Pengertian Bioma – Macam, Fungsi & Ciri-Cirinya Lengkap | Ayoksinau.com

Posted on

Pengertian Bioma – Pada pembahasan kali ini kita akan membahas pelajaran biologi tentang bioma. Sudahkah dari kalian ada yang mendengar tentang bioma? Serta apa saja macam-macamnya. Jadi pada kali ini kita akan mempelajari tentang apa itu bioma, apa saja macam macam bioma, serja fungsi dari bioma itu sendiri.

Pengertian Bioma

gambar bioma

Bioma merupakan suatu ekosistem besar yang terbentuk karena kesamaan dari sifat geografis dan iklim yang ada di bumi. Bioma sendiri terdiri dari ekosistem-ekosistem besar dari kumpulan flora dan fauna yang khas. Akan tetapi pada umumnya bioma terdiri dari produsen, konsumen dan penguraian atau (decomposer) yang didalamnya terjadi proses atau siklus  yang diawali oleh tumbuhan.

Faktor penentu bioma bisa saja dari struktur tumbuhan, jarak antar tumbuhan dan juga dari jenis daun serta iklim yang ada. Akan tetapi bioma tidak dapat dibedakan menurut kesamaan sejarah, zona flora fauna dan genetiknya.

Pada bioma sendiri banyak makhluk hidup yang menunjukkan adaptasi yang serupa untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Macam Macam Bioma

Apabila diamati secara detail bioma yang ada didunia sangatlah banyak. Akan tetapi yang diakui dan diterima secara luas hanya 6. Macam macam bioma tersebut diantaranya adalah sebagai berikut

1. Bioma Stepa (Bioma Padang Rumput)

Bioma stepa atau sering disebut dengan bioma padang rumput merupakan bioma yang menjadikan padang rumput sebagai flora utamanya. Bioma stepa ini banya tersebar di benua Australia, Amerika Utara, Asia dan Indonesia. Persebaran bioma stepa ini terdapat pada daerah daerah yang memiliki curah hujan yang tinggi.

Ciri-ciri bioma stepa adalah sebagai berikut

  • Tersebar di tanah pasir tandus yang tidak mengandung air.
  • Memiliki kelembaban udara yang rendah
  • Curah hujan yang rendah yaitu sekitar kurang lebih 25 mm/tahun
  • Penguapan yang tinggi dan lebih cepat dari hujan
  • Suhu udara disiang hari sekirat 45 derajar celcius dan pada malam hari sekitar 0 derajat celcius.

2. Bioma Taiga

Bioma taiga adalah jenis bioma yang luas apabila dibandingkan dengan bioma yang lainnya. Bioma taiga ini sangat didominasi oleh tumbuhan pinus dan cemara. Bioma ini juga mempunyai rawa-rawa  dan danau, akan tetapi tumbuhan yang basah hampir jarang ditemui pada jenis bioma taiga ini. Hewan yang ada pada bioma ini diantaranya seperti rubah, beruang, serigala, rubah dan tikus dan juga burung-burung yang sering bermigrasi ke selatan ketika terjadi musim gugur.

Bioma taiga ini banyak terdapat didaerah belahan bumi utara yaitu di negara kanada, rusia dan siberia utara.

Ciri-ciri bioma taiga adalah sebagai berikut

  • Selama terjadi musim dingin, air pada tanah akan berubah menjadi es yang akan mencapai 2 meter dibawah permukaan tanah.
  • Jenis tumbuh-tumbuhan yang hidup sangatlah sedikit
  • Musim panas yang berlangsung sangat singkat, sedangkan musim dingin berlangsung lama.

Baca juga :

3. Bioma Tundra

Bioma tundra akan dapat terbentuk karena lingkungan alam yang gelap atau tidak mendapatkan cahaya matahari selama berbulan-bulan. Pada bioma tundra ini kita tidak akan menemukannya di pepohonan, akan tetapi hanya sebatas tumbuhan yang kecil-kecil seperti lumut dan rumput.

Hewan-hewan yang ditemukan di bioma tundra ini diantaranya seperti beruang, burung hantu, rusa kutub dan burung hantu. Berdasarkan pembagian iklimnya, bioma tundra ini ada dikawasan iklim es yang abadi dan iklim tundra.

