit kadung kemih dan seakan kandung kemih cepat penuh.

  1. f) Konstipasi

akibat hormone progesterone terjadinya gangguan aktifitas peristaltic usus (gerakan yang menimbulkan terjadinya dorongan didalam  usus), sehingga menyebabkan terjadinya gangguan buang air besar.

  1. g) Pigmentasi Kulit

mempunyai pigmentasi (zat warna kulit) di sekitar pipi (cloasma gravidarum). Selain itu, garis-garis di sekitar perut seperti striae albican, striae livide juga linia nigra  akan semakin menghitam. Selain itu, di sekitar areola (sekitar putting susu) juga terjadi penghitaman.

  1. h) Epulis

hal ini terjadi karna adanya hipertrofi (tingginya pertumbuhan sel) gusi yang terjadi pada masa kehamilan.

demikian artikel mengenai penjelasan tentang Pengertian Kehamilan : Gambar, Struktur, Tanda, Fungsi, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.