Daur Hidup Nyamuk

Diposting pada

Pengertian Nyamuk

Nyamuk ialah salah satu jenis serangga dari kerajaan animalia, filum arthropoda, yang masuk ke dalam kelas insect dan berordo diptera serta berfamili culicidae. Spesies nyamuk yang ada di dunia saat ini adalah mencapai 2.700 spesies. Bentuk nyamuk panjang dan memiliki sayap bersisik serta mempunyai kaki panjang dan moncong panjang. ukurannya biasanya tidak mencapai 15 cm.

Daur Hidup Nyamuk

Bentuk mulut nyamuk betina menyerupai jarum suntik akibat panjang dan runcing yang berfungsi untuk menusukan pada mamalia baik manusia maupun binatang bak penghisap darah. Hal ini berbeda atas nyamuk jantan yang bentuk mulutnya lebar atas nyamuk jantan tidak menghisap darah namun memangsa larva nyamuk. Sebenarnya nyamuk tidak cuma makan darah saja melainkan sari buah dan sayur.

Daur Hidup Nyamuk

Pertama kali yang akan dibahas ialah proses kawin dari nyamuk ini. proses kawin dilakukan atas tanda nyamuk jantan masuk ke dalam sarang baru diikuti oleh nyamuk betina. selesai nyamuk betina keluar dari sarang dan barulah sang jantan akan mengawini betina sebelum si betina pergi menghisap darah.

Nyamuk betina hanya kawin satu kali semasa hidupnya. Hidup nyamuk bisa tergantung atas air, jika tidak ada air maka nyamuk bisa mati. Setelah proses kawin sesudahnya nyamuk betina akan bertelur di dalam air.

  1. Telur nyamuk

Nyamuk bertelur sama hal nya atas daur hidup kupu-kupu yaitu atas meletakan telurnya di dalam air, jika telur berada di luar air maka bisa dipastikan telur akan rusak / mati. Cara nyamuk bertelur di atas air berbeda tergantung atas jenisnya masing-masing. misalnya saja nyamuk culex yang meletakan telurnya sebagai bersama dan bergerombol atas telurnya ini nanti bisa mengapung di atas air.

Namun untuk jenis nyamuk anopheles bakal meletakan telurnya satu-satu dan tidak bergerombol. Daerah mereka bertelur bisa di kolam, rawa / tempat berair lainnya. Jika kolam cukup kering maka induk nyamuk bisa memakai bagian bawah perutnya bak reseptor dan akan mencari tempat yang paling lembab kebanyakan berada di tumbuhan yang basah. Isi sekali bertelur, nyamuk dapat melepaskan sekitar 300 telur nyamuk. Panjang dari telur nyamuk amat kecil kurang dari 1 mm oleh karena itu biasanya tidak bisa terlihat oleh manusia. Selepas itu nyamuk akan dierami dan akan menetas pada hari ke 1 / 2 kemudian.

  1. Jentik nyamuk

Selepas telur nyamuk menetas akan sebagai jentik nyamuk yang sama hal nya seperti daur hidup kecoa yang menghasilkan nimfa seperti jentik nyamuk juga. Bentuk dari jentik nyamuk panjang seperti benang melalui warna hitam. Proses bak jentik yang dilakukan hanya selama 8 samaoi 10 hari tergantung dari suhu, udara, temperature dan banyaknya predator yang ada. Jentik nyamuk bernafas memakai bagian ujung ekornya. Mereka ini memakan berbagai organism / sebagian dari beberapa jenis jentik nyamuk justru memangsa jentik lainnya. Jentik nyamuk harus hidup diatas air, bahkan di dalam air dimanapun tempatnya.

  1. Pupa

Fase selanjutnya setelah jentik nyamuk ialah pupa atau kepompong, pada fase ini membutuhkan waktu sekitar 1 hingga 2 hari saja. fase ini merupakan fase terakhir nyamuk berada di dalam air, mereka bernafas membentuk tanduk thorakis yang berada di dalam gelung thorakis. Selepas sayapnya terbentuk dan kemudian pupa nyamuk akan di keluarkan dari air dan mulai berusaha terbang. Nyamuk akan belajar terbang atas cepat dan saat itulah juga nyamuk sudah dapat dikenali jenis kelaminnya apakah betina / jantan. Saat nyamuk keluar dari dalam kepompong dirinya harus bergerak belajar terbang tanpa harus menyentuh air artinya hanya kakinya saja dapat bisa menyentuh air.

  1. Nyamuk

Fase ini melambangkan fase terakhir dari nyamuk. Ketika nyamuk telah sempurna dia akan langsung siap mengelilingi dunia atas sayapnya. Biasanya nyamuk akan melakukan perkawinan dalam jangka waktu 1 sampai 2 hari dan setelah dirinya keluar dari kepompong. Proses yang sangat cocok sama seperti daur hidup katak .

Cara Berkembang Biak Nyamuk

Nyamuk betina bakal meletakan telurnya pada tempat yang berbeda-beda sesuai atas jenis nyamuk itu sendiri. Ada beberapa spesies nyamuk yang mempunyai tempat teduh dan berair namun ada juga yang menyukai alam yang terkena sinar matahari langsung. Ada jenis nyamuk yang bisa bertelur di air payau dan ada juga di air tawar, ada nyamuk yang lebih suka hidup di air kotor namun dapat juga yang lebih menyuaki air yang bersih. Karena jenisnya dan alam tinggalnya ini berbeda-beda maka memperlukan cara yang berbeda pula.

Wabah Penyakit Nyamuk yang Menyebabkan Gatal

Nyamuk ialah hewan nomer satu penyebab manusia sakit. Ada beberapa jenis nyamuk seperti aedes /aegepty yang menyebabkan penyakit demam berdarah. Penyakit demam berdarah justru seringkali menjadi kejadian luar biasa (KLB) di jumlah daerah di Indonesia. Nyamuk demam berdarah ini akan melakukan semacam bakteri ke isi darah manusia saat nyamuk menghisap darah. Jika demam berdarah bukan segera memperoleh pertolongan akan bisa menyebabkan kematian. Ada juga nyamuk penyebab penyakit malaria, apalagi saat ini ada beberapa daerah yang masih terdapat penyakit malaria terdapat di nusa tenggara, papua, buton, endeh dan pulau Indonesia bagian timur lainnya.

Cara Membasmi Nyamun

Nyamuk bisa menyebabkan beragam penyakit yang bahaya bagi manusia maka diperlukan pembasmian walaupun umur nyamuk hanya sebentar. Pemerintah menduga mencanangkan gerakan 3M menguras, menimbun dan menutup.

Demikianlah artikel dari ayoksinau.com mengenai Daur Hidup Nyamuk, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.