Indra Peraba

Diposting pada

Pengertian

Indra peraba ialah salah satu dari lima panca indra kita. Kita dapat merasakan halus, kasar, panas, dan juga dingin suatu permukaan benda dengan menggunakan indra peraba, yaitu ialah kulit. Kulit kita bisa merasakan semua jenis rabaan. tekanan, tekstur, gerakan, dan juga rasa sakit.

Indra Peraba

Bagian Indra Peraba

  1. Epidermis

Epidermis ialah macam macam lapisan kulit manusia yang paling luar. Lapisan yang disebut dengan kulit ari ialah lapisan kulit yang tahan akan air dan mempunyai ketebalan yang berbeda – beda sesuai dengan kegunaannya. Bagian kulit tebal ( terdapat di bagian telapak tangan dan kaki ) sedangkan kulit tipis ( tentunya selain kulit telapak tangan dan kaki ). fungsi dari epidermis ini ialah sebagai berikut :

  •     menjadi penghalang untuk melindungi tubuh dari mikroba / patogen yang berbahaya.
  •     Memberikan ketahanan mekanis pada tubuh.
  •     Memberikan warna pada kulit.
  •     Sebagai pelindung tubuh dari resiko stress oksidan akibat dari terkenanya sinar ultra violet (UV).
  1. Dermis

Lapisan kulit yang ada di bawah bagian lapisan epidermis disebut lapisan dermis. Lapisan ini lebih tebal dari dengan lapisan epidermis, tebalnya mencapai 2,5 mm. Lapisan dermis ini terdiri dari 3 bagian, yaitu:

  1. Fibrolas adalah sel pada dermis yang memiliki tugas utama untuk mensistesis matriks ekstraseluler dan kolagen.
  2. Makrofag adalah sel yang memiliki fungsi pda jaringan yang berasal dari sel darah putih ( leukosit ).
  3. Adiposit adalah sel pada dermis yang memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan lemak. Sel ini ialah sel penyusun jaringan adipose serata jaringan penghantar areolar.
  4. Hipodermis

Hipodermis ialah bagian yang terletak di bawah lapisan dermis. Hipodermis adalah lapisan yang banyak mengandung lemak yang bertindak sebagai cadangan makanan, sebagai pembantu memberikan perlindungan bagian tubuh dari benturan, serta memiliki fungsi lainnya untuk menahan pada bagian tubuh. Hipodermis ini ialah lapisan terdalam kulit yang di dalamnya ada pembuluh darah, limfa, serta sistem saraf pada manusia yang sejajar dengan permukaan kulit. fungsi dari hipodermis ialah :

  •     Untuk Membantu menyangga tubuh bagian dalam terhadap adanya benturan.
  •     Memberikan bentuk pada tubuh.
  •     Sebagai penyedia makanan sebab tempat berkumpulnya lemak.
  •     Membantu mempertahankan suhu tubuh.

Cara Kerja Indra Peraba (Kulit)

Kulit bisa menerima banyak rangsangan dari luar. Rangsangan yang bisa diterima oleh kulit berupa sentuhan panas, diingin, tekanan, dan juga nyeri. saat kulit menerima panas, rangsangan tersebut akan diterima sel-sel reseptor. pada sel reseptor, rangsangan tersebut lalu diteruskan ke otak melalui urat saraf. Rangsangan ini akhirnya diolah oleh otak. alhasil, kita dapat merasakan adanya suatu rangsangan. sesudah tubuh merasa menerima rangsangan,lalu otak pun memerintahkan tubuh untuk menanggapi rangsangan ini.

Kelainan Pada Kulit

Kulit ialah bagian indra peraba yang selalu berhubungan pada lingkungan sekitar. Hal ini menyebabkan kulit mudah terluka, terserang jamur, bakteri, dan juga bibit penyakit lainnya. Beberapa penyakit kulit yang sering di temui ialah jerawat, panu, dan juga kadas.

Jerawat

Jerawat dapat menyerang kulit wajah, leher, punggung, dan juga dada. Pada biasanya, jerawat timbul disebabkan ketidak seimbangan hormon dan juga kulit yang kotor. Anak yang memasuki masa remaja sangat rentan akan terkena jerawat. Begitu pun dengan orang-orang yang mempunyai kulit berminyak. Untuk mengurangi munculnya jerawat, maka harus senantiasa untuk menjaga kesehatan kulit.

Panu

Panu dikarenakan oleh jamur yang menempel di kulit. Munculnya panu ditandai oleh bercak / bulatan putih di kulit dan juga diikuti dengan rasa gatal. Panu muncul disebabkan penderita tak menjaga kebersihan kulit.

 Kadas

Kadas muncul pada kulit seperti putih bersisik. di setiap bulatan yang terkena kadas, ada garis tepi yang jelas dengan kulit yang tak terkena. Selain itu juga, kadas dapat menyebabkan rasa gatal. Penyakit ini pun disebabkan oleh jamur.

demikianlah artikel dari ayoksinau.com mengenai Indra Peraba : Pengertian ,Bagian ,Cara kerja dan Kelainannya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.