Sejarah Olimpiade Di Dunia Yang Harus Anda Ketahui | Ayok Sinau

Posted on

Sejarah Olimpiade Di Dunia – Pertandingan Olimpiade merupakan ajang pekan olahraga internasional 4 tahun sekali yang mempertandingkan beberapa cabang olahraga di musim dingin dan musim panas serta diikuti oleh ribuan atlet yang siap erkompetisi dalam pertandingan berbagai cabang olahraga. Olimpiade yaitu kompetisi olahraga terbesar di dunia dan lebih dari 200 negara ikut berpartisipasi dalam ajang ini.

gambar sejarah olimpiade di dunia

Olimpiade awalnya diadakan di Yunani kuni hingga pada thn 393 M Olimpiade ini dihentikan atau ditiadakan oleh Kaisar Romawi Theodosius pada waktu itu. Olimpiade dihidupkan atau diadakan kembali oleh Pierre Fredy Baron de Coubertin yang merupakan  angsawan dari Perancis tahun 1896. Kemudian dalam kongres tahun 1894 didirikanlah Komiter Olimpiade Internasional pada di Paris. Dan kota Athena dipilih sebagai tuan rumah olimpiade pertama ini pada tahun 1896.

Hingga sekarang, empat tahun sekali Olimpiade Musim Panas selalu diadakan kecuali pada masa Perang Dunia II. Sedangkan edisi khusus pada Olimpiade Musim Dingin, mulai diadakan pada tahun 1924.

Pada mulanya Olimpiade Musim Dingin diadakan setiap empat tahun sekali, akan tetapi sejak tahun 1994 selang waktunya hanya menjadi dua tahun saja dari penyelenggaraan Olimpiade Musim Panas.

Perubahan yang dilakukan oleh IOC di abad 20 dan 21 telag menyebabkan perubahan pada penyelenggaraan Olimpiade. Ada beberapa penyesuaian yang dilakukan seperti penciptaan Olimpiade Musim Dingin untuk olahraga salju dan es, Olimpiade Remaja untuk atlet remaja, dan Paralimpiade untuk atlet yang kekurangan fisik.

Baca juga :

Olimpiade sudah banyak mengalami masalah seperti penyuapan, pemboikotan, terorisme, dan penggunaan obat-obatan. Olimpiade ini juga merupakan kesempatan besar bagi para negara tuan rumah untuk menunjukkan dirinya pada dunia.

Sejarah Olimpiade modern pertama dipelopori oleh Dr. William Penny Brookes. Ajang olahraga pertama adalah L’Olympiade de la Republique, yakni sebuah festival olahraga nasional pada tahun 1796 hingga 1798 pada masa Revolusi Perancis. Dalam pelaksanaan ajang ini, ada beberapa peraturan yang berlaku dan diterapkannya sistem metrik ke cabang olahraga.

Sebuah Kelas Olimpiade berdiri pada tahun 1850 dan dicetuskan oleh Dr. William Penny Brookes di Inggris. Kemudian Dr Brookes mengganti Kelas Olimpiade menjadi Olimpiade Wenlock pada tahun 1859 dan sampai sekarang ajang tersebut masih diselenggarakan.

Pada tahun 1862 dan tahun 1867, diadakan ajang Grand Olympic Festival di Liverpool. Ajang yang dipelopori oleh Charles Melly dan John Hulley, ini merupakan ajang olahraga pertama yang bersifat internasional walaupun atlet yang bermain kebanyakan adalah atlet amatir.

Setelah Olimpiade pada tahun 1896 sukses, Olimpiade memasukan masa stagnasi yang mengancam keberlangsungannya tersebut. sebab pada Olimpiade Paris 1900 dan Olimpiade St. Louis, Paris tidak memiliki stadion, akan tetapi ini merupakan olimpiade pertama yang wanita boleh ikut serta dalam pertandingan.

Dan sampai sekarang ini Olimpiade masih diselenggarakan dan banyak sekali negata yang ikut serta. Keseruan dan gairah para warga dunia yang mengikuti kompetisi selalu dicerminkan dari para pendukungnya serta penonton setia yang selalu antusias menyaksikan Olimpiade.

Nah gimana, sekarang sudah tau bukan Sejarah Olimpiade di Dunia. supaya anda tidak bingung mencari ulasan lainnya, kunjungi terus ayoksinau.com

Baca juga ulasan lainnya :