Pengertian Monokotil

Diposting pada

Pengertian Monokotil

Awalnya, monokotil ialah sebagai tumbuhan yang bagian bijinya tunggal maupun mono / tidak berkeping berkeping. mengenai karakter yang paling kuat di tanaman berkeping tunggal ini antara lain yakni ialah daun lembaga, akar yang berbentuk serabut, daun yang bisa berselang seling, bagian pada tulang daunnya sejajar dan juga cenderung berbentuk mirip pita serta masih banyak juga yang lainnya. Pada sistem taksonomi, tumbuhan monokotil akan dibagi beberapa nama kelompok besar yaitu ialahi Liliopsoda, liliidae, dan Monocotyledodeae.

tumbuhan monokotil

Ciri-ciri Tumbuhan Monokotil

a.Akar Monokotil

Ciri pertama ialah memiliki akar serabut, tak sama halnya pada tumbuhan dikotil yang akan mempunyai akar tunggang. penyusunan akar serabut akan terjadi pada saat akar primer akan membentuk cabang yang banyak.

Cabang akar yang bakal terbentuk tak lantas membesar,namun tumbuh akar muda lagi. Sedangkan, akar primer yang lebih dahulu tetap dengan ukuran semula, tergantung pada spesies tumbuhan. mengapa di sebut serabut sebab akar monokotil akan membentuk rumpun mirip seperti serabut.

b.Memiliki Tudung Akar

Ciri khas pada akar tumbuhan berkeping satu ialah akarnya bisa dilindungi oleh tudung akar maupun kaliptara. Berbeda pada tumbuhan dikotil yang tak akan mempunyai kaliptra pada akarnya. Kaliptra juga berguna untuk pelindung ketika akar masuk kedalam tanah.

Sederhananya mekanismenya sel-sel baru akan dipermukaan membentuk sel baru sehingga sel akar yang berada di bawahnya akan membentuk lendir pelindung akar pada bagian dalam dari meristem apikal tersebut.

c.Batang Monokotil

Batang yang terbentuk oleh karena tumbuhan keping satu mempunyai ciri-ciri adalah beruas-ruas dan tak akan tumbuh terlalu besar. tak sama halnya tumbuhan dikotil yang membentuk lurus dan juga akan berdiameter besar pada batangnya. sama halnya pada batang jagung dan juga tebu akan terbentuk ruas ruas batang.

Batang monokotil tak akan mempunyai jaringan pengankut xilem ataupun floem,kemudian dapat menyebabkan tidak adanya kambium di batang tumbuhan. tak adanya jaringan pengangkut itu, yang akan menyebabkan adanya ruas pada batang monokotil. Pada pohon jagung akan terdapat ruas ruas batang, namun jika kita potong tidak ada kayu pembentuk atau tempat jaringan pengangkut tumbuh.

d.Daun Monokotil

Untuk bisa memahami ciri dari daun tumbuhan biji berkeping satu, coba kalian perhatikan daun pohon pisang. Struktur pada daun pisang akan terdiri dari tulang daun yang akan lurus dan bisa melengkung dari pangkal daun hingga ujung dengan daun yang akan menempel sejajar pada kedua belah tulang.

e.Bunga Monokotil

Ciri selanjutnya ialah Kelopak bunga tumbuhan keping satu akan mempunyai jumlah kelipatan 3, seperti 6,9, dan selanjutnya. Tak sama halnya pada tumbuhan dikotil yang banyak mempunyai kelipatan 2, 4 dan 5.

Bunga di tumbuhan monokotiledon juga akan mempunyai ciri bunga yang kecil tetapi jumlahnya sangat amat banyak di dalam satu pohon. Contohnya bunga pada tanaman jagung, ketika saat sudah berbunga jumlah bunga di dalamnya tak dapat di hitung.

 

Jenis Tumbuhan Monokotil

Tumbuhan monokotil mempunyai beberapa jenis suku tumbuhan, antara lain yaitu ialah:

  1. Orchidaceae, adalah sebuah tumbuhan semak menahun. Anggrek juga mempunyai akar rimpang, daun berdaginag ataupun sebagian dari jenisnya hidup secara epifit.contohnya: Vanda tricolor dan Spathologttis plicata (anggrek tanah)
  2. Liliaceae,ialah tumbuhan dengan semak basah, sebagian jenisnya ada yang mempunyai akar rimpang, umbi lapis. yang contohnya: Lilium regale dan juga bunga tulip.
  3. Amaryllidaceae, ialah tumbuhan semak basah menahun. Tumbuhan ini banyak mempunyai umbi lapis, / akar rimpang. yang contohnya: Piliantes tuberosa (sedap malam) dan juga Zephyranthes rosea (kembang cokelat).
  4. Pandanaceae, ialah tumbuhan monokotil yang akan berbentuk pohon perdu / semak. Daun pandanaceae akan bertulang daun sejajar dan juga akan terkumpul rapat. Daun yang rontok akan meninggalkan bekas di batangnya .yang contohnya: Pandanus tectorius (pandan).

 

Contoh Tumbuhan Monokotil

a.Sawit (Elais Guinensis)

Sawit / sering disebut dengan kelapa sawit ialah salah satu contoh pohon monokotil yang bisa kita temukan terutama yang tinggal dekat dengan perkebunan sawit. Kita dapat identifikasi struktur daun sawit secara langsung dengan ciri daun majemuk dan bertulang daun dengan daun sejajar.Selain itu ,ciri akar serabut dari sawit akan membuktikan bahwa sawit jenis pohon monokotil. morfologi buahnya ketika kita belah tak ada keping lembaga yang akan terpisah.

b.Singkong atau ubi kayu Ubi (Manihot Utilissima)

Pohon singkong maupun ketela pohon ialah jenis tanaman yang banyak tumbuh disekitar rumah kita. Manihot Utilissima memiliki struktur batang beruas-ruas dan daun bisa sejajar kelipatan 6 dan juga akar serabut.

Namun akar ubi kayu akan menyimpan sumber makanan sehingga akar serabutnnya bisa besar membentuk umbi yang dapat dimakan. Kandungan karbohidrat di ubi kayu apabila di manfaatkan dapat berguna sebagai alternatif makanan atau cemilan.

c.Tumbuhan Pisang (Musa paradisiaca)

Mengapa pisang juga termasuk tubuhan monokotil? sebab jika kita lihat dari strukturnya baik dari akar, daun ataupun batang, sudah termasuk kedalam ciri dari tumbuhan monokotil.

struktur pada daun pisang dapat sejajar pada tulang daun, batang yang beruas dan juga sistem perakaran serabut sangat jelas membuktikan bahwa pisang termasuk tumbungan monokotil

d.Pohon Kelapa (Cocos nucifera)

Sama pada sawit, kelapa ialah jenis palem-paleman.Dila dilihat dari sruktur pohon ini, pohon kelapa di klasifikasikan menjadi tumbuhan keping satu. Akar pohoh kelapa ialah akar serabut,kemudian batang yang beruas ruas dan daun yang sejajar dengan tulang daun yang panjang dan juga melengkung.

Buah kelapa jelas tak memiliki keping maupun keping tunggal, apabila kita belah pun tak ada keping yang ada di dalamnya. pada proses perkecambahannya, inti sel pada buah kelapa yang akan berkembang menjadi tunas akan tumbuh menjadi pohon kelapa.

demikianlah artikel dari ayoksinau.com mengenai Pengertian Monokotil, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.