25 Istilah Dalam Internet Yang Perlu Diketahui

Posted on

Istilah Dalam Internet

 Istilah-istilah dalam dunia internet memang cukup banyak dalam artikel ini ayoksinau.com hanya mengambil 25 istilah yang sering di bicarakan,mungkin oleh orang awam istilah ini cukup membuat bingung, tetapi bagi yang sudah terbiasa dengan dunia internet akan bisa juga memahaminya.

Berikut 25 istilah tersebut :

  1. Web Hosting, adalah tempat atau asal/sumber data yang berfungsi untuk menyimpan data – data pada website atau situs.
  2. File Hosting, tempat atau sumber data yang berfungsi untuk menyimpan file – file lain.
  3. Mail Hosting, tempat atau sumber data yang berfugsi untuk menyimpan data – data email.
  4. Blog Hosting, tempat atau sumber data yang berfungsi untuk menyimpan Blog.
  5. Server adalah komputer yang digunakan untuk menyimpan data – data secara terpusat dan dapat digunakan oleh banyak user.
  6. Web Server adalah komputer yang digunakan untuk menyimpan data – data website atau situs agar dapat diakses oleh orang lain.
  7. Shared Web Server, adalah komputer web server yang digunakan secara bersama – sama.
  8. Dedicated Web Server, adalah komputer web server yang digunakan secara pribadi.
  9. Domain adalah suatu nama yang berfungsi sebagai alamat suatu website. Domain suatu website disebut juga dengan URL (Uniform Resource Locator).
  10. Folder Domain, yang dimaksud dengan folder domain pada contoh diatas adalah “kotakmasuk” yang berada di belakang TLD dan diapit dengan tanda garis miring “/”. Folder domain sama persis seperti folder dalam komputer yang berfungsi untuk mengelompokkan file – file.
  11. File domain, file domain adalah bagian paling terakhir dalam keseluruhan alamat domain, pada contoh diatas adalah “index.html”.
  12. Web browser adalah sebuah program komputer yang dipakai untuk menampilkan halaman web. Contoh dari web browser : Google Chrome, Mozila firefox,Opera, internet explorer, dan lain-lain.
  13. Dial-Up adalah jenis koneksi internet dengan menggunakan jaringan telpon
  14. ISP Internet Service Provider, adalah perusahaan atau istansi penyedia jasa pelayanan dan penyedia jaringan internet contoh : Telkom,Nusa net dan lain-lain.
  15. Domain name adalah nama khusus dan unik yang digunakan untuk penamaan situs web pada internet.
  16. Download (Pengunduhan) adalah sebuah proses pengambilan / transfer file dari sebuah situs web di internet ke media penyimpanan yang terdapat di komputer Client yang dipakai oleh user.
  17. Upload (Pengunggahan) adalah proses pengiriman /transfer file dari media penyimpanan yang terdapat di komputer Client yang dipakai oleh user ke sebuah situs web di internet.
  18. FAQ Frequently Asked Questions adalah sebuah list yang memberikan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang paling sering ditanyakan dengan tentang topik tertentu.
  19. E-mail atau elektronik mail atau surat elektronik /SUREL adalah sebuah program yang diterapkan dalam suatu jaringan komputer dan internet yang dipakai oleh user untuk mengirimkan pesan dalam bentuk tulisan yang diketik atau gambar kepada user lain di dalam atau di luar jaringan komputer tersebut. User dapat pula menerima dalam bahasa inggris receive e-mail, membalas bahasa inggris reply e-mail, dan meneruskan bahasa inggris forward e-mail kepada user/pengguna lain.
  20. FTP/File Transfer Protocol adalah sebuah antarmuka yang dipakai untuk memindahkan, mengirim atau menerima file dari internet.
  21. Intranet adalah Sumber daya informasi yang dipakai untuk keperluan yang linkupnya hanya didalam area dari suatu instansi atau perusahaan dengan menggunakan jaringan komputer yang ada.
  22. Login adalah otorisasi yang dilakukan oleh seorang pengguna dengan menginputkan user dan pass ke sebuah aplikasi yang ada di komputer dan internet, program interaksi, atau surat elektronik (e-mail)
  23. Logout atau Sign out adalah proses untuk keluar dari halaman web maupun halama elektronik-mail(Email/sure). Proses ini kebalikan dari Login.
  24. WWW adalah singkatan dari World Wide Web berfungsi sebagai pengenal global pada internet.
  25. Search Engine adalah sebuah program di website tertentu yang dipakai untuk mencari sebuah informasi tertentu yang di perlukan oleh pengguna. Misal : Google, Msn, Yahoo, Bing, Excite dan lainnya.

Demikianlah artikel tentang 25 Istilah Dalam Internet dari ayoksinau.com semoga dapat bermanfaat.

Baca Juga :