Pengertian Misi, Manfaat Misi dan Contoh Misi | Ayoksinau.com

Diposting pada

Pengertian Misi – Pada kesempatan kali ini Ayoksinau.com akan membahas tentang Misi mulai dari Pengertian Misi, Manfaat Misi, Contoh Misi, Mari kita pelajari bersama-sama. Eh, sebelum kita bahas misi ada baiknya jika Anda membaca Pengertian Visi terlebih dahulu.

Pengertian Misi

Pengertian Misi

Misi adalah pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan oleh lembaga dalam usahanya mewujudkan Visi. Misi perusahaan adalah tujuan dan alasan mengapa perusahaan itu ada. Misi juga akan memberikan arah sekaligus batasan proses pencapaian tujuan.

Dalam pelaksanaannya, orang-orang berpanduan pada pernyataan misi. Yang mana misi tersebut merupakan hasil kompromi dari intepretasi Visi. Misi merupakan sesuatu hal yang nyata untuk dituju serta dapat pula memberikan petunjuk garis besar cara pencapaian Visi. Pernyataan Misi memberikan keterangan yang jelas tentang apa yang ingin dituju serta kadang kala memberikan pula keterangan tentang bagaimana cara lembaga bekerja. Karena sedemikian pentingnya suatu pernyataan misi, maka selama penetapan misi ini perlu memperhatikan masukan-masukan ataupun pendapat-pendapat dari anggota-anggota lembaga ataupun organisasi tersebut maupun dari sumber-sumber lainnya yang dianggap memang penting penting.

Secara umum, misi dapat diartikan sebagai pernyataan yang menetapkan tujuan organisasi dan sasaran yang ingin dicapai. Pernyataan misi membawa organisasi kepada suatu fokus. Misi menjelaskan mengapa organisasi itu ada, apa yang dilakukannya, dan bagaimana melakukannya.

Jika visi amerupakan gagasan tentang tujuan utama suatu organisasi, maka misi adalah tahapan-tahapan yang harus diambil dan dilalui agar dapat mencapai visi tersebut. Selain itu, misi juga merupakan deskripsi atau tujuan mengapa perusaahaan, organisasi, atau instansi tersebut berada di tengah-tengah masyarakat.

READ  Cara Membuat Atau Menyusun Kata Pengantar Skripsi“Lengkap"

Misi juga bisa dikatakan sebagai Penjabaran sebuah visi. Jika visi dituliskan hanya dalam beberapa kata atau dalam satu kalimat saja, maka misi akan dituliskan atau akan dijabarkan dengan beberapa kalimat yang mudah untuk dipahami oleh siapa saja yang harus melihatnya untuk dapat memudahkan mencapai visi yang telah ditetapkan tersebut.

Berdasarkan penjabaran di atas, maka dapat diambil kesimpulan tentang pengertian misi sebagai berikut:

  • Misi merupakan penjabaran-penjabaran dari sebuah visi organisasi, perusahaan, ataupun instansi.
  • Misi dapat diartikan sebagai tahapan-tahapan atau langkah-langkah yang harus diambil dan dilalui oleh sebuah organisasi, perusahaan, ataupun instansi agar dapat mencapai visi utama.
  • Misi adalah langkah-langkah yang bisa diambil untuk merangsang adanya pencapaian visi utama.

Baca terlebih dahulu:

Pengertian Visi, Manfaat Visi dan Contoh Visi | Ayoksinau.com

Manfaat Misi

Seperti yang telah kita bahas di atas, bahwa misi adalah penjabaran-penjabaran dari sebuah visi perusahaan, instansi, atau organisasi. Maka secara umum dapat kita simpulkan bahwa manfaat dari adanya misi adalah untuk memudahkan suatu perusahaan, instansi, ataupun organisasi dalam mencapai visi yang telah ditetapkannya.

Terdapat tiga manfaat dari adanya misi dalam perusahaan diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Misi dijadikan sebagai tolak ukur kinerja perusahaan. Pencapaian kinerja perusahaan akan dikembalikan kepada pencapaian misi perusahaan tersebut.
  2. Misi dijadikan sebagai acuan dalam mengembangkan setiap perencanaan dan pengembangan bisnis perusahaan pada masa yang akan datang.
  3. Misi dijadikan arahan perusahaan dalam mengembangkan produk, industri, kompetensi, saluran distribusi, segmen pasar, dan sasaran geografi dari perusahaan tersebut.

Contoh Misi

Berikut ini adalah contoh misi dari suatu sekolah yang merupakan penjabaran dari visi sekolah tersebut:

  • Menimbulkan dan meningkatkan seluruh siswa untuk rajin, disiplin, dan aktif.
  • Meningkatkan dan mengembangkan minat seluruh siswa agar terus membaca membaca dan belajar.
  • Menumbuhkan kesadaran seluruh siswa untuk perlunya kerja keras atau proses mengejar cita-cita.
  • Menciptakan kesadaran kepada seluruh siswa agar tidak pantang menyerah dan agar tetap terus berusaha untuk menjadi pintar dan cerdas.
  • Membangun karakter-karakter sesuai dengan ideologi Pancasila.
  • Membangun karakter-karakter penerus bangsa dan siap bertarung kancah Internasional.
  • Meningkatkan dan mengembangkan minat seluruh siswa dalam mencintai lingkungan.
  • Meningkatkan dan mengembangkan kesadaran seluruh siswa agar dapat selalu hidup bersih.
READ  Prinsip-Prinsip Geografi: Distribusi, Korologi, Interelasi, Deskripsi

Demikianlah pembahasan Ayoksinau.com tentang Misi, mulai dari pengertian Misi, syarat-syarat Misi, manfaat Misi dan contoh Misi. Nah setelah Anda memahami dan mengerti apa itu Misi, sekarang anda perlu memahami apa itu Pengertian Visi. Kunjungi terus Ayoksinau.com dan baca artikel-artikel menarik lainnya untuk terus menambah wawasan Anda. Terimakasih.

Artikel Menarik Lainnya:

Pengertian Visi, Manfaat Visi dan Contoh Visi | Ayoksinau.com

Penjelasan Lengkap Tentang Lambang Pramuka | Ayoksinau.com

Pengertian Iklan, Syarat Iklan, Manfaat Iklan, Jenis-Jenis Iklan | Ayoksinau.com

Pengertian Seminar, Susunan Acara Seminar, Fungsi Seminar, Dan Contoh Seminar | Ayoksinau.com

Pengertian Misi, Manfaat Misi dan Contoh Misi | Ayoksinau.com
Rate this post