Unsur-Unsur Komunikasi (LENGKAP)

Posted on

Komunikasi antar manusia hanya dapat terjadi jika ada seseorang yang menyampaikan pesan kepada orang lain tujuan tertentu, itu artinya komunikasi hanya bisa terjadi kalau didukung oleh adanya sumber, penerima,  pesan, media, dan efek . unsur-unsur ini dapat juga disebut komponen atau elemen komunikasi.

Sumber

Semua peristiwa komunikasi akan meliinatkan sumber sebagai pembuat atau pengirim ineormasi. Dalam komunikasi antarmanusia, sumber dapat terdiri dari satu orang, tetapi dapat juga dalam bentuk kelompok misalnya partai, organisasi dan lembaga. Sumber sering disebut pengirim, komuniikator atau dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan source, sender, atau encoder.

Pesan

Pesan yang dimaksud dalaam proses komunikasi ialah sesuatu yang disampaikan pengirim kepada penerima. Pesan bisa disampaikan dengan cara tatap muka ataupun melalui media komunikasi. Isinya bisa berupa ilmu pengetahuan, informasi,  hiburan, nasihat atau propaganda. Dalam bahasa inggris pesan diartikan dengan kata massage, content atau inforrmasi (Hafied Cangara, 2008;22-24).

Media

Media adalah alat sarana yang digunakan guna menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak. Ada beberapa ahli psikologi memandang bahwa dalam komunikasi antarmanusia, media yang paling dominan dalam berkomunikasi ialah pancaindra manusia misalnya  mata dan teliga. Rapat biasanya dipakai untuk membicarakan hal-hal penting yang dihadapi oleh suatu organisasi. Seminar ialah media komunikasi kelompok yang biasa dihadiri 150 orang. Konferensi ialah media komunikasi yang dihadiri oleh anggota dan juga pengurus dari organisasi tertentu. Ada juga orang dari luar organisasi, akan tapi biasanya dalam status peninjau. Media publik, kalau khalayak lebih dari 200-an orang, maka media komunikasi yang diigunakan biasanya disebut media publik. Misalnya rapat akbar, rapat raksasa dan lainnya. Media massa, apabila khalayak tersebar tanpa diiketahui di mana mereka berada, maka biasanya digunakan media massa. Media massa merupakan alat yang digunakan dalam penyampaian pesan dari sumber kepada khalayak (penerima) dengan menggunakan aalat-alat komunikasi mekanis seperti surat kabar, radio,  film, dan televisi (Hafied Cangara, 2008;123-126).

Penerima

Penerima merupakan  pihak yang menjadi sasaran pesan yang dikirim oleh sumber.  Penerima dapat terdiri satu orang atau lebih, bisa dalam bentuk kelempok, partai atau negara. Penerima biasa disebut jga dengan berbagai macam istilah, misalnya khalayak, sasaran, komunikan, atau dalam bahasa Inggris disebut audiience atau receiver. Dalam proses komunikasi telah dipahami bahwa keberadaan penerima ialah akibat karena adanya sumber. Tidak adanya penerima apabila tidak ada sumber. Penerima ialah elemen penting dalam proses komunikasi, karena dialah yang menjadi sasaran dari komunikasi. apabila suatu pesan tidak diterima oleh penerima, akan menimbulkan berbagai macam masalah yang sering kali menuntut perubahan, apakah pada sumber, pesan, dan saluran.

Pengaruh atau efek

Pengaruh atau efek merupakan perbedaan antara apa yang diipikirkan, dirasakan, dan dilakukan oleh penerima sebelum dan sesudah menerima pesan. Pengaruh ini bisa terjadi pada pengetahuan, siikap dan tingkah laku seseorang. Oleh sebab itu, pengaruh bisa juga diartikan perubaahan atau pengetahuan, sikap, dan tindakan seseorang sebagai akibat penerimaan peesan (Hafied Cangara, 2008;22-27).

Sekian artikel dari ayoksinau.com pembagasan mengenai Unsur-Unsur Komunikasi (LENGKAP), semoga manmbah wawasan anda semuanya.

baca juga artikel dibawah ini;