Fungsi Ligamen : Pengertian, Stabilasi dan Perlindungan

Diposting pada

Table of Contents

Pengertian

Ligamen ialah jaringan fibrosa lembut yang menghubungkan antara tulang bersama-sama selain membantu guna memandu gerakan tubuh. Fungsi utama dari ligamen ialah sebagai jangkar bagi tulang dan juga otot. Akibatnya, ligamen umumnya akan bisa ditemukan pada hewan yang memiliki tulang, dan bukan pada hewan yang tidak memiliki tulang.

 Fungsi-Ligamen-:-Pengertian,-Stabilasi-dan-Perlindungan

Ligamen mengatur berbagai macam sendi gerak. Sebagai penghubung antara bagian sendi maupun otot, ligamen juga menjaga otot agar tidak meregangkan sendi sejauh sampai bisa terkilir. Seringkali, beberapa bagian ligamen memandu satu sendi. Ini ialah kasus untuk ligamen spinalis dan juga tulang belakang, misalnya.

Stabilisasi

Ligamen juga menyediakan sebuah  fungsi penting bagi menstabilkan sendi ataupun juga membantu mereka guna bekerja secara normal bagi tubuh. Tanpa ligamen, ototpun bisa menarik terlalu keras, ataupun ke arah yang salah, dan juga tubuh akan kehilangan ketangkasan substansial.

Sebagai contoh, anterior cruciate ligament atau sering disebut (yaitu ACL), yang merupakan sebuah ligamen di belakang lutut,yang  membantu memastikan agar lutut bergerak ke arah yang benar dan juga merata ketika otot kaki tertarik. Karena ligamen sangat tidak cukup elastis, ACL pun sering terluka karena dalam olahraga dapat berdampak tinggi seperti sepak bola, ketika lutut dipukul, memutar, ataupun juga kehilangan stabilitas.

Perlindungan

Tulang terkadang  rentan terhadap kerusakan saat Anda bergerak maupun beraktifitas di sekitarnya, tetapi ligamen yang ada untuk bergerak ataupun juga menyerap agar dampak sebaliknya. Misalnya, mereka akan melindungi bagian sendi seperti sendi siku Anda ketika Anda mencoba agar untuk  mengambil sesuatu dan juga berat benda mengancam akan merusak tulang maupun otot.

Keberadaan ligamen itu  sendiri  yaitu terletak pada persendian, baik tersebut pada  sikut, lutut, pergelangan tangan, di pergelangan kaki dan juga lainnya yang mengontrol gerak ataupun menstabil kan tulang-tulang,sampai-sampai tulang bergerak sebagaimana harusnya bergerak. Jika ligamen pergelangan maupun lutut kaki,kaki kita baru-baru ini cedera, kenakan brace (penyokong dari karet) yaitu untuk menahan sendi maupun tulang akan tetap sedang di posisi yang benar. Dari hasil sebuah pengecekan di Barcelona, diketahui bahwa marsel merasakan cedera di Anterior Cruciate Ligament (ACL) pada area lutut kanannya. Berbekal ilmu anatomi dan juga  pengetahuan mengenai Orthopedi, melewati mekanisme akan terjadinya cedera, sesaat sesudah kejadian sayapun  memutuskan cedera Cristiano yang  terjadi pada Ligamentum Collateral lateral  ataupun juga Ligamentum Collateral Medial, dua dari 4 ligamen yang  berada pada sendi lutut.

Pemain yang berasal dari  Belanda tersebut harus naik meja operasi karena setelah merasakan cedera robek otot ligamen tersebut . Ligamen (ligamentum) adalah  sebuah jaringan yang berbentuk pita yang tersusun dari sebuah serabut-serabut liat yang mengikat pada tulang satu dengan tulang beda pada sendi. Bek tengah belia Blaugrana, Marc Muniesa, divonispun  menderita cedera robek atau  ACL (Anterior Cruciate Ligament)pada  lutut kanannya  dan diduga dia  harus absen di sepanjang putaran kesatu musim depan nanti .ligamen

Semua ligamen, otot, tulang dan juga sendi faset yaitu ialah struktur tubuh yang sangat sensitif terhadap rangsangan nyeri, sebab itu  struktur persarafan sensoris. Cedera atau pun sebab jatuh terkilir akan dapat menyebabkan terjadinya robeknya tulang rawan ataupun juga ligamen (yang dinamakan kompleks fibrokartilago segitiga – TFCC  yaitu (triangular fibrocartilage complex)) yang menstabilkan suatu  sendi di sisi jari kelingking  dan di pergelangan tangan (sendi radioulnar distal – DRUJ (distal radioulnar joint)). ( anterior cruciate ligament / ACL)yaitu  ialah salah satu dari empat ligamen utama yang ada  di dalam sendi lutut ACL  yang  menempel pada ujung tulang paha ( femur ) di daerah belakang sendi maupun memanjang melewati daerah sendi lutut ke unsur bagian  depan permukaan atas tulang kering ( tibia ).

 Terkadang juga Bagian Ligamen akan muncul pada bagian daerah di distrik kepala dan juga leher (krikotiroid ligamen, ligamen periodontal, ligamen suspensorium okular, dll), di daerah wilayah pergelangan tangan (ligamen dorsal radiocarpal, radial ligamen kolateral, palmar radiocarpal ligamen, ulnaris ligamentum radiocarpal, dll ), di bagian daerah dada yaitu meliputi (suspensorium ligamen dada), ligamen lutut (ligamen patella, ligamentum cruciatum anterior, ligamen caudal, ligamen kolateral lateralis, ligamen tengkorak, ligamen posterior, medial ligamen kolateral, dll) dan juga wilayah panggul. Lutut adalah bagian sendi terbesar di dalam tubuh kita, di dalam daerah  lutut ada tidak sedikit atribut tidak melulu bagian tulang paha, tempurung atau tungkai bawah saja tapi itu pun ada 4 ligamen utama, tendon, dan juga bantalan lutut. Gerakan pelajaran ini akan  bakal memperkuat tendon, otot, ataupun  pada ligamen dalam kumpulan pada  otot mayor yang ada di dalam tubuh Anda.

Yang Paling banyak, mereka merasakan cedera ligamen lutut dan juga  ACL (Anterior Cruciate Ligament). Ligamen lutut anterior ataupun  anterior cruciate ligament (ACL) tersebut sendiri ialah salah satu bagian  jaringan pengikat yang ada pada sebuah  sendi lutut. Cedera pada  pergelangan kaki terjadi di saat ligament yang menyokong bagian  tulang-tulang pergelangan kaki teregang atau pun juga terobek.

Oleh karena sebab ligament memainkan peranan yang urgen di dalam pergerakan  sebuah sendi, maka ia pun juga  dapat merasakan cedera. Ligament sendiri juga berperan melanjutkan sebuah  gaya yang ditransmisikan oleh  otot antara tulang yang satu dengan daerah tulang yang lainnya, sehingga pada saat terjadi sebuah pergerakan, stabilitas sendi akan bisa dipertahankan. Upaya ekstra tersebut untuk meminimalisir nyeri di bagian  ligamentum rotundum, yaitu: a) menekuk lutut hingga menyentuh bagian  abdomen; b) memindahkan nyeri guna meminimalisir peregangan pada bagian ligament; c) memiringkan pelvis; d) bisa juga mandi air hangat; e) pakai bantalan pemanas pada  bagian lokasi yang terasa sakit melulu jika anda tidak ada kontraindikasi; f) pakai sebuah bantal agar  untuk menopang uterus dan juga  bantal lainnya yang diletakkan pada salah satu bagian lutut sewaktu sedang posisi berbaring miring; g) memakai korset penopang untuk  abdomen.

demikianlah artikel dari kami mengenai  Fungsi Ligamen : Pengertian, Stabilasi dan Perlindungan, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.