Peranan Dan Dampak Dari Ilmu Alamiah Dan Teknologi

Posted on

Peranan ilmu alamiah dan teknologi

Dalam kehidupan manusia saati ini tidak terlepas dari ilmu alamiah dan ilmu terapannya berupa teknologi dalam berbagai bidang, contohnya sejak dalam masa kehamilan, manusia sudah mendapat perawatan khusus secara medis melalui pemeriksaan berkala di tempat-tempat pelayanan kesehatan lalu mendapat vaksinasi untuk mendapatkan kekebalan tubuh dari berbagai macam penyakit. Dan jika terindikasi penyakit maka akan diberikan obat oleh dokter ataupun bidan. Ilmu kedokteran merupakan ilmu terapan dari ilmu Biologi begitu juga handphone, pakaian, kendaraan merupakan hasil dari teknologi. Ilmu alamiah murni memang tidak lagsung mempunyai peranan dalam kehidupan manusia secara langsung, tetapi antara ilmu  murni dengan ilmu terapan  memiliki  kaitan yang cukup dekat. Dari konsep atau prinsip ilmu murni dapat dikembangkan menjadi ilmu terapan. Begitupun sebaliknya teknologi atau ilmu terapan memberikan memberikan sumbangan penemuan-penemuannya kepada prinsip atau hukum-hukum baru dan seterusnya.

Memang pada awalnya diantara ilmu alamiah dan ilmu terapan  itu tidak selalu memiliki hubungan, misalnya dulu manusia membuat kapal sebagai kebutuhan dan belum meggunakan ilmu terapan atau teknologi dalam membuat kapal. Namun pada waktu yang secanggih ini ketikaseseorang ingin membuat kapal orang harus menguasai beberapa ilmu yakni ; ilmu murni, konstruksi baja, hokum Archimedes dan lain-lain. Agar kapal terbentuk secara baikdan dapat mengapung di lautan yang luas.

Peranan dan dampak yang di timbulkan dari ilmu alamiah dan teknologi atau Ilmu terapan akan coba disajikan oleh ayoksinau.com secara singkat dan jelas sebagai berikut ;

1. Peranan Secara Materi

Bahwasannya telah diartikan bahwa manusia dalam kehidupan ini memerlukan yang namanya materi yang berasal dari biotis ataupun nonbiotis. Materi biotis biasanya didapat dari benda yang hidup seperti protein, sedangkan materi yang berasal dari nonbiotis yakni oksigen dan benda-benda yang dipakai sehari-hari. Benda-benda tersebut merupakan olahan dengan menggunakan teknologi contohnya materi dari zat besi dapat menjadi peralatan kendaraan ataupun benda yang lainnya.

2. Peranan Secara Energi

Di zaman yang modern ini, manusia menggunakan energi yang sangat banyak. Mulai dari alat transportasi maupun industri menggunakan energi dan tak tertinggal juga rumah tangga yang membutuhkan banyak sekali energi dalam kesehariannya, diantaranya kulkas, kompor,  AC, setrika, dan lain-lain. Energi tersebut berwujud dalam bermacam bentuk yakni seperti bentuk gerak, panas, kimia, cahaya dan sebaginya, energi juga dapat berubah bentuk. Seperti energi panas yang dapat berubah menjadi energi mekanik yang dicontohkan air menjadi uap atau contoh lainya energi kimia bisa berubah menjadi energi cahaya yang biasanya kita lihat di lampu yang mengeluarkan cahaya dari energi baterai yang merupakan olahan bahan kimia.

Dampak ilmu alamiah dan teknologi

Dampak yang muncul dari ilmu alamiah dan teknologi yang sudah dikembangkan oleh manusia pada saat ini adalah dalam rangka memenuhi kebutuhan sehingga terlihat lebih praktis dan sangat menyenangkan tetapi malah menimbulkan dampak negatif karena memiliki efek samping yang bisa saja membawa bencana bagi manusia itu sendiri. Maka dari itu manusia selalu melakukan penelitian untuk mengembangkan ilmu alamiah dan teknologi agar dampak negatif dari ilmu alamiah dan teknologi dapat diatasi walaupun sudah ada beberapa dampak yang dapat kita lihat, diantaranya :

  1. Dampak tehadap kebutuhan pokok
  2. Dampak terhadap SDA (Sumber Daya Alam)
  3. Dampak terhadap industri
  4. Dampak terhadap alat transportasi dan alat komunikasi

Demikianlah penjelasan ayoksinau.com mengenai Peranan Dan Dampak Dari Ilmu Alamiah Dan Teknologi, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga : Relevansi Antara Ilmu Pengetahuan Dan Agama Islam