“Ilmu Fisika” : Dampak Positif Dan Dampak Negatif Bagi Manusia

Posted on

Dampak Positif Dan Dampak Negatif Bagi Manusia

ayoksinau.com | Segala sesuatu yang ada dalam dunia ini pasti memiliki sisi positif dan sisi negatif. Dimana keduanya dapat dilihat dari sudut pandang yang berbeda. Oleh sebab itulah, terkadang sisi positif dan negatif akan berbeda antar pendapat satu orang dengan lainnya

Termasuk dalam mempelajari sebuah ilmu. Tak hanya memberikan dampak positif namun sering kali orang juga merasakan atau sekedar berpendapat jika sebuah ilmu akan memberikan dampak negatif bagi manusia.

Sebagai contoh mudah, ilmu fisika yang selama ini anda anggap sebagai ilmu dasar dalam berbagai penemuan ini hanya memberikan dampak positif, ternyata dampak negatif fisika bagi manusia juga ada. Hanya saja, dampak negatif fisika bagi manusia ini dapat dikendalikan dengan baik apabila anda lebih memandang kuat dampak positif dari ilmu ini.

Untuk lebih jelasnya berikut ini dampak negatif fisika bagi manusia dan positifnya.

  1. Dampak negatif

Sebelum membahas pada dampak positif fisika yang begitu beragam, akan lebih baik jika anda mengetahui apa saja sih dampak negatif fisika bagi manusia dan bagaimana penanggulangannya agar dampak tersebut tak menyebabkan hal buruk.

  • Mengubah pola pikir orang

Ya, karena fisika merupakan sebuah ilmu yang menuntut orang untuk bisa berfikir lebih logis dan sistematis, tak jarang ilmu ini juga memberikan dampak negatif.

Dimana dampak negatif fisika bagi manusia terkait hal ini adalah tentang bagaimana pola pikir manusia yang menjadi beranggapan segala sesuatu merupakan hal yang dapat dijelaskan dengan teori dan tak mengenal keajaiban Tuhan yang sebenarnya selalu berperan dalam sebuah fenomena alam atau kejadian.

  1. Dampak positif

Meskipun dampak negatif fisika bagi manusia cukup besar karena terkait dengan kepercayaan terhadap Tuhan, namun fisika juga sangat berpengaruh baik terhadap kehidupan manusia. Yang antara lain adalah membawa dampak positif seperti berikut ini.

  • Penemuan dan pengembangan teknologi

Sebuah teknologi nampaknya tak bisa lepas dari kehidupan manusia saat ini. Dimana berbagai teknologi baru dan pengembangan dari penemuan lawas dapat membantu kehidupan manusia menjadi lebih mudah dan praktis

Dan tanpa anda sadari, jika penemuan dan perkembangan teknologi tersebut tak lain karena pembelajaran fisika yang menjelaskan berbagai teori.

  • Memecahkan fenomena alam

Meskipun dampak negatif fisika bagi manusia dapat mengubah pola pikir manusia, bukan berarti jika manusia tak diperbolehkan untuk mengetahui bagaimana teori sebuah kejadian.

Karena pada dasarnya, pengetahuan tentang teori sebuah kejadian atau fenomena juga harus beriringan dengan kepercayaan. Karena dengan mengetahui teori terkait fenomena alam tersebut, justru bisa menambah rasa kagum terhadap Tuhan yang Maha Hebat menciptakan segala sesuatu.

Yang pasti, sebagai orang awam tak ada salahnya jika anda terus belajar dan bisa memilah manakan dampak negatif ataupun positif yang dapat diambil, kemudian menjadikan hidup menjadi lebih baik.

Baca Juga ;