Definisi Linguistik Lengkap Menurut Para Ahli | Ayoksinau.com

Diposting pada
Definisi Linguistik Lengkap Menurut Para Ahli | Ayoksinau.com
Rate this post

Definisi Linguistik – Hai sahabat Ayoksinau.com, kali ini kami akan membahas mengenai definisi linguistik secara lengkap juga berdasarkan dari pendapat para ahli. Kalian sudah sering mendengar kata linguistik bukan? Baiklah langsung kita simak saja ya.

Definisi Linguistik

Definisi Linguistik

Kata linguistik berasal dari kata dalam bahasa latin yaitu “lingua” yang memiliki arti yaitu ’bahasa’. Dalam bahasa Perancis, terdapat tiga istilah yang berkaitan atau yang memiliki arti yang sama dengan kata linguistik, diantaranya yaitu:

  1. Langage, yang berarti bahasa secara umum.
  2. Langue, yang memiliki arti sebagai suatu bahasa tertentu.
  3. Parole, yang berarti bahasa dalam wujud yang nyata yakni berupa ujaran.

Ilmu linguistik sering juga sering disebut dengan kata linguistik umum atau general linguistics. Jadi, ilmu linguistik tidak hanya membahasa atau mengkaji tentang sebuah bahasa saja, melainkan membahas atau mengkaji hingga seluk beluk bahasa pada umumnya, yang mana dalam Perancis diistilahkan dengan kata “langage”.

Adapun untuk pakar linguistik atau ahli linguistik disebut dengan linguis. Bapak Linguistik moderen yaitu Ferdinand de Saussure (1857-1913). Yang mana beliau memiliki buku tentang bahasa yang diterbitkan pertama kali tahun 1916, yang berjudul “Course de Linguistique Generale”.

Adapun definisi linguistik yaitu dasar mempelajari keahlian dalam berbahasa. Sedangkan, untuk manfaat dari linguistik itu sendiri diantaranya yaitu untuk membantu dalam melaksanakan dan menyelesaikan tugas. Hal ini sangatlah penting untuk guru khususnya guru bahasa, untuk dapat menterjemahkan atau mengartikan suatu bahasa ke bahasa yang lainnya, yang mana nantinya dapat digunakan dalam menyusun kamus, selain itu juga bisa digunakan untuk menuntun buku pelajaran.

READ  Pengertian Stratifikasi Sosial - Bentuk, Ciri, Pembentukan & Manfaat Hingga Kerugiannya | Ayoksinau.com

Linguistik juga diartikan sebagai salah satu ilmu yang mempelajari bahasa sebagai bagian dari suatu kebudayaan dengan berdasarkan struktur bahasa itu sendiri.

Para antropolog telah membedakan tujuh unsur kegiatan manusia dan sekelompok masyarakat yang mencirikan kepribadian mereka adalah sebagai berikut:

  1. Bahasa
  2. Agama
  3. Kesenian
  4. Sistem peralatan
  5. Sistem mata pencaharian
  6. Sistem ilmu pengetahuan
  7. Sistem masyarakat

Keseluruhan kegiatan anggota masyarakat serta corak kegiatan dari anggota masyarakat itu dirangkumkan dengan suatu definisi yaitu kebudayaan.  Bahasa adalah salah satu bagian dari kebudayaan manusia.  Bahasa adalah suatu alat perekam kebudayaan.  Pada awalnya, berdasarkan analisis terhadap bahasa berdasarkan dari fungsi bahasa yaitu bahasa digunakan sebagai suatu alat perekam dari kegiatan kebudayaan.  Pengamatan bahasa baik dari luar ataupun studi di luar bahasa itu sendiri sifatnya adalah ekstralinguistik. Bahasa itu sendiri merupakan bagian dari suatu kebudayaan serta hasil dari kegiatan kebudayaan itu sendiri.  Pada linguistik moderen ingin mengembalikan otonomitas bahasa.  Adapun ilmu yang memilih bahasa untuk  menjadi obyek analisis dan penelitian tersebut disebut dengan linguistik.

Artikel terkait:

Inilah Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia Dari Dahulu Hingga Sekarang

Tips Belajar Bahasa Inggris Dengan Mudah [WAJIB BACA]

Definisi Linguistik Menurut Para Ahli

Beberapa para ahli telah mengemukakan pendapatnya mengenai definisi linguistik. Berikut ini adalah definisi linguistik dari pendapat para ahli yang telah dikemukakan:

  1. Menurut Bloomfield (1933: 20 – 34), definisi dari linguistik yaitu sains (science), seperti halnya ilmu fisika dan ilmu kimia adalah bagian dari sains (science).
  2. Menurut Comsky, definisi dari linguistik yaitu suatu generatif yang sifatnya adalah mentalistik hal ini dikarenakan tujuan utamanya adalah untuk menjelaskan hakekat kompetensi (competence) dan bukan menjelaskan hakekat kinerja (performance).
  3. Menurut Hjlemslev, definisi dari linguistik adalah suatu contoh metasemiotika (telaah tentang bahasa yang juga adalah bahasa itu sendiri).
  4. Menurut Benveniste, definisi linguistik yaitu suatu perbedaan antara dimensi-simensi semantik dan semiotik pada suatu bahasa.
  5. Menurut Newmark, definisi lingusitik yaitu suatu ide dasar yang ada di dalam suatu teks yang bersangkutan. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa makna ini tidak berbeda jauh dari serangkaian makna leksikal.
  6. Menurut Martinet (1987: 19), definis linguistik yaitu suatu ilmu yang mengambil bahasa sebagai objek kajiannya.
  7. Menurut Matthews, definisi dari linguistik adalah suatu studi ilmiah atau ilmu bahasa yang mempelajari tentang bahasa.
  8. Menurut Harimuti Kridalaksana, linguistik didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang tata bahasa.
  9. Menurut Dubois, Jean, definisi dari linguistik yaitu suatu kajian ilmiah tentang bahasa.
READ  Pengertian Integrasi, Jenis-Jenis dan Faktor-Faktor Integrasi | Ayoksinau.com

Nah, setelah kita mengerti definisi dari para ahli di atas, dapat kita simpulkan bahwa linguistik adalah ilmu yang mempelajari tentang bahasa atau ilmu yang menjadikan bahasa sebagai objek kajiannya.

Demikian pembahasan Ayoksinau.com mengenai definisi linguistik secara lengkap juga berdasarkan dari pendapat para ahli. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

Baca juga artikel berikut:

Definsi Literasi Menurut Para Ahli dan Dimensi Literasi | Ayoksinau.com

Definisi Jurnal dan Macam-Macam Jurnal | Ayoksinau.com

Pengertian Filsafat dan Ciri-Ciri Filsafat Menurut Para Ahli | Ayoksinau.com

Pengertian Rindu dan Cara Mengatasi | Ayoksinau.com