Pengertian Integritas Menurut Para Ahli Beserta Penjelasan Lengkap | Ayoksinau.com

Posted on

Pengertian Integritas – Anda pasti sering mendengar kata integritas bukan? Hal yang pertama kali terbayang di pikiran penulis adalah berkaitan dengan permasalahan kepemimpinan. Permasalalahan tentang kepemimpinan memang sering kali dikaitkan dengan istilah integritas. Terdapat banyak ahli manajemen yang menyatakan bahwa setiap pemimpin yang sukses dan berhasil sesuai dengan apa yang diinginkan adalah karena selalu didasari atau dilandasi dengan integritas yang tinggi. Tanpa integritas yang tinggi, sudah pasti kepemimpinan yang dilaksanakan oleh pemimpin tersebut tidak akan berhasil atau sesuai dengan rencana. Lalu, menurut Anda integritas itu apa? Baiklah pada kesempatan kali ini Ayoksinau.com akan memaparkan arti kata integritas.

Pengertian Integritas Menurut Para Ahli Beserta Penjelasan Lengkap

Pengertian Integritas

Kata integritas berasal dari bahasa Latin yakni dari kata “Integer” yang berarti “lengkap atau utuh”. Jika  kita artkan dari asal katanya tersebut, maka integritas dapat kita artikan sebagai suatu usaha yang utuh dan lengkap yang dilandasi dengan kejujuran, kualitas, serta konsistensi karakter dari seseorang tersebut.

Secara umum Integritas diartikan sebagai sebuah konsistensi dan keteguhan yang tidak tergoyahkan dalam menjunjung tinggi nilai-nilai luhur serta keyakinan. Integritas juga dapat diartikan sebagi suatu konsep yang menatap konsistensi antara suatu tindakan dengan nilai atau prinsip. Dalam sudut pandang etika, integritas dikatakan sebagai kejujuran atau kebenaran dari setiap tindakan seseorang. Lawan kata dari integritas adalah hipocrisy (munafik).

Seseorang dapatdikatakan “memiliki integritas” apabila tindakan yang dilakukan oleh seseorang tersebut telah sesuai dengan nilai, prinsip serta keyakinan yang dipegangnya. Perumpamaan mudahnya ciri seorang yang memiliki integritas adalah ditandai dengan kata-katanya yang selalu benar atau dapat dipegang selaras dengan perbuatan yang dilakukannya. Seorang yang memiliki integritas adalah tipe manusia yang tidak memilki banyak wajah, serta penampilannya disesuaikan dengan kepentingan pribadinya. Integritas menjadi kunci utama karakter seorang pemimpin. Seorang pemimpin yang memiliki integritas akan mendapatkan kepercayaan (trust) dari bawahannya atau dari orang-orang yang ia pimpin. Pemimpin yang memiliki integritas selalu dipercayai karena apa yang Ia ucapankan selalu sesuai dengan  tindakannya.

Baca juga:

Pengertian Karakter | Penjelasan Lengkap Menurut Para Ahli – Ayoksinau.com

Pengertian Kompetensi Menurut Para Ahli | Ayoksinau.com

Pengertian Integritas Menurut Para Ahli

Sebenarnya banyak sekali pendapat para ahli tentang arti kata integritas, akan tetapi hanya beberapa saja yang dapat Ayoksinau.com tuliskan di artikel ini sebagai bahan pertimbangan Anda dalam mendeskripsikan pengertian integritas. Adapun beberapa pendapat tersebut adalah sebagai berikut.

  • Menurut Henry Cloud, integritas adalah upaya seseorang untuk menjadi orang yang utuh walaupun di setiap bagian dirinya berbeda. Integritas juga diartikan sebagai orang yang selalu bekerja dengan baik dan selalu menjalankan tugasnya sesuai dengan apa yang telah direncanakannya sebelumnya. Integritas sangat berkaitan dengan keefektifan serta keutuhan seseorang sebagai seorang manusia.
  • Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, integritas dapat diartikan sebagai sifat, mutu dan keadaan yang menggambarkan suatu kesatuan yang utuh, sehingga mempunyai potensi dan kemampuan yang selalu memancarkan kejujuran dan kewibawaan.
  • Menurut Ippho Santoso, integiras ialah menyatunya perkataan, pikiran, serta perbuatan agar dapat melahirkan kepercayaan. Jika dilihat dari asal katanya, integritas mempunyai makna berbicara secara lengkap dan utuh seutuh-utuhnya.
  • Menurut Andreas Harefa, yang dimaksud dengan integritas adalah 3 hal yang selalu dapat kita amati, yaitu memenuhi komitmen, menunjukkan kejujuran, dan mengerjakan sesuatu dengan penuh konsisten.

Integritas Nasional

Selain dihubung-hubungkan dengan masalah kepemimpinan, istilah integritas juga sering dihubung-hubungkan dengan kata nasional. Nah, sekarang yang menjadi pertanyaan adalah apa itu integritas nasional?

Dalam artian secara sederhana, integritas nasional adalah integritas yang digunakan dalam menjalankan sebuah negara. Sedangkan dalam arti luas, integritas nasional dapat diartikan sebagai hasrad atau pun kesadaran yang muncul secara berkelanjutan dari individu atau orang yang tinggal, menertap dan suatu negara untuk dapat mengembangkan negara yang ditinggalinya tersebut agar bisa menjadi lebih baik dan lebih maju lagi.

Di negara Indonesia sendiri, integritas nasional pun pernah terjadi secara bersamaan atau serempak yaitu pada 28 Oktober 1928, tepatnya pada saat hari Sumpah Pemuda pada waktu itu. Pada saat itu, seluruh pemuda di Indonesia bersatu dan bekerja sama untuk melawan penjajah untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Itulah pemaparan dari Ayoksinau.com tentang Pengertian Integritas, semoga apa yang Ayoksinau.com paparkan di atas dapat bermanfaat bagi Anda. Kunjungi terus Ayoksinau.com untuk menambah wawasan anda. Terimakasih.

Artikel menarik yang harus Anda baca:

Macam-Macam & Manfaat Bioteknologi Bagi Kehidupan Manusia | Ayoksinau.com

Pengertian Karakter | Penjelasan Lengkap Menurut Para Ahli – Ayoksinau.com

Pengertian Ideologi – Sudahkah Anda Mengetahuinya | Ayoksinau.com

13+ Gunung Tertinggi Di Pulau Jawa & Ketinggiannya | Ayoksinau.com