Macam-Macam Ilmu Geografi dan Penjelasannya Lengkap

Posted on

Geografi merupakan ilmu yang mempelajari tentang lokasi dan jgua persamaan, dan perbedaan (variasi) keruangan atas fenomena fisik, dan manusia di atas permukaan bumi. Kata geografi berasal dari Bahasa Yunani yaitu gêo yang artinya Bumi, dan graphein yang artinya tulisan, atau menjelaskan.

Geografi juga pmempunyai berbagai macam ilmu, berikut adalah macam-macam ilmu geografi dan penjelasannya

  1. Gemoforlogi

Salah satu ilmu penunjang geografi ialah  gemoforlogi. Ilmu ini mempelajari tentang berbagai macam bentuk permukaan bumi. Pengertian bentuk permukaan bumi mencangkup pengertian, penjabaran, serta proses terbentuknya. Ilmu ini sangat penting sebab, mampu memberi petunjuk pada manusia tentang kondisi bumi pada zaman dahulu. Ilmuwan percaya bumi pada zaman dulu hanya berupa batu lalu terurai menjadi tanah oleh lumut.

  1. Klimatologi

Ilmu ini lebih mempelajari tentang iklim di bumi dari pada cuaca. Banyak orang menafsirkan iklim dan cuaca merupakan hal yang sama ketika sebenarnya dua hal ini sangat berbeda. Selain mempelajari tentang iklim, klimatologi juga mempelajari tentang penyebab terjadi, pengaruhnya terhadap bentuk muka bumi juga dampaknya pada kehidupan di suatu wilayah.

  1. Hidrologi

Dilihat dari judulnya, ilmu penunjang satu ini pastilah mempelajari tentang air. Ruang lingkup hidrologi cukup luas karena selain mempelajari tentang distribusi air di muka bumi, hidrologi juga mengkaji tentang sirkulasi air berikut dengan bentuknya. Sifat kimia dan fisiknya juga ikut dikaji dalam hidrologi.

  1. Kartografi

Geografi yang disebut-sebut sebagai bapak dari segala ilmu tidak hanya mempelajari fenomena alam yang nampak di muka bumi. kenyataannya, dalam ilmu penunjang geografi yakni kertografi mempelajari tentang cara membuat peta. Pembuatan peta tidak biasa sembarangan karena meninjau dari jenisnya juga. Ada berbagai macam peta dari yang sederhana misalnya peta buta hingga peta rumit. Penghitungan skala dan unsur-unsur dalam peta semuanya dikaji. Selain itu, kartografi juga mempelajari tentang pemanfaatan peta-peta tersebut.

  1. Pengindraan Jauh

Ilmu penunjang yang satu ini dipelajari saat kelas akhir pada sekolah menengah atas. Penginderaan jauh sendiri mempelajari tentang gejala atau fenomena yang mencangkup fenomena geografi di suatu tempat. Yang unik ialah, pembelajaran dan penafsiran fenomena ini tidak melibatkan peneliti langsung datang ke lokasi, melainkan menggunakan suatu alat yang dapat menunjang terkait dengan penyelidikan dan penelitian.

  1. Demografi

Ilmu penunjang geografi yang lain ialah demografi. Demografi mempelajari tentang penduduk di muka bumi. Ilmu ini meliputi penghitungan jumlah penduduk, persebaran, pertumbuhan, komposisi penduduk laki-laki dan perempuan, dan juga  perpindahan.

Demikianlah penjelasan dari ayoksinau tentang macam-macam ilmu geografi, semoga bermanfaat bagi anda semua.

Dan jangan lupa baca artikel merarik lainnya di bawah ini: