Migrasi

Diposting pada

Pengertian Migrasi

Bila di artikan secara umum, Migrasi merupakan suatu perpindahan penduduk dari satu daerah ke daerah yang lain. Hal ini dilakukan bertujuan guna tinggal di daerah yang baru ditempat tersebut. Untuk sifatnya sendiri bisa sementara atau pun bisa juga menetap selamanya.

Pengertian Migrasi

Karena tujuan dalam migrasi yaitu menetap. Sehingga segala keperluan administrasi orang yang melakukan migrasi itu wajib di perbarui di sesuaikan dengan tempat tinggal yang baru di antaranya seperti KTP, KK (Kartu Keluarga) dan juga lain sebagainya.

Jenis Migrasi Nasional

Jenis Migrasi dibagi menjadi dua. Ada juga untuk jenis migrasi nasional ini antara lain yaitu sebagai berikut :

Transmigrasi

Pengertian transmigrasi yaitu perpindahan penduduk dari daerah berpenduduk padat ke daerah berpenduduk jarang. Ada beberapa jenis transmigrasi. Transmigrasi umum, diselenggarakan serta dibiayai oleh pemerintah. Sedangkan untuk transmigrasi spontan, dilakukan atas biaya, kesadaran, dan juga kemauan sendiri.

Urbanisasi

Pengertian dari urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota. Urbanisasi terjadi disebabkan kota mempunyai daya tarik untuk daerah tujuan dan desa mempunyai daya dorong untuk ditinggalkan. Daya tarik kota yaitu antara lain tersedia berbagai lapangan pekerjaan, upah tenaga kerja tinggi, fasilitas hidup lengkap, dan juga tersedia fasilitas hiburan.

Ruralisasi

Pengertian rulalisasi yaitu kembalinya penduduk ke desa setelah menetap di kota atau kembalinya pelaku urbanisasi ke daerah asal nya.

Forensen

Pengertian forensen yaitu pergi dan pulangnya orang desa ke kota untuk bekerja setiap hari.

Weekend

Pengertian nya  yaitu perginya orang kota ke tempat peristirahatan di luar kota pada akhir minggu.

Evakuasi

Pengertian evakuasi yaitu perpindahan pend uduk ke suatu wilayah karena bencana atau perang. Sebagai catatan untuk Forensen, weekend, dan evakuasi merupakan bentuk sirkulasi yaitu perpindahan penduduk yang tidak menetap atau tinggal sementara waktu di daerah tujuan.

Migrasi Internasional

Migrasi internasional merupakan perpindahan yang di lakukan masyarakat dari menjadi penduduk suatu negara ke negara lainya. Yang bertujuan untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik, contoh nya seperti seseorang yang melakukan migrasi internasional ini seperti artis cantik yang bernama Anggun dari Warga Negara Indonesia menjadi Warga Negara Prancis pada saat ini.

Jenis-Jenis Migrasi Internasional

Diantaranya adalah :

Imigrasi

Pengertian imigrasi merupakan masuknya penduduk yang ada di negara lain ke suatu negara berniat untuk menetap dengan tujuan untuk secara totalitas menjadi bagian dari negara yang bersangkutan tersebut.

Emigrasi

Pengertian emigrasi merupakan keluarnya penduduk yang ada dalam suatu negara ke suatu negara ke negara lain lagi guna menetap dengan niatan secara nyata mengambil pada negara yang baru. Contoh dalam kasus ini yaitu seperti artis ternama Indonesia, yakni artis cantik Anggun yang memilih menjadi Warga Negara Prancis daripada Indonesia.

Remigrasi (repatriasi)

Pengertian remigrasi yaitu kembalinya penduduk dan suatu negara ke negara asal nya.

Turisme

Turisme merupakan perginya penduduk ke luar negeri hanya untuk berwisata.

Faktor- faktor Penyebab Migrasi

Perpindahan penduduk merupakan langkah yang besar. Selain untuk menyiapkan perjalanan yang panjang, penduduk yang pindah pun harus repot- repot mengeluarkan sedikit atau banyak biaya, mempersiapkan tempat tinggal yang baru, mengangkut barang – barang yang lama, sampai mengurusi segala administrasi yang ada di lingkungan baru tersebut.

Kurangnya lapangan pekerjaan

Salah satu penyebab atau pendorong terjadi nya sebuah migrasi yaitu alasan sedikitnya lapangan pekerjaan yang ada di daerah asal seseorang. Semua orang bisa memenuhi kebutuhan hidup nya hanya jika mereka mau dan bisa bekerja. Bekerja guna mendapatkan uang dan bisa mereka belanjakan untuk kebutuhan sehari- hari. Apabila di daerah mereka sulit untuk mendapat pekerjaan, lantas bagaimana seseorang bisa bekerja. Apabila di daerahnya tak ada lapangan kerja yang cocok dengan keahlian mereka dan apabila berwirausaha pun mereka merasa tidak cocok, maka seseorang akan melakukan migrasi.

Kepadatan penduduk

Alasan lainnya seseorang melakukan migrasi yaitu karena adanya kepadatan penduduk yang sangat padat di daerah asal. Kepadatan penduduk ini menyebabkan seorang hidup nya kurang nyaman, banyak persaingan, sehingga sebagian akan sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Karena sulit mendapatkan pekerjaan tetap, maka banyak orang yang akan melakukan berbagai macam tindakan kriminal. Selain itu juga masih banyak hal – hal yang dapat terjadi karena kepadatan penduduk yang cukup berlebihan. Penyebab kelebihan penduduk ini lah beberapa orang akan memutuskan untuk pindah ke daerah yang tidak terlalu padat penduduknya. Selain akan mendapatkan suasana hidup yang baru, hal ini juga sangat baik guna mendukung program pemerataan penduduk.

Sumber daya alam yang kurang

Sebagian penduduk yang berpindah ke tempat lain itu dikarenakan adanya sumber daya alam yang kurang memadai. Misalkan saja di suatu tempat keadaan tanahnya gersang. Sehingga ketika ditanami tumbuhan maka tidak mudah untuk tumbuh subur atau karena keadaan tanah dan juga udara pada suatu tempat hanya mempunyai sumber daya alam yang sangat sedikit.

Keinginan memperbaiki taraf hidup

Sebagaian besar atau pada umumnya alasan mengapa seseorang lebih memilih pindah tempat tinggal di daerah lain? Itu karena alasan ekonomi. Salah satunya yaitu keinginan untuk memperbaiki taraf hidup sesorang menjadi lebih baik. Hal ini biasanya dirasakan oleh para warga desa, dimana ia tidak bisa atau sulit mendapatkan pekerjaan.

 Melanjutkan pendidikan

Tujuan lainnya seperti pada bidang pendidikan. Keinginan guna mendapatkan dan meningkatkan pendidikan yang bagus dan jenjang yang lebih tinggi membuat seseorang akan melakukan migrasi. Hal ini banyak dijumpai ketika sesorang berniat untuk melanjutkan pendidikannya

 Perbedaan pendapat dan politik

Ada pun beberapa penyebab masyarakat pada melakukan migrasi karena hal yang negatif. Misalnya yaitu karena mereka mempunyai perbedaan pendapat dengan orang lain atau sebagian besar masyarakat, seperti halnya masalah politik, perbedaan partai yang diusung, calon pemimpin yang didukung, atau yang lainnya. Yang menyebabkan masalah mengular dan juga tak kunjung selesai.

Hubungan sosial yang tidak baik

Masih karena hal yang tidak baik dan negatif, seseorang bisa memutuskan untuk pindah ke tempat lain karena di tempat tinggal nya seseorang merasa mendapatkan ancaman atau tekanan sehingga membuat mereka hidupnya tidak nyaman dan juga tidak tenang.

 Alasan agama

Ada pun beberapa orang yang memilih pindah tempat tinggal karena urusan agama. Misalnya ditempat tinggal nya hak untuk memeluk keyakinan yang diinginkan kurang begitu kuat, atau masyarakatnya terlalu fanatik sehingga tak tenteram apabila seseorang berbeda agama dan seorang itu tinggal di tempat tersebut. Hal seperti ini sepertinya sekarang lebih sering terjadi. Banyak pula bagian – bagian dari suatu agama yang melahirkan faham baru.

Keadaan geografis yang tidak cocok

Keadaan geografis atau lingkungan yang kurang cocok pun menjadi salah satu penyebab seseorang utnuk melakukan migrasi. Misalkan saja seseorang memiliki penyakit asma yang akan kambuh apabila dia berada di udara yang cukup dingin.

Pemerataan penduduk

Migrasi tak selamanya berasal dari keinginan para penduduk. Adakala seseorang  akan melakukan migrasi karena menjalankan program dari seorang pemerintah. Misalnya saja pemerintah ingin memeratakan jumlah penduduk agar penduduk tidak terpusat di pulau Jawa saja. Untuk mencapai tujuan ini maka pemerintah harus mengambil keputusan penduduk dari pulau Jawa untuk dibawa ke luar Jawa. Hal ini bisa terealisasi dan akan tercapai apabila banyak warga masyarakat dari Pulau Jawa yang bersedia dipindahkan ke luar Jawa.

demikianlah artikel dari ayoksinau.com mengenai Migrasi : Pengertian, Jenis, Penyebab, Faktor. semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.