Ciri-ciri bioma tundra adalah sebagai berikut

  • Hampir ada didaerah yang wilayahnya tertutup oleh salju atau es
  • Usia tumbuh-tumbuhan yang sangat pendek atau berkisar sekitar 30-120 hari
  • Memiliki musim dingin yang panjang dan gela serta musim panas yang panjang.

4. Bioma Gurun

Bioma gurun, bioma ini dikatakan sebagai bioma gurun karena suatu wilayahnya tidak menerima curah hujan yang sedikit atau berkisar sekitar 250 mm/tahun. Bioma gurun ini sangatlah tidak mendukung kehidupan.

Persebaran dari bioma gurun ini terletak di tengah-tengah benua, hal tersebut dikarenakan sebagian besar merupakan daerah bayangan hujan.

Makhluk hidup yang hidup pada bioma ini adalah makhluk hidup yang tahan terhadap kekeringan seperti tumbuhan kaktus, ular pengerat dan reptil lain yang tahan kekeringan.

Ciri-ciri bioma gurun adalah sebagai berikut

  • Kelembaban udara yang sangat rendah
  • Tanah pasir yang sangat tandus serta tidak dapat menampung air
  • Tingkat deflasi yang tinggi
  • Proses penguapa yang tinggi dan lebih cepat dibandingkan dengan hujan
  • Memiliki curah hujan yang sangat rendah.

5. Bioma Hutan Hujan Tropis

Bioma hutan hujan tropis adalah bioma yang terdapat di daerah sekitar khatulistiwa, yaitu berupa hutan yang basahh dan lembab. Bioma ini dikatakan sebagai bioma hujan tropis dikarenakan letaknya didaerah dengan iklim tropis serta memiliki curah hujan yang tinggi.

Persebaran dari bioma hutan hujan tropis ini diantaranya di Afrika Tengah, Kango, Asia Tenggara, Brazil dan Australia Bagian Timur.

Makhluk hidup yang biasa ditemukan pada bioma huta hujan tropis ini adalah burung dan ular.

Ciri-ciri bioma hutan hujan tropis

  • Memiliki curah hujan yang tinggi, yaitu sekitar 2.000 mm/tahun
  • Cabang pohon yang memiliki daun yang lebar dan lebat yang hijau sepanjang tahun
  • Mendapatkan cahaya atau sinar matahari yang cukup, akan tetapi sinar mataharinya tidak dapat menembus hutan.
  • Pohon-pohonnya memiliki ketinggian sekitar 30-40 meter.

6. Bioma Hutan Gugur

jenis bioma ini sering dikenal dengan dua sebutan yaitu dengan sebutan bioma yang letaknya di iklim yang tropis yang disebut dengan hutan musim tropis dan hutan gugur.

Tumbuhan yang memiliki iklim yang rendah biasanya akan menggugurkan daunnya pada musim kemarau. Hewan-hewan yang sering dijumpai pada bioma ini adalah rusa, rakun dan salamander.

Persebaran Hutan Gugur ini diantaranya ditemukan di Indonesia dan Thailand.

Ciri-ciri bioma hutan gugur adalah sebagai berikut

  • Memiliki curah hujan yang merata
  • Jumlah tumbuhan yang hidup relatif sedikit
  • Terdiri dari 4 musim yaitu musim semi, musim panas, musim dingin dan musim gugur.
  • Ketika musim panas tidak terlalu panas, dan ketika musim dingin tidak terlalu dingin.

Fungsi Bioma

Berdasarkan para ahli, bahwa bioma terdapat beberapa fungsi setelah dilakukan pembagian berdasarkan daerah-daerah yang ada di belahan bumi ini. Maka seperti yang telah dijelaskan, para ahli telah membagi jenis-jenis bioma sesuai dengan letak geografis dan astronomisnya. Fungsi bioma diantaranya adalah sebagai berikut

  1. agar mempermudah ketika dilakukan penataan suatu populassi
  2. dapat mempermudah dalam pendataan
  3. karena telah dikelompokkan, maka akan dapat membantu mempermudah dalam proses pengelompokkan hewan dan tumbuhan yang hidup.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian Bioma semoga bisa bermanfaat dan lebih menambah wawasan anda. kunjungi terus ayoksinau.com sebagia media pembelajaran secara online.

Baca juga ulasan menarik di bawah ini :