Bunga Asoka : Ciri, Gambar, Ciri, Manfaat dan Cara Menanamnya

Diposting pada

Table of Contents

Pengertian Bunga Asoka

Bunga Asoka ialah bunga hias yang mempunyai nama yang diambil dari bahasa Sansekerta yang berarti sendiri ialah terbebas dari kesedihan. Yang menariknya bunga ini ialah mempunyai sejaran yang berkaitan dengan Raja Ashoka. Nama latinnya ialah Sarca Indica, bagi umat agama Hindu, bunga ini dianggap bunga suci. Terdapat dua jenis bunga asoka, yakni ialah bunga asoka biasa dan juga bunga asoka tanpa ranting.

Bunga-Asoka-:-Ciri,-Gambar,-Ciri,-Manfaat-dan-Cara-Menanamnya

Di Indonesia bunga yang umumunya ditemukan pada pekarangan ini dianggap sebagai tanaman yang dapat mengusir kesedihan sementara itu di Negara-negara Eropa bunga ini disebut sebagai Flame of the Wood yang mempunyai arti api hutan karena memiliki warna yang merah.

Ciri Ciri Bunga Asoka

    Bentuk batang pada bunga ini tegak dengan kayu yang keras serta dapat tumbuh tinggi hingga mencapai 7 meter. sedangkan percabangan rantingnya bersistem simpodial dengan warna putih yang agak kotor.

    Bentuk bunganya mempunyai warna merah ,ada pula bunga yang memiliki warna kuning maupun jingga. Bunga tumbuhan asoka termasuk ke dalam bunga yang majemuk sama seperti morfologi bunga matahari yang mempunyai benang sari yang mempunyai jumlah 4 dan kepala sari bunga ini terletak di bagian mahkota.

    Sistem perakaran dari tumbuhan ini pada biasanya tunggang yang menjalar ke bawah agar dapat menopang ketinggian dari tumbuhan ini dan juga mampunyai warna kecoklatan.

    Daun tanaman ini mempunyai bentuk lonjong dengan ujung yang runcing.

Cara Penanaman

Pohon bunga Asoka umumnya dijadikan sebagai tanaman hias yang diletakkan di halaman rumah. tetapi sebelum dipindahkan hal yang perlu dilakukan adalah membuat lubang tempat pohon bunga Asoka nantinya ditempatkan.

Di lubang-lubang tersebut, kalian dapat memasukkan campuran dari tanah gembur juga pupuk kandang sebagai untuk media sebelum bibit hasil semaian pohon bunga Asoka dimasukkan kedalam lubangnya. Sama halnya seperti pada saat penyemaian, bibit yang baru saja dipindahkan harus berdiri tegak jangan sampai miring karena dapat mempengaruhi bentuk dari pohon bunga Asoka saat tumbuh nanti.

Waktu penanaman yang tepat adalah pada saat pagi / sore hari, sangat tak disarankan menanam / memindahkan bibit dari media semaian ke lahan tanam di saat siang hari karena  saat itu matahari sedang bersinar dengan terik yang akan dapat mempengaruhi kelembapan juga suhu tanah. Pada pagi / sore hari, kelembapan dan juga suhu tanah tak setinggi pada saat siang hari sehingga cocok bagi bibit pohon bunga Asoka untuk beradaptasi.

sesudah penanaman dilakukan yang perlu kalian lakukan selanjutnya adalah menyiramnya dengan air. Usahakan mengunakan air mengalir / air yang bersih. Air yang keruh / kotor mengandung banyak bakteri / bibit-bibit penyakit yang dapat menulari bibit pohon bunga Asoka yang akan kalian tanam sehingga tak tumbuh secara optimal sesuai keinginan kalian.

Satu hal yang harus diperhatikan mengenai pohon bunga Asoka adalah pasokan dari sinar matahari yang diperoleh. Pohon bunga Asoka harus memperoleh sinar matahari yang cukup supaya proses fotosintesis dari pohon bunga Asoka tak terganggu dan proses perkembangan juga pertumbuhan tanaman berjalan secara maksimal.

manfaat dari bunga asoka:

  1. Dapat meredakkan stres dan menenangkan otot rahim
  2. Dapat mengobati diare alias mencret
  3. Dapat menambahkan nafsu makan
  4. Dapat menghentikan pendarahan dengan cepat
  5. Dapat mengatasi kram dan peradangan pada beberapa bagian tubuh

Demikianlah artikel mengenai penjelasan tentang Bunga Asoka : Ciri, Gambar, Ciri, Manfaat dan Cara Menanamnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.