Penggemar Futsal Harus Tau Sejarah Futsal Berikut Ini

Posted on

Sejarah Futsal – Konon, kata futsal berasal dari bahasa Spanyol yaitu Futbol yang artinya sepak bola dan Sala yang artinya ruangan. Jadi, futsal berarti sepak bola yang dimainkan di dalam ruangan. Permainan futsal pertama kali diperkenalkan di negara Uruguay pada tahun 1930. Yang memperkenalkan permainan ini adalah seorang pelatih sepak bola yang berasal dari Argentina yaitu Juan Carlos Ceriani.

gambar futsal

Ada pula yang beranggapan bahwa sejarah futsal berasal dari negeri mereka masing-masing seperti negara Brasil dan Canada. Permainan ini pun semakin berkembang dan kini telah di bawah naungan FIFA (Federation Internationale de Football Association).

Di negara Brazil, futsal sangat berkembang pesat dan di negara inilah muncul peraturan futsal yang tidak jauh berbeda dengan peraturan pada era ini. Setelah penetapan peraturan ini, futsal pun kian berkembang ke negara Amerika Latin dan bahkan ke seluruh dunia.

Di Italia sendiri, sejarah futsal mulai dikenal pada tahun 1950an yang diperkenalkan oleh pemain sepak bola yang diimpor dari Amerika Latin yang kala itu sedang bermain di Liga Italia Seri A. Pada waktu senggang mereka bermain futsal dan permainan ini pun semakin digemari oleh masyarakat Italia.

Lain halnya dengan negara Inggris, para pemain sepak bola justru sudah terbiasa melakukan latihan di lapangan berumput enam lawan enam. Semakin tenarnya permainan ini di negara Inggris, sehingga munculah turnamen futsal yang kala itu disponsori oleh London Express yang merupakan salah satu harian terkenal di London.

Baca juga :

Di negara Spanyol, perkembangan futsal jauh lebih cepat. Hal ini disebabkan karena gaya dan budaya bermain bola di Spanyol mirip dengan Amerika Latin. Jadi, tak butuh waktu lama untuk mengenalkan permainan ini pada masyarakat Spanyol.

Sejarah futsal berlanjut ke tahun 1965, dimana kala itu pertandingan futsal tingkat internasional di gelar untuk yang pertama kalinya. Pertandingan tersebut menjadikan negara Paraguay sebagai juaranya. Kemudian di tahun-tahun berikutnya sampai tahun 1979, Brazillah yang merajai permainan futsal. Negara Brazil juga berhasil menyabet gelar pada piala Pan Amerika yang digelar pertama kali yaitu pada tahun 1980.

Pada tahun 1974 dihelat pertemuan perwakilan futsal yang berasal dari berbagai negara guna menggagas terbentuknya The Federacao International de Futebol de Salao/Federasi Futsal Amerika Serikat (FIFUSA) yang merupakan sebuah organisasi resmi  untuk menaungi futsal. Dengan dibentuknya organisasi ini, futsal pun semakin berkembang ke seluruh penjuru dunia.

Kejuaraan futsal yang diadakan oleh FIFUSA pertama kali dihelat pada tahun 1982 di Brazil. Mengingat, futsal turut serta memajukan persepakbolaan dunia, akhirnya FIFA tertarik untuk mengambil alih futsal sebagai bagian dari sepak bola dan juga mengambil alih perhelatan kejuaraan dunia futsal.

Jadi tak hanya permainan futsalnya saja yang mampu Anda kusai, namun sejarah futsal-nya pun harus Anda ketahui untuk memperkaya ilmu Anda. Kunjungi Terus ayoksinau.com untuk informasi menarik lainnya.

Baca juga artikel lainnya :