Pengertian Sosial, Cakupan Sosial dan Faktor-Faktor Sosial | Ayoksinau.com

Posted on

Pengertian Sosial – Pada kesempatan kali ini Ayoksinau.com akan membahas secara lengkap tentang sosial, baik dari Pengertian Sosial, Cakupan Sosial dan  Faktor-Faktor Sosial.

Pengertian Sosial, Cakupan Sosial dan Faktor-Faktor Sosial

Pengertian Sosial

Sosial dari bahasa latin ’socius’ yang artinya dari lahir, dibesarkan atau tumbuh, dan berkembang di kehidupan masyarakat dengan kehidupan bersama (Salim, 2002).

Sudarno menekankan dari pengertian sebelumnya milik Salim 2002, beliau menegaskan sosial pada strukturnya, yaitu suatu tatanan dari banyak hubungan sosial dalam masyarakat (individu, keluarga, kelompok, kelas) dalam posisi sosial tertentu berdasarkan sistem nilai dan norma yang berlaku pada suatu masyarakat pada waktu tertentu.

Cakupan Sosial

Menurut Sudarno ada dua cakupan sosial antara lain interaksi sosial dan hubungan sosial yaitu :

  1. Interaksi sosial adalah sebagai hubungan interaksi lembaga sosial, individu, dalam tatanan hubungan yang dapat dikendalikan oleh kepentingan tertentu. Soerjono Soekanto juga mendefinisakan mengenai interaksi ialah hubungan timbal balik antar individu, individu dengan individu lainnya dan antara kelompok-kelompok dengan kelompok lain.
  2. Hubungan sosial adalah hubungan antar lembaga, individu dengan lembaga yang bersifat umum yang mendasar bagi masyarakatan (Soedarno dalam Salim, 2002).

Faktor-Faktor Sosial

Faktor sosial meliputi Suku bangsa dan suku pendidikan (Muzaham, 1995)

Menurut Gottlieb (1983) dukungan keluarga merupakan salah satu faktor sosial. Faktor sosial adalah pendidikan, suku dan dukungan keluarga.

Pendidikan

Menurut Notoatmodjo (1993), Pendidikan merupakan suatu konsep, yang memiliki sifat terbuka untuk publik. Pendidikan dalam artian formal adalah suatu proses penyampaian bahan dan materi pendidikan oleh pendidik yang bisa di sebut guru kepada sasaran pendidikan yaitu siswa/i serta mahasiswa guna mencapai perubahan pola pikir, tingkah laku, keilmuwan dan sebagainya.

Menurut muzaham (1995), Pendidikan  bukan hanya di lingkungan sekolah atau pun kampus, pendidikan juga berasal dari keluarga dan lingkungan. Pendidikan digunakan untuk menunjuk suatu jenis peristiwa terjadi di lingkungan masyarakat. Jenis peristiwa adalah interaksi antara dua kelompok manusia atau lebih yang bertujuan merubah kepribadian seseorang di sekitar ruang lingkup tinggalnya. Lingkungan Pendidikan yang menjadi tempat interaksi sosila diantaranya seperti i sekolah, tempat kerja, keluarga, tempat bermain, berekreasi, dan tempat-tempat lainnya.

Suku

Menurut Muzaham(1995), Suku merupakan unit kebudayaan, diantaranya latar belakang kebudayaan yang berbeda-beda. Perbedaan ini sehingga menghasilkan tingkah laku yang berbeda pula, baik tingkah laku individu dan tingkah laku kelompok. Tingkah laku bukan hanya kegiatan yang dapat diamati dengan penglihatan mata saja, tetapi tersirat didalam pikiran manusia tersebut. Tingkah laku tergantung pada proses pembelajaran manusia itu sendri. Apa yang di lakukan manusia tersebut sadar maupun tidak, manusia mempelajari bagaimana bertingkah laku dengan cara mencontoh atau belajar dari generasi di atasnya dan juga dari lingkungan alam dan sosial yang ada disekitarnya.

Dukungan Keluarga

Menurut  Friedman (1992) keluarga dua individu atau lebih yang bergabung bahkan tinggal bersama karena adanya ikatan darah, saling berbagi dan ikatan kedekatan emosi yang mengidentifikasikan diri mereka sebagai bagian keluarga.

Menurut WHO (1978), Keluarga bertujuan untuk kesejahteraan anggota keluarganya yaitu mencakup lima bidang yaitu ekonomi, biologi, sosial budaya, psikologi dan pendidikan.

Menurut Bobak, Lowdermilk, Jensen, (2005), Dukungan keluarga sangat mengacu pada sistