Sejarah Negara Malaysia Yang Belum Banyak Diketahui | Ayok Sinau

Posted on

Sejarah Negara Malaysia – Setiap negara pasti memiliki cerita dan sejarahnya masing-masing, tidak terkecuali negara Malaysia. Negara yang mayoritasnya beragama muslim ini memiliki sejarah yang lika liku dan membuatnya bangkit untuk merdeka. Malaysia adalah negara yang terdiri dari beberapa pulau dan menjadi negara berkembang saat ini.

gambar Sejarah Negara Malaysia

Seperti halnya negara lain yang pernah dijajah oleh bangsa Eropa, negara Malaysia pun juga mengalaminya. Pedihnya dijajah oleh bangsa lain membuat rakyat Malaysia bangkit dan berjuang melawan kolonialisme. Hingga pada akhirnya negara ini mencapai kemerdekaannya dan lepas dari segala penjajahan yang ada.

Negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara ini berubah menjadi bordil ketika bangsa Eropa mulai berdagang melewati Selat Malaka. Ada banyak kerajaan yang berdiri pada abad ke 4 dan berasal dari pelabuhan, seperti Lembah Bujangkau dan Langkasuka di Kedah, Pan Pan di Kelantanm dan Gangga Negara serta Beruas di Perak. Kesultanan Malaka didirikan pada abad ke 5, dan kemakmuran ekonominya telah menarik perhatian para penjajah dari Inggris, Belanda, dan Portugis.

Pada tahun 1897, tentara Inggris mulai menghasut para raja di kerajaan Melayu. Karena perang saudara dan gangguan dari Cina, Inggris ditunjuk sebagai penyelesaian masalah penduduk di Negeri Selat. Akhirnya ditandatanganilah perjanjian Pangkor yang melibatkan kekuasaan Inggris ke negeri Melayu seperti Selangor, Pahang, Perak, dan Negeri Sembilan.

Baca juga :

Borneo Utara Britania dahulunya ada di bawah kekuasaan Kesultanan Sulu dan digabungkan mejadi koloni Kerajaan Inggris ketika Sarawak menjadi milik keluarga Brooke. Karena penaklukan Jepang di Perang Dunia II serta kebangkitan komunis, upaya dan dukungan untuk merdeka semakin kuat.

Ketika Inggris ingin membentuk Uni Malaya sesudah perang berakhir, masyarakat Melayu menentang serta menginginkan sistem nubie-Melayu. Kemudian akhirnya Singapura melepaskan diri dari negara Malaysia dan membentuk negara sendiri seperti sekarang ini serta meminta sistem kewarganegaraan tunggal.

Setelah perang, persekutuan baru diwujudkan pada tanggal 16 September 1964 di bawah nama Malaysia melalui penyatuan Persekutuan Malaya, Borneo Utara, Singapura, dan Sarawak. Kesultanan Brunei yang awalnya menyatakan ingin bergabung dengan Malaysia tiba-tiba mengurungkan niatnya karena bertentangan dengan sebagian masyarakat Brunei.

Awal terbentuknya Malaysia banyak sekali masalah yang terjadi. Contohnya saja Indonesia atau konfrontasi dan tuntutan Filipina terhadap Sabah. Selain itu Singapura melepaskan diri pada tahun 1965 dan terjadilah kerusuhan etnis di tahun 1969.

Sejarah Malaysia diatas mengingatkan kita, bahwa negara kita ini Indonesia juga pernah mengalami hal yang sama bahkan lebih pedih. Beratus-ratus tahun negara kita dijajah dan membuat semangat perjuangan selalu tumbuh.

Oleh sebab itu, kita yang sekarang ini sudah merdeka harus tahu bagaimana menjaga negeri kita tercinta ini supaya pihak asing tidak bisa masuk lagi untuk menjajah. Kita yang saat ini sudah merdeka memiliki tugas untuk mengisi kemerdekaan dengan semangat hidup dan pikiran yang selalu positif.

Itulah sedikit ulasan mengenai sejarah Negara Malaysia. kunjungi terus ayoksinau.com untuk informasi menarik lainnya.

Baca juga ulasannya lainnya :