Pengertian Sel Darah, Fungsi, Jenis & Pembentukannya | Ayoksinau.com

Posted on

Sel Darah – Pada kesempatan ini kita akan mengulas lebih jelas tentang sel sel darah yang ada pada manusia. Sudah tahukah kalian apa itu sel darah ? dan apa saja yang termasuk kedalam sel darah manusia. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas apa itu sel darah dan fungsinya.

Sel Sel Darah

gambar sel darah

Sel-sel darah yang pada manusia, terdiri dari beberapa sel darah, diantaranya sel darah Merah (eritrosit), sel darah Putih (leukosit) dan juga keping darah (trombosit).

Dalam sel-sel darah yang ada, terdapat kandungan sel-sel darah putih dan juga keping darah kurang lebih sebanyak 1%, sedangkan untuk sel darah merahnya sekitar sebanyak 99%.

1. Sel Darah Merah (Eritrosit)

Sudah Pernahkah kalian melihat darah? Apa itu Darah ? Kenapa darah memiliki warnamerah. Apakah kalian tahu mengapa darah berwarna merah?

Darah berwarnamerah dikarenakan adanya sel-sel darah merah. Selsel darah merah memiliki bentuk yang bulat dan juga gepeng yang kedua permukaannya cekung.

Seldarah merah tidak memilikiinti sel serta mengandung hemoglobin. Apakah kalian masih ingat apa itu hemoglobin? hemoglobin memiliki fungsi yaitu untuk mengikat oksigen dan juga karbon dioksida yang ada didalam darah.

Mengapa Hemoglobinberwarna merah ? hal tersebut terjadi dikarenakan itu sel darah merah berwarna merah.

Jumlah sel darah merah yang normal kurang lebih sekitar 5 juta sel/mm3 darah. Sel darah merah dibentuk pada tulang-tulang pipih yang ada di sumsum tulang dan dapat hidup sampai 120 hari.

Dan jika sel darah merah rusak atau sudah tua maka sel ini kemudian akan dirombak kedalam limfa. Hemoglobin dari sel darah merah yang dirombak kemudian akan terlepas dan dibawa ke dalam hati yang kemudian dijadikan zat warna empedu.

Kemudian zat besi yang berasal dari hemoglobin yang terlepas tadi kemudian akan membentuk kembali sel darah merah.

Baca juga :

Sel Darah Putih(leukosit)

Sel darah putih sebenarnya tidaklah memiliki warna yang putih. Tetapi mengapa dikatakan sel darah putih ? lantas apa yang membedakan antara darah merah dan darah putih ?

Dan untuk dapat membedakannya sel darah merah yang berwarna merah.

Untuk sel darah putih memiliki bentuk yang tidak teratur atau tidak tetap. Sedangkan untuk sel darah merah selalu berada di dalam pembuluh darah, dan sel darah putih juga dapat keluar dari pembuluh darah.

Dikarenakan fungsi darah putih adalah menjada tubuh, maka sel darah putih mempunyai kemampuan untukdapat terus bergerakbebas. Sel darah putih mempunyai inti sel tetapi tidak berwarna (tidak memiliki pigmen). sel darah putih dibagi menjadi lima jenis berdasarkan zat warna yang diserapnya dan bentuk intinyaantara lainlimfosit, basofil, monosit, neutrofil dan eosinofil. Secara normal jumlah sel darah putih yang adapada tubuh kita kurang lebih 8.000 pada tiap 1 mm3 darah. Dan untuk sel darah putih hanya hidup sekitar 12 – 13 hari saja.

Fungsi sel darah putih

Sebenarnya fungsi dari sel darah putih yaitu sebagai pertahanan tubuh dari serangan penyakit. Apabila tubuh kalian terluka dan terdapat kuman, maka sel darah putih akan menyerang atau memakan kuman-kuman tersebut. Ibarat sebuahkerajaan, sel darah putih merupakanpasukan tempur nya.. Tubuh akan memproduksi lebih banyak sel-sel darah putih jika seseorang diserang penyakituntuk melawan bibit penyakit tersebut.

Keping Darah (trombosit)

Keping darah memiliki bentuk yang bulat atau lonjong. Ukuran keping darah yang ada pada tubuh lebih kecil daripada sel darah merah. Jumlahnya kira-kira kurang lebih 300.000 pada tiap 1 mm3 darah. Keping darah hanya hidup 8 hari.

Fungsi Keping Darah

Keping darah berfungsi pada saat proses pembekuan darah.

Ketika terjadi luka, darah keluar melalui luka tersebut. Keping darah akan menyentuh permukaan luka, yang kemudian pecah dan mengeluarkan trombokinase.

Apakah kalian masih ingat tentang plasma darah, plasma darah yang berfungsi dalam mengandung zat untuk proses pembekuan darah, yaitu Protrombindan Fibrinogen

Trombokinaseakan dibantu dengan ion kalsium dan akan mengubah Protombinmenjadi Trombin. Trombinyang diperlukan untuk mengubah Fibrinogenmenjadi benang-benang fibrin. Ketika tubuh kita terluka, maka kemudian luka-luka tersebut akan ditutup oleh benang fibrin. Benang fibrin yang berupa benang-benang yang halus, sehingga darah akan berhenti keluar.

Baca juga artikel di bawah ini :

Demikianlah ulasan dari ayoksinau.com mengenai sel darah semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda.