Hutan

Diposting pada

Pengertian Hutan

Hutan ialah  sebuah kawasan  yang ditumbuhi  dengan pepohonan dan juga tumbuhan  lainnya. Sebagai penampung karbon diaksida, serta sebagai habitat hewan  modulator pada Kawasan ini  terdapat di wilayah-wilayah  yang luas  pada dunia dan juga berfungsi sebagai  arus  hidrologika dan pelestari tanah, serta merupakan  salah satu aspek biosfer Bumi yang paling penting.Hutan ialah bentuk  kehidupan  yang tersebar  pada seluruh dunia.

Pengertian Hutan


Kita bisa menemukan hutan baik pada daerah tropis ataupun beriklim dingin, di dataran rendah ataupun dipegunungan, dipulau kecil ataupun pada benua besar.Hutan ialah suatu kumpulan tumbuhan, terutama pada pepohonan ataupun tumbuhan yang berkayu lain, yang menempati pada daerah yang cukup luas.


Macam-macam Hutan


Menurut Asal

Kita mengenal hutan ini yang berasal dari biji, tunas, dan campura antara biji dan juga tunas  hutan yang berasal dari biji disebut juga dengan “hutan tinggi” sebab pepohonan yang tumbuh dari biji ini cenderung menjadi lebih tinggi dan juga dapat mencapai umur lebih lanjut.  Pada hutan yang berasal dari tunas disebut dengan Hutan rendah dengan alasan sebaliknya  hutan campuran, oleh sebabnya, disebut dengan hutan sedang.


Menurut cara permudaan (tumbuh kembali)

Hutan bisa dibedakan sebagai hutan dengan permudaan alami, permudaan buatan, dan juga permudaan campuran.  Pada hutan dengan permudaan alami berarti bunga pohon diserbuk dan juga biji pohon terbesarkan bukan oleh manusia,  melainkan oleh angin, air ataupun hewan.


Jenis-jenis Hutan

Berdasarkan Fungsinya

Berdasarkan fungsinya hutan dibedakan menjadi:


Hutan Lindung

Hutan Lindung ialah hutan yang berfungsi menjaga kelestarian tanah dan tata air wilayah.


Hutan Suaka Alam

Hutan Suaka alam ialah kawasan hutan yang sebab sifat-sifatnya yang khas diperuntukan secara khusus untuk perlindungan alam hayati ataupun manfaat-manfaat yang lainnya. Hutan suaka alam ini terdiri dari Cagar alam dan juga Suaka margasatwa. pada cagar Alamiah kawasan suaka alam yang keadaan alamnya memiliki kekhasan tumbuhan, satwa dan juga ekosistem atau ekosistem tertentu yang perlu dilindungi dan juga perkembangannya berlangsung secara alami.


Hutan Wisata

Hutan Wisata ialah hutan yang diperuntukan untuk dibina dan juga dipelihara guna kepentingan pariwisata ataupun wisata baru. Hutan wisata terdiri atas Taman Wisata, Taman Baru dan juga Taman Laut.

Taman Wisata ialah hutan wisata yang mempunyai keindahan alam baik keindahan nabati, keindahan hewani, ataupun keindahan alamnya sendiri yang memiliki corak khas yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan rekreasi dan juga kebudayaan.

Taman Baru ialah hutan wisata yang didalamnya ada satwa baru yang memungkinkan di selenggarakannya perburuan secara teratur bagi kepentingan rekreasi. Taman Laut ialah laut kawasan lepas pantai ataupun laut yang masih di dalam batas wilayah laut Indonesia yang di dalamnya ada batu-batuan kosong ataupun biota. Pada kawasan ini ada ekosistem dan juga keindahan khusus yang keadaan alamnya secara fisik tak mengalami perubahan yang di akibatkan sebab perbuatan manusia. Contoh ialah taman laut ialah taman laut bunaken (Sumatra Utara).


Hutan Produksi

Hutan Produksi berguna sebagai penghasil kayu ataupun non kayu, seperti hasil industri kayu dan juga obat-obatan.

Berdasarkan Jenis Pohonnya

Menurut jenis pohonnya, hutan bisa dibedakan menjadi:

Hutan Heterogen

Hutan Heterogen ialah hutan yang ditumbuhi oleh berbagai macam pohon, contohnya hutan rimba. umumnya di daerah tropic yang banyak hujannya seperti pada Amerika Tengah dan juga Selatan, Afrika, Asia Tenggara dan juga Australia Timur Laut pohon-pohonnya tinggi dan juga berdaun lebar. Di Indonesia hutan Heterogen antara lain ada pada pulau Jawa, Sumatra,Kalimantan dan juga Irian Jaya.


Hutan Homogen

Hutan Homogen ialah hutan yang ditumbuhi oleh satu macam tumbuhan. Biasanya hutan homogen dibuat dengan tujuan tertentu, contohnya untuk reboisasi, penghijauan, ataupun keperluan perluasan industri. Contoh hutan homogen antara lain ialah hutan jati dan juga hutan pinus.

Berdasarkan Proses Terjadinya

Menurut terjadinya ataupun terbentuknya hutan dapat dibedakan menjadi dua, yaitu ialah hutan asli atau hutan alam dan juga hutan buatan. Hutan Asli ialah hutan yang terjadi secara alami, contohnya hutan rimba.Hutan Buatan ialah hutan yang terjadi sebab dibuat oleh manusia. umumnya hutan ini terdiri atas pohon-pohon yang sejenis dan juga dibuat untuk tujuan tertentu. Khusus pada hutan mangrove (hutan bakau) kebanyakan ialah hutan alami, tetapi ada juga hutan mangrove yang sengaja dibuat oleh manusia untuk menanggulangi pantai dari bahaya yang ditimbulkan dari gelombang ataupun arus laut.

Berdasarkan Tempatnya

Untuk di daerah tropik yang mempunyai curah hujan yang tinggi, hutan dapat tumbuh pada berbagai tempat, sehingga hujan ini dinamai berdasarkan dengan tempat tumbuhnya. Contoh dari hutan menurut tempatnya ialah hutan rawa, hutan pantai dan juga hutan pegunungan.Berdasarkan Iklimnya

Berdasarkan iklimnya, hutan dapat dibedakan menjadi:


Hutan Hujan Tropis

Hutan hujan tropis ada pada daerah tropic basah dengan dengan curah hujan tinggi dan juga terbesar sepanjang tahun. Hutan hujan tropis antara lain ialah terdapat pada Amerika Tengah dan juga Selatan, Australia timur Laut, Afrika dan juga Asia Tenggara. Ciri khas dari tumbuhan-tumbuhan yang ada pada hutan hujan tropis ialah ukuran pohon yang tinggi, berdaun lebar, selalu hijau dan juga jumlah jenis besar. Hutan ini kaya akan hewan Vertebrata dan juga Invertebrata.


Hutan Musim Tropik

Hutan ini ada di daerah tropic beriklim basah, namun memiliki musim kemarau yang panjang. umumnya pohon-pohon di hutan musim tropic menggugurkan daunnya di musim kemarau. Hutan musim tropik banyak ada di kawasan India dan juga sia Tenggara, termasuk juga Indonesia.


Hutan Hujan Iklim Sedang

Hutan hujan iklim sedang ini ialah sebuah hutan raksasa yang ada di Australia dan juga terdapat pada sepanjang pantai Pasific di Amerika Utara dan juga California hingga negara bagian Washington. Hutan hujan iklim sedang pada Australia ialah hutan dengan pohon-pohon tertinggi di dunia.


Hutan Pegunungan Tropik

Hutan jenis tersebut mirip dengan hutan hujan iklim sedang, tetapi struktur dan juga karakteristik lainnya sangat berbeda.


Hutan Hujan Iklim Sedang yang selalu hijau

Ada pada daerah beriklim sedang. Hutan jenis tersebut tersebar pada Amerika Serikat dan juga Eropa yang beriklim kontinen.


Hutan Gugur Iklim Sedang

Hutan ini ada di daerah dengan iklim kontinen sedang tetapi agak basah dengan musim hujan pada musim panas dan juga dengan musim dingin yang keras. Pohon-pohon yang dominant ialah pohon-pohon yang berdaun lebar yang menggugurkan daunnya dimusim dingin. Hutan tersebut banyak tersebar pada kawasan Amerika Serikat, Eropa, Asia Timur, Chile dan juga Amerika Tengah.


Taiga

Taiga terdiri atas jenis-jenis conifer yang tumbuh pada tempat terdingin dari daerah iklim hutan. Taiga terbesar ada pada Amerika Utara, Eropa dan juga Asia.


Hutan Lumut

Hutan lumut ialah komunitas pegunungan tropik yang mempunayi struktur yang berbeda dengan taiga. Hutan lumut ada pada daerah yang mempunyai ketinggian 2500 m. pohon-pohonnya kerdil dan ditumbuhi lumut dan juga lumut kerak.


Sabana

Sabana ialah padang rumput tropis yang diselingi pohon-pohon besar. Biasanya sabana ialah daerah peralihan antara hutan dan juga padang rumput. Sabana antara lain ada pada Australia dan juga Brasilia.


Gurun

Gurun ialah wilayah daratan yang tidak ada tumbuhan kecuali beberapa jenis kaktus.

Berdasarkan Tujuannya

Menurut jenisnya hutan digolongkan menjadi:

Hutan Konservasi dan juga Taman Nasional

Hutan Produksi Terbatas dan juga Hutan Produksi Tetap

Hutan Lindung

Hutan Konversi


Fungsi dan juga Manfaat Hutan


Menyerap Karbon Dioksida

Manfaat hutan terhadap kehidupan manusia antara lain bisa menyerap gas-gas karbon dioksida yang ada dimuka bumi.


Menghasilkan Oksigen

Fungsi hutan lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh manusia ialah hutan sebagai penyedia oksigen. Hutan menghasilkan oksigen pada jumlah yang sangat besar yang digunakan oleh manusia untuk bernafas.


Sumber Pangan Manusia

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa hutan mempunyai peranan yang sangat luar bisa, salah satu diantaranya ialah hutan sebagai penyedia sumber pangan bagi manusia. Sumber pangan yang terdapat dihutan seperti umbi-umbian, buah-buahan, sagu, jamur, madu, dan juga yang lainnya.


Penghasil Obat-obatan

Manfaat hutan lainnya yang dapat dirasakan ialah hutan sebagai penghasil obat-obatan. Banyak sekali tanaman obat yang dapat kita temukan dihutan, tentunya ini alami dan juga tidak berbahaya bagi tubuh kita.


Rumah Bagi Flora dan Fauna

Hutan ialah rumah dan juga habitat bagi flora dan fauna, disanalah mereka lahir, tumbuh dan juga berkembang. Jika hutan menjadi rusak, lalu mereka mau tinggal dimana? Kita tentunya pernah melihat pemukiman yang dirusak hewan liar, itu sebab rumah dan juga habitat mereka yang dirusak terlebih dahulu.


Sumber Ekonomi

Salah satu manfaat dari hutan yang dapat kita rasakan ialah hutan sebagai sumber ekonomi. Hasil-hasil dari hutan seperti kayu, rotan, damar, dan juga yanglainnya dijual (ekspor) sebagai sumber pendapatan negara. Telah seharusnya negara mempergunakannya untuk kepentingan kesejahteraan rakyat.


Mencegah Bencana Alam

Fungsi hutan terhadap kehidupan lainnya ialah hutan bisa mencegah ataupun meminimalisir terjadinya bencana alam seperti banjir dan juga longsor. Kedua bencana alam tersebut dikarenkan oleh volume air yang berlebihan yang terdapat dibumi, dan juga pohon-pohon yang ada dihutan dapat menampung air tersebut.


Menyimpan Air

Salah satu di antara banyak peranan hutan ialah sebagai tempat penyimpanan air dalam volume yang sangat besar. kalau hutan kita rusak maka air dengan volume yang sangat besar tersebut tak bisa tertampung sehingga hal seperti ini dapat menimbulkan bencana alam seperti banjir dan juga longsor.


Mengurangi Polusi

Fungsi dari hutan lainnya yang sangat berguna bagi kehidupan manusia didunia ialah hutan bisa mengurangi polusi udara. Kita tahu bahwa polusi udara sangat membahayakan manusia, dan juga udara yang tidak sehat tersebut bisa diserap oleh pohon-pohon yang ada dihutan.


Tempat Wisata

Ketahuilah bahwa hutan tidak hanya mempunyai tanaman ataupun pohon-pohon saja, terdapat juga hutan yang mempunyai panorama yang begitu indah. Oleh karenanya itu tidak sedikit hutan yang dijadikan sebagai tempat wisata. Tentunya sangat menguntungkan karena dapat dijadikan sumber pendapatan daerah.


Untuk Pendidikan

Tak  hanya sebagai tempat wisata, hitan juga dapat dijadikan sebagai tempat riset dan juga penelitian untuk pendidikan. Pada Penelitian yang seperti ini dapat dijadikan informasi bagi masyarakat tentang bagaimana pentingnya keberadaan hutan ini dan juga menyadarkannya agar selalu menjaga dan juga melestarikannya.


Mengatur Iklim

Keberadaan hutan ini sangatlah penting bagi kehidupan manusia, salah satunya ialah hutan kota. Hutan kota ini berguna untuk mengatur iklim yang terdapat di sekitar kota tersebut, contohnya dengan mengurangi efek panas, memberikan kesejukan, dan juga berbagai manfaat lainnya.


Cara Melestarikan Hutan

  1. Melakukan reboisasi

Reboisasi ialah salah satu alternatif untuk melestarikan hutan. Reboisasi ialah menanam kembali hutan-hutan yang telah rusak yang merupakan cara untuk mencegah hutan gundul, yang di kira tak layak lagi untuk di tempati dan juga digunakan oleh makhluk hidup, sehingga hutan tersebut akan tetap terjaga keberadaannya dan juga tetap bisa di gunakan oleh manusia pada ruang publik kehidupan. Dengan adanya reboisasi ini, hutan akan semakin hidup. Selain itu juga, dengan adnaya reboisasi, hutan ini akan kembali menghijau dan juga terus menghijau dan akan menjadi lestari serta bersih.


  1. Menerapkan sistem tebang pilih

Seperti yang telah di jelaskan, bahwasanya salah satu manfaat hutan bagi manusia ialah sumber ekonomi yaitu dari pohon-pohon hutan tersebut. tetapi, walaupun begitu, banyak manusia yang sembarangan menebang demi faktor ekonomi mereka, sehingga tak adanya sistem tebang pilih. Dengan adanya sistem tebang pilih ini, akan bisa mengurangi dampak penebangan hutan secara liar dan juga dalam jumlah besar-besaran. Selain itu system ini juga berguna untuk masyarakat agar tak sembarang dalam melakukan penebangan hutan.


  1. Menerapkan sistem tebang-tanam

Sistem tersebut sangatlah berguna bagi pelestarian hutan yang harus tetap dijalankan. Sistem penebangan hutan yang selanjutnya diganti dengan menanam hutan yang sedah ditebang agar hutan tetap terjaga keberadaannya. Seperti halnya seperti tanggung jawab di mana seudah dilakukannya penebangan hutan, ditanamnya lagi pohon-pohon agar ada ganti dari proses penebangan ini. dengan menanam kembali juga atas apa yang telah di tebang, maka hutan akan tak menjadi gundul dan juga hutan akan tetap terjaga kelestariannya dan juga akan terhindar dari penyebab pemanasan global.


  1. Melakukan penebangan secara konservatif

Melakukan Penebangan secara konservatif ialah penebangan dengan cara menebang pohon yang telah tidak berproduktif lagi di hutan tersebut, sehingga tak terjadinya kesalahan penebangan di mana terdapat pohon yang masih muda ataupun pohon yang masih bisa berproduktif dan juga digunakan di potong secara sembarangan yang bisa mengakibatkan kerugian bagi manusia itu sendiri. Menebang pohon yang sudah tak berproduktif lagi juga akan memberikan lahan untuk menanam kembali pohon-pohon pada proses penghijauan dan bisa melestarikan hutan tersebut.


  1. Memberikan sangsi bagi penebang yang melakukan penebangan sembarangan

Memberikan sanksi di sini maksudnya supaya penebang yang melakukan penebangan secara sembarangan jera terhadap apa yang telah dilakukannya. Selain masyarakat juga harus menjaga kelestarian hutan, pemerintah pun harus ikut terlibat pada pelestarian hutan. Pemerintah harus ikut serta turun tangan pada pelestarian hutan. Sebaiknya juga, pemerintah memberikan sanksi yang berat terhadap para pelakunya, yang dapat membuat mereka jera dan juga tak melakukan kesalahan mereka lagi.


  1. Mengidentifikasi dan mencegah terjadinya kebakaran hutan

Belakangan belakangan ini, negara Indonesia ataupun negara tetangga lainnya sangat merasakan dampak dari terjadinya kebakaran hutan yang di alami indonesia. Dampak ini yakni bencana kabut asap. Kabut asap yang terjadi pada Indonesia saat ini terjadi sebab adanya kebakaran hutan yang terjadi dimana-mana. Maka dari itulah, pemerintah sangatlah perlu mengindentifikasi apa yang menjadi penyebab kebakakaran tersebut terjadi.

Demikianlah artikel dari ayoksinau.com mengenai Hutan : pengertian , Macam, Fungsi , Manfaat dan cara melestarikan, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.