Pengertian dan Manfaat Database

Diposting pada

Pengertian-dan-Manfaat-Database

Pengertian Database

Database ialah sekumpulan data yang telah disusun sedemikan rupa dengan ketentuan atau aturan tertentu yang saling berelasi sehingga memudahkan pengguna guna mengelolanya juga memudahkan memperoleh sebuah informasi. Selain itu ada juga yang mendefinisikan database sebagai kumpulan file, tabel, ataupun arsip yang saling terhubung yang disimpan dalam media elektronik.

Database (basis data) adalah kumpulan file-file yang mempunyai kaitan antara satu file dengan file yang lain sehingga membentuk data untuk menginformasikan satu perusahaan dan instansi. Bila terdapat file yang tidak dapat dipadukan atau dihubungkan dengan file yang lainnya, berarti file tersebut bukanlah kelompok dari satu database, melainkan membentuk satu database sendiri. Database juga merupakan landasan bagi pembuatan dan pengembangan program aplikasi. Oleh sebab itu, database harus dibuat sedemikian rupa sehingga pembuatan program lebih mudah dan cepat.

Database merupakan salah satu komponen yang penting dalam sistem informasi, karena merupakan basis dalam menyediakan informasi bagi para pemakai. Database terdiri dari data yang akan digunakan atau diperuntukkan terhadap banyak user, dari masing-masing user akan menggunakan data tersebut sesuai dengan tugas dan fungsinya.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Perangkat Lunak (Software) Komputer Beserta Fungsinya


Database Menurut Para Ahli

  1. Menurut Gordon C. Everest :
    Database adalah koleksi atau kumpulan data yang mekanis, terbagi / shared, terdefinisi secara formal dan dikontrol terpusat pada organisasi.
  2. Menurut C.J. Date :
    Database adalah koleksi “data operasional” yang tersimpan dan dipakai oleh sistem aplikasi dari suatu organisasi.
    • Data input adalah data yang masuk dari luar sistem
    • Data output adalah data yang dihasilkan sistem
    • Data operasional adalah data yang tersimpan pada sistem
  3. Menurut Toni Fabbri :
    Database adalah sebuah sistem file-file yang terintegrasi yang mempunyai minimal primary key untuk pengulangan data.
  4. Menurut S. Attre :
    Database adalah koleksi data-data yang saling berhubungan mengenai suatu organisasi / enterprise dengan macam-macam pemakaiannya.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Manfaat dan Fungsi Jaringan Komputer di Berbagai Bidang (LENGKAP)


Tujuan dan Sifat Database

Setiap manajemen dalam merancang dan menyusun database harus mempunyai tujuan, yaitu:

  • Membuat agar user mudah mendapatkan data.
  • Menyediakan tempat penyimpanan data yang relevan.
  • Menghapus data yang berlebihan.
  • Melindungi data dari kerusakan fisik.
  • Memungkinkan perkembangan lebih lanjut di dalam sistem database.

Sifat – sifat Database

  • Internal: Kesatuan (integritas) dari file-file yang terlibat.
  • Terbagi/share: Elemen-elemen database dapat dibagikan pada para user baik secara sendiri-sendiri maupun secara serentak dan pada waktu yang sama (Concurrent sharing).

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Jaringan Komputer Beserta Jenis dan Manfaat


Komponen Utama Database

  1. Perangkat Keras (Hardware)
    Pengertian dari hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
  2. Sistem Operasi (Operating System)
    Yakni merupakan perangkat lunak yang memfungsikan, mengendalikan seluruh sumber daya dan melakukan operasi dasar dalam sistem komputer. Harus sesuai dengan DBMS yang digunakan.
  3. Basis Data (Database)
    Kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.
  4. Sistem (Aplikasi/Perangkat Lunak) Pengelola Bisnis Data (DBMS)
    Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola basis data. Contoh kelas sederhana: dBase, Foxbase, Rbase, MS. Access, MS. Foxpro, Borland Paradox. Contoh kelas kompleks: Borland-Interbase, MS. SQL Server, Oracle, Informix, Sybase.
  5. Pemakai (User)
    Pengguna software.
  6. Aplikasi (perangkat lunak) lain
    Perangkat lunak pelengkap yang mendukung

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : cara mencegah virus masuk ke komputer anda


Ciri – ciri Database

  • Sistem yang dapat menyimpan data ke dalam floppy disk atau
  • Sistem yang menganut pengolahan data untuk ditambah, diubah, atau dihapus dengan mudah dan terkontrol.
  • Data terpisah dari program.

Fungsi Database

Adapun Fungsi database adalah:

  1. Sebagai komponen utama atau penting dalam system  informasi, karena merupakan dasar dalam menyediakan informasi.
  2. Menentukan kualitas informasi yaitu cepat, akurat, dan  relevan, sehingga informasi yang disajikan tidak basi. Informasi dapat dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya mendapatkanya.
  3. Mengatasi kerangkapan data (redundancy data).
  4. Menghindari terjadinya inkonsistensi data.
  5. Mengatasi kesulitan dalam mengakses data.
  6. Menyusun format yang standar dari sebuah data.
  7. Penggunaan oleh banyak pemakai (multiple user). Sebuah database bisa dimanfaatkan sekaligus secara bersama oleh banyak pengguna (multiuser).
  8. Melakukan perlindungan dan pengamanan data. Setiap data hanya bisa diakses atau dimanipulasi oleh pihak yang diberi otoritas (kekuasaan) dengan memberikan  login dan password terhadap masing-masing data.
  9. Agar pemakai mampu menyusun suatu pandangan (view) abstraksi dari data. Hal ini bertujuan menyederhanakan interaksi antara pengguna dengan sistemnya dan database dapat mempresentasikan pandangan yang berbeda kepada para pengguna, programmer dan administratornya.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengolahan Struktur Dan Penyajian Data Dalam Komputer Lengkap


Manfaat Penggunaan Database

  1. Kecepatan dan Kemudahan
    Database mempunyai kemampuan dalam menyeleksi data sehingga menjadi suatu kelompok yang terurut dengan sangat cepat. Hal inilah yang ahirnya bisa menghasilkan informasi yang dibutuhkan secara cepat juga. Seberapa cepat pemrosesan data oleh database tergantung juga pada perancangan databasenya.
  2. Pemakaian Bersama-sama
    Suatu database dapat digunakan oleh siapa saja dalam suatu perusahaan. Sebagai contoh database mahasiswa dalam suatu perguruan tinggi dibutuhkan oleh beberapa bagian, misalnya bagian admin, bagian keuangan dan bagian akademik. Kesemua bidang tadi membutuhkan database mahasiswa akan tetapi tidak perlu masing-masing bagian membuat databasenya sendiri, cukup hanya database mahasiswa satu saja yang disimpan di server pusat. Nanti aplikasi dari masing-masing bagian dapat terhubung ke database mahasiswa tersebut.
  3. Kontrol data terpusat
    Masih berkaitan dengan point ke dua tadi, meskipun pada suatu perusahaan mempunyai banyak bagian atau divisi namun database yang diperlukan tetap satu saja. Hal ini mempermudah pengontrolan data misalnya ketika ingin mengupdate data mahasiswa, maka kita harus mengupdate semua data di masing-masing bagian atau divisi, tetapi cukup di satu database saja yang ada di server pusat.
  4. Menghemat biaya perangkat
    Dengan mempunyai database secara terpusat maka di masing-masing divisi tidak membutuhkan  perangkat untuk menyimpan database berhubung database yang diperlukan hanya satu yaitu yang disimpan di server pusat, ini tentunya akan memangkas biaya pembelian perangkat.
  5. Keamanan Data
    Hampir segala Aplikasi manajemen database sekarang mempunyai fasilitas manajemen pengguna. Manajemen pengguna ini dapat mampu membuat hak akses yang berbeda-beda disesuaikan dengan kepentingan maupun posisi pengguna. Selain itu data yang tersimpan di database juga diperlukan password untuk mengaksesnya.
  6. Memudahkan dalam pembuatan Aplikasi yang baru
    Dalam poin ini database yang dirancang dengan sangat baik, sehingga si perusahaan membutuhkan aplikasi baru tidak perlu membuat database yang baru juga, atau pun tidak perlu mengubah kembali struktur database yang sudah ada. makannya dengan  atau programmer hanya cukup membuat atau pengatur antarmuka aplikasinya saja.

Dengan banyaknya manfaat dan kegunaan yang dimiliki oleh database maka sudah seharusnya semua perusahaan baik itu perusahaan skala kecil maupun perusahaan besar mempunyai database yang dibangun dengan rancangan yang baik. Ditambah juga dengan pemanfaatan teknologi jaringan komputer maka manfaat database ini akan semakin besar/baik. Penggunaan database sekaligus teknologi jaringan komputer telah banyak dipakai oleh berbagai macam perusahaan, contohnya saja perbankan yang mempunyai cabang di setiap kotanya. Perusahaan Bank tersebut hanya mempunyai satu database yang disimpan di server pusat saja, sedangkan cabang-cabangnya terhubung melalui jaringan komputer guna mengakses database yang terletak di sever pusat tersebut.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Komponen-Komponen Pada Komputer dan Fungsinya


Contoh Database

Contoh Database

Database merupakan salah satu komponen yang penting dalam sistem informasi, karena merupakan basis dalam menyediakan informasi bagi para pemakai. Database terdiri dari data yang akan digunakan atau diperuntukkan terhadap banyakuser, dari masing-masing user akan menggunakan data tersebut sesuai dengan tugas dan fungsinya. Jadi, mau  apapun bidang dan ruang lingkupnya seperti ekonomi, manajemen, dan psikologi pastilah membutuhkan database ini yang dirasakan sangat bermanfaat. Contohnya saja jika dalam bidang psikologi dapat mencari nama mahasiswa psikologi dari nomor npm dan dapat mencari mata kuliah dari nomor kode mata kuliah. Sehingga para pengguna pun dengan mudah dan cepat dalam mencari informasi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.