Pengertian Batik, Macam-Macam Motif, Jenis Motif | Ayoksinau.com

Posted on

Pengertian batik adalah motif atau gambar yang di tuangkan pada kain yang di proses secara khusus dengan teknik tertentu sehingga menghasilkan gambar dan motif yang menarik. Hampir setiap provinsi di indonesia mempunyai kain ciri khas mereka. Biasanya kain yang bermotifkan sejarah yang bisa di buat untuk kerajinan hingga pakaiaan. Batik misalnya, kain batik adalah kain yang sangat populer, paling banyak olahan baju. Dari mulai baju sekolah, harian, guru, PNS, hingga pejabat-pejabat tinggi pun pasti punya kain batik. Wah sangat populer sekali ya kain batik di Indonesia. Kali ini Ayoksinau.com akan membahas mengenai pengertian batik, motif batik dan jenis-jenis batik yang ada di insonesia.

Tanggal 2 Oktober adalah hari batik nasional. Sehingga banyak sekali orang-orang mengunakan batik pada hari bersejarah di sekolah, kampus, dan bekerja. Batik berasal dari jawa dan kemudian menyebar karena banyak sekali yang ingin mengembangkan batik. Walaupun asalnya dari pulau Jawa namun batik juga populer Sumatra, Kalimantan, Sulawesi bahkan Papua. Keistimewaan batik sendiri adalah dapat di pakai acara-acara formal misalnya menghadiri seminar, sebagai tamu kenegaraan, mengajar. Batik  juga sudah di akui UNESCO sebagai salah satu Warisan Kemanusiaan dab Budaya Lisan dan Non bendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada tahun 2 Oktober 2009 hingga sekarang.

Anda tertarik ingin mempelajari batik Indonesia? mari kita belajar bersama-sama.

Batik Nusantara

Macam-Macam Motif Batik Indonesia

  1. Batik Banyumas

Motif Banyumas biasanya menyerupai bentuk tanaman. Misalnya bunga, tangkai, dan daun. Berikut ini adalah contoh batik Banyumas.

Batik Banyumas
  1. Batik Madura

Batik Madura biasanya berbentuk sederhana, namun pola ini rapi dan apik, dan batik madura biasanya berwarna cerah. Berikut adalah contoh batik Madura.

Batik Madura
  1. Batik Malang

Batik Malang terkenal dengan warna yang cerah. Misalnya warna hijau, merah, kemudian di timpa dengan putih. Biasanya batik malang bermotif bunga dan daun. Berikut adalah comtoh batik Malang.

Batik Malang
  1. Batik Pekalongan

Motif ini sangat dipengaruhi dari budaya china dan ukiran-ukiran cirebon. Motif Pekalongan ada 7 macam motif mereka adalah semen, pisan bali, lung-lungan jlamprang, buketan, terang bulan, dan sekar jagad. Motifnya lebih menyerupai binga, daun, binatang. Berikut adalah contoh batik Pekalongan.

Batik Pekalongan

 

  1. Batik Solo

Warna batik solo biasanya kecoklatan, yang sering di sebut batik slogan. Berikut adalah contoh batik solo.

Batik Solo
  1. Batik Tasikmalaya

Batik Tasikmalaya bermotif burung, dan bunga biasa di sebut nuansa parahyangan. Ciri khasnya warna hitam dan coklat. Berikut adalah contoh batik Tasikmalaya.

Batik Tasikmalaya
  1. Batik Aceh

Memiliki corak yang besar dibandingkan batik umunya. Berikut adalah contoh batik aceh.

Batik Aceh
  1. Batik Kediri

batik Kediri khas dengan bulatan-bulatan kecil. Sehingga sangat elegan sekali jika di kenakan. Berikut contoh batik kediri. Berikut contoh dari batik Kediri

Batik Kediri
  1. Batik Kudus

Batik Kudus hampir mirip dengan batik Yogyakarta, Pekalongan, dan Solo. Menurut cerita, dulu banyak pedagang Cina yang membawa batik dari daerah tersebut ke Kudus. Berikut contoh batik Kudus

Batik Kudus
  1. Batik Lampung

Batik lampung memiliki ciri khas siger, kapal dan gajah. Berikut contoh gambar batik lampung.

Batik lampung

Nama-Nama Motif Batik dan Maknanya

  1. Motif Ceplok

Motif ceplok adalah bentuk geomatris misalnya mawar melingkar, bintang. Berikut adalah contoh motif ceplok.

Batik Motif Ceplok
  1. Motif Kawung

Motif kawung ini adalah motif batik yang tertua, dulunya digunakan oleh kerajaan. Motif ini merupakan ganbaran buah aren kelapa. Ada beberapa sejumlah orang yang mengatakan salib di antara 4 oval berfokus pada sumber energi universal. Berikut contoh motif kawung.

Batik Motif Kawung
  1. Motif Parang Rusak

Adalah motif yang ceritanya pertarungan antara manusia melawan kejahatan supaya mereka menjadi mulia, bijaksana, dan akan menang. Berikut adalah contoh batik perang rusak.

Batik Motif Perang Rusak
  1. Motif Parang Barong

Dulu di pakai oleh raja dan dianggap suci, arti motifnya adalah supaya sang raja menjadi hati-hati dalam menjaga dirinya sendiri. Berikut adalah motif perang barong

Batik Motif Perang Rusak
  1. Motif Lereng

Ciri khasnya garis diagonal di antara motif parang. Biasanya hanya deretan garis diagonal. Dipakai oleh keluarga istana. Berikut contoh motif lereng.

Batik Motif Lereng
  1. Motif Nitik

Terkenal dengan motif batik tertua karena dulunya terinspirasi oleh kain tenun patola yang dibawa oleh para pedagang Gujarat dari India. Dulunya biasanya dipakai oleh orang tua dari pasangan pernikahan orang Truntum.

Batik Motif Nitik
  1. Motif Semen

Motif ini mengikuti alam misalnya, pohon, bunga, daun, gunung. Berikut contoh motif semen.

Batik Motif Semen
  1. Motif Kraton

Batik ini banyak macam yang berkembang di Indonesia. Yang mengandung arti hidup, batik Kraton dikerjakan oleh putri keraton. Berikut contohnya motif kraton.

Batik Motif Kraton
  1. Batik Sudagaran

Motif yang dilarang oleh keraton yang dilukis oleh seniman-seniman sehingga dapet dikenakan olah masyarakat. Motif ini misalnya penggunaan benda alam dan binatang, serta pemakaian kombinasi warna dominan warna soga dan biru tua. Berikut motif Sudagaran.

Batik Motif Sudagaran
  1. Motif Cuwiri

Motif ini biasanya memiliki warna yang soga alam. Dan dipakai untuk upacara adat mitoni yang berarti kecil. Berikut contoh batik cuwiri

Batik Motif Cuwiri

Semoga Ilmunya dapat bermanfaat, trima kasih sudah mengunjungi Ayoksinau.com. terus kunjungi Ayoksinau.com banyak sekali artikel menarik.

Baca Juga:

Definisi Kebudayaan, Sifat dan Unsur-Unsur Kebudayaan | Menurut Pendapat Para Ahli

Pengertian Musik Ansambel Lengkap Beserta Contohnya | Ayoksinau.com