Tanggung Jawab

Diposting pada

Pengertian Tanggung Jawab

Tanggung Jawab dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), adalah keadaan wajib untuk menanggung segala sesuatu.

Tanggung Jawab

Sehingga bisa diartikan berkewajiban menanggung atau memikul segala sesuatu atau juga memberikan jawaban dan menanggung akibatnya. Tanggung jawab merupakan kesadaran manusia atas tingkah lakunya dan perbuatan yang di sengaja maupun yang tidak sengaja.

Definisi Tanggung Jawab Menurut Para Ahli

  1. Abu dan Munawar (2007)

Menurut Abu dan Munawar, Pengertian tanggung jawab ialah perbedaan antara kebenaran dan kesalahan, yang boleh dan yang dilarang, dianjurkan dan yang dicegah, baik dan buruk dan sadar bahwa menjauhi hal yang mempunyai sifat negatif dan mencoba untuk memanfaatkan sesuatu yang positif.

  1. Schiller dan Bryan (2002)

Menurut Schiller dan Bryan, pengertian tanggung jawab ialah perilaku yang bisa menentukan bagaiman bereaksi kepada situasi setiap hari dan memerlukan keputusan yang bersifat moral.

  1. Mudjiono (2012)

Menurut Mudjiono, pengertian tanggung jawab ialah sikap yang terkait dengan janji atau tuntutan tetrhadap hak, kewajiban, tugas yang sesuai dengan aturan, nilai, norma serta adat istiadat yang ada di dalam masyarakat.

  1. Burhanudin (2000)

Menurut Burhanudin, definisi tanggung jawab ialah kesanggupan dalam menetapkan sikap kepada sebuah perbuatan yang dipikul dan kesanggupan untuk menanggung risiko attas perbuatan yang dilakukan.

  1. Mustari (2014: 19)

Menurut Mustari, definisi tanggung jawab ialah sikap dan perilaku seseorang dalam menjalankan tugas serta kewajibannya sebagaimana yang seharusnya diterapkan terhadap diri sendiri,, masyarakat, lingkungan dan negara serta tuhan.

Manfaat / Hikmah Tanggung Jawab

Rasa tanggung jawab ialah sifat yang harus dimiliki oleh setiap orang karena dengan sifat ini banyak sekali manfaat yang dapat peroleh. Oleh karena itu, sebagai manusia kita harus bias menjadi seseorang yang bertanggung jawab atas semua yang dilakukan.

Berikut dibawah ini beberapa manfaat tanggung jawab yang dapat di peroleh, diantaranya ialah :

  1. Dihargai Oleh Orang Lain

Pada dasarnya, Seseorang yang mempunyai rasa tanggung jawab akan lebih dihargai oleh orang lain. Hal ini disebabkan dengan rasa tanggung jawab akan membuat seseorang bisa diandalkan dan akan lebih dipercaya dalam mengemban tugas ataupun amanah.

  1. Jarang Melakukan Kesalahan

Seseorang yang mempunyai rasa tanggung jawab, biasanya akan jarang melakukan kesalahan di dalam melaksanakan tugasnya. Hal ini disebabkan mereka akan sangat berhati-hati dalam menjalankan tugasnya dan mereka mempunyai kecenderungan lebih teliti untuk memeriksa pekerjaannya.

  1. Dapat Dipercaya

Seseorang yang mempunyai rasa tanggung jawab akan lebih mudah dipercaya oleh orang lain. Rasa Kepercayaan ini bisa diperoleh dari hasil yang sudah dilakukan oleh seseorang sebelumnya.

  1. Meningkatkan Peluang Pesuksesan

Rasa tanggung jawab yang dimiliki oleh seseorang pada umumnya bisa meningkatkan peluang kesuksesan. Hal ini disebabkan orang yang mempunyai rasa tanggung jawab akan lebih dipercaya, lebih berhati-hati dan akan melaksanakan pekerjaan dengan baik dan benar.

  1. Hasil Kerja Yang Dikerjakan Lebih Memuaskan.

Ketika kita menjadi seseorang yang bertanggung jawab maka kita akan lebih fokus pada hasil akhir sehingga kita akan maksimal dalam melaksanakan pekerjaannya. Dengan demikian, orang lain akan menjadikan orang lain puas atas pekerjaan yang kita kerjakan. Tentunya hal ini akan menbuat kita disukai dan dipercaya oleh orang sekitar lingkungan kita.

Macam-Macam Tanggung Jawab..

Menurut Tirtorahardjo, Macam-macam tanggung jawab bida terbagi menjadi 3 (tiga), yaitu :

  1. Tanggung Jawab Terhadap Diri Sendiri

Pada dasarnya manusia ialah mahluk yang mempunyai kepribadian utuh dalam bertingkah laku, menentukan perasaaan, menentukan keinganan dan dalam menuntut haknya. Macam tanggung jawab pribadi ini individu yang mempunyai untuk bertindak, berbicara atau mengambil posisi tertentu. Pada posisi tersebut, individu harus memikul tanggung jawab dan jika seseorang memilih untuk menjadi orang yang berkuasa maka dia memiliki tanggung jawab atas posisi tersebut.

Contoh tanggung jawab kepada diri sendiri ialah rasa penyesalan atas kesalahan yang diperbuat.

  1. Tanggung Jawab Terhadap Kehidupan Sosial.

Pada dasarnya manusia ialah mahluk sosial yang hidup ditengah masyarakat dan tidak akan mungkin untuk hidup sendiri. Oleh karena itu, manusia dalam berpikir, berbicara dan juga bertindak terikat oleh masyarakat, lingkungan dan negara.

Berdasarkan hal itu maka sikap dan perilaku manusia yang ada dalam kehidupan sosial harus bisa di pertanggungjawabkan. Manusia harus berarti menanggung semua tuntutan berupa sanksi dari masyarakat seperti cemohaan, hukuman penjara, dan lain-lain sebagainya.

  1. Tanggung Jawab Kepada Tuhan

Manusia di dunia ini merupakan mahluk ciptaan Tuhan dan sebagai mahluk ciptaanNya mansia wajib bertanggung jawab kepada tuhan misalkan merasa berdosa karena telah melakukan kesalahan.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tanggung Jawab

Menurut Sudani, terdapat beberapa faktor yang bisa mempengaruhi tanggung jawab, diantaranya ialah :

  • Kurang menyadari tentang pentingnya untuk melaksanakan hak dan kewajiban yang menjadi tanggung jawabnya
  • Tidak mempunyai rasa percaya diri yang kuat terhadap kemampuan yang dimiliki.
  • Terdapat bimbingan dan pelatihan untuk meningkatkan rasa tanggung jawab yang tidak berjalan dengan maksimal.

Kesimpulan

Berdasarkan uraian di atas tentang pengertian tanggung jawab maka bias disimpulkan bahwa tanggung jawab ialah kemampuan dalam memahami tentang apa saja yang bersifat positif atau negatif, berusaha untuk tidak mencoba untuk melakukan hal-hal yang negatif dan selalu berusaha untuk melakukan hal positif.


Inilah sedikit pembahasan mengenai Pengertian Tanggung Jawab, Jenis dan Faktor yang Mempengaruhi semoga bermanfaat untuk kita semua