Ragam-Ragam Musik Di Indonesia Yang Harus Anda Ketahui | Ayoksinau.com

Posted on

Ragam Musik Indonesia – Di dunia terdapat banyak sekali ragam jenis musik, terutama di Indonesia. Di Indonesia terdapat banyak sekali ragam musik. Mulai dari musik tradisi sampai musik modern. Semua ragam musik yang ada memiliki ciri khasnya masing-masing yang memperkaya khasanah musiik yang ada di Indonesia. Musik yang pada umumnya digunakan untuk menghibur atau hiburan. Dari sekian banyak ragam musik yang ada, dapat dikelompokan, diantaranya

Ragam Musik Indonesia

gambar ragam musik indonesia

1. Musik Anak-anak

Musik anak-anak ini biasa dinyanyikan dengan kalimat yang sangat sederhana dan tidak menggunakan kalimat yang terlalu panjang. Bahasa yang sederhana dan tidak terlalu sulit agar mudah untuk ditangkap oleh anak-anak, serta tidak terlalu banyak menggunakan kata kiasan ataupun ungkapan yang berbelit-belit. Tema yang digunakan dalam musik ini pun disesuaikan dengan jiwa anak-anak. Dalam membuat/menciptakan lagu anak-anak melodi yang digunakan tidaklah lebih dari 10 buah nada, karena semakin sedikit nada yang digunakan maka akan semakin berbobot lagu yang diciptakan. Rentang nada atau sering disebut dengan rentang jarak nada yang digunakan pun tidak terlalu lebar dari yang paling tinggi ke yang paling rendah. Hal tersebut dikarenakan suara anak-anak yang masih sempit dan masih dalam masa perkembangan. Jika lagu anak-anak mempunyai rentang nada yang lebar, maka akan sulit dinyanyikan oleh anak-anak.

Isi makna lagu pada lagu anak-anak harus bersifat mendidik dan mengarah ke hal-hal positif. Contohnya seperti perbuatan tingkah laku yang baik, cinta tanah air, kasih sayang orang tua, dan mengagungkan nama Alloh.

Musik Keroncong

gambar musik keroncong di indonesia

Beberapa para ahli banyak yang berpendapat tentang musik keroncong ini, terutama asal mulanya. Karena banyak yang berpendapat bahwa musik keroncong ini merupakan peninggalan dari bangsa Portugi di Indonesia. Tetapi, data-data yang merupakan bukti-bukti otentik yang menunjukan bajwa irama musik keroncong merupakan milik bangsa Portugis sudah tidak ada berkasnya. Bahkan Instrumen musik keconcong pun sudah tidak ditemukan di Negara Portugis bahkan negara bekas jajahannya Timor Leste. Kemudian musik ini sudah mempunyai bentuk yang unik yang hanya ada di Indonesia.

Musik Daerah

Tanah air Indonesia merupakan negara yang kaya akan musik daerah/lagu-lagu daerah. Karena hampir setiap daerah memiliki lagu daerahnya masing-masing. Lagu daerah biasanya berisikan gambaran-gambaran kehidupan masyarakat pada daerahnya sendiri. Lagu daerah sering dinyanyikan pada acara-acara seperti pada kegiatan upacara adat dan perhelatan lainnya. Walaupun ada beberapa lagu yang sifatnya magis untuk ritual adat serta keagamaan. Tetapi kebanyakan lagu-lagu daerah dipakai sebagai sarana hiburan masyarakat dan sangat dekat dengan kehidupan rakyat jelata. Maka dari itu lagu rakyat sering disebut sebagai lagu rakyat. Beberapa ciri khas dari lagu daerah yaitu lagu yang dinyanyikan menggunakan bahasa dan gaya sesuai dengan daerah setempat, serta menggunakan bentuk pola susunan yang sederhana sehingga sangat mudah dikuasai oleh masyarakat sekitar.

Musik Populer

Musik populer mengandung dua makna, diantaranya yaitu

Yang pertama musik populer merupakan musik yang disedang disenangi oleh masyarakat dalam kurun waktu tertentu. Bahkan lagu yang sedang populer akan selalu terdengar setiap saat. Bahkan beberapa orang yang merasa ketinggalan belum memiliki lagu tersebut kemudian akan mencarinya dan menyanyikannya. Lagu yang sedang populer pada suatu daerah belum tentu sama populernya dengan daerah lain.

Yang kedua, musik populer ini disajikan menggunakan kebebasan dalam teknik penyajiannya dalam menggunakan jenis Instrumen , ritme serta bentuk pola komposisi lagunya. Pada permainan ritme akan ditunjukan pada permainan gitas bass dan drum yang sangat menggebu-gebu. Memiliki ritme yang alamiah sehingga musik ini mudah untuk dicerna. Musisi akan menampilkan gaya yang sangat beraneka ragam agar para penikmat musik populer ini lebih menghayati.

Baca juga :

Musik Perjuangan

Pada suatu negara atau bangsa tentunya selalu memiliki cara tersendiri dalam menanamkan sikat dan rasa cinta tanah air dan bangsa, kepahlawanan dan nasionalisme. Salah satu cara yang digunakan untuk menanamkan beberapa sikap tersebut yaitu melalui lagu perjuangan. Irama yang digunakan pada lagu perjuangan biasanya dengan penuh semangat, bahkan ada beberapa lagu perjuangan yang diakhiri dengan semarak. Lagu ini dinyanyikan untuk mengagungkan kebesaran bangsa dalam upaya mencapai kemerdekaan dan kemakmuran.

Musik Stambul

Musik stambul merupakan variasi dari musik keroncong. Jenis musik ini muncul sekitar permulaan abad ke-20 di Ibukota Negara Turki. Kata stambul berasal dari kata Istambul atau Konstantiopel. Rombongan musik ini selalu membawa tenda yang cukup luas untuk pentas maupun penonton. Setiap pertunjukan yang biasa meraka pentaskan banyak sekali diambil cerita dari kisah seribu satu malam, yang ceritanya berkisar di kota lstambul. Lambat laun nama sandiwara keliling tersebut lebih populer dengan nama sandiwara stambul. Lagu yang mereka ciptakan untuk keperluan pentas hanya berjumlah delapan dan diberi nama stambul I sampai dengan. stambul Vlll.

Musik Langgam

Masyakarakat masih sekali banyak yang menyamakan antara musik Langgam denga jenis musik keroncong. Memang musik Langgam merupakan variasi dari musik keroncong, akan tetapi kedua jenis musik ini memiliki perbedaan yang sangat mendasar.

Musik Danggut

Untuk musik dangdut siapa yang tidak tau?

Musik dangdut merupakan hasil dari interaksi budaya India dengan melayu dan serta musik daerah Indonesia yang melingkupinya. Musik yang tadinya berasal dari kelas bawah yang kemudian berevolusi sehingga jumlah penggemarnya mampu mengalahkan berbagai jenis musik seperti pop, jazz dan rock. Yang dulunya orang india menggunakan tarian perut pada musik ini, yang kemudian bertransisi menjadi goyangan dangdut.

Karakteristik dari musik danggut ini didapat dari bunyi peralatan musik yang digunakan seperti ketipung yang terdengar ndang ndut. Syair lagu yang digunakan pun sangat mudah untuk dicerna sehingga sangat mudah diterima oleh masyarakat sebagai pendengarnya. Kemudian sentuhan teknonolgi modern yang semakin memperkaya nuansa musik dangdut ini dengan penambahan model kostum, instumensi serta teknik-teknik permainan instrumen musiknya.

Musik Seriosa

Musik seriosa lebih merujuk kepada tehnik pengungkapan lagu secara sungguh-sungguh, bukan pada komposisi dan bentuk lagunya. Pada musik seriosa seseorang penyanyi harus mampu mengungkapkan lagu secara serius. Penyanyi harus mampu melakukan interpretasi secara tepat agar mampu mendekati kemauan sang komponis dan luluh kedalam lagu. Sehingga akhirnya ia mampu menjadi tohoh dalam lagu tersebut.

Pada musik ini harus menggunakan teknik vokal yang baik yang harus sangat dikuasai secara mapan. Improvisasi dan ornamentasi harus mampu dikembangkan dengan baik. Serta teknik pernapasan penguasaan jangkauan nada dan pemenggalan frase lagu haruslah dilakukan dengan baik.

Demikianlah ulasan mengenai ragam musik di Indonesia, semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda. kunjungi terus ayoksinua.com untuk informasi menarik lainnya.

Baca juga ulasan menarik lainnya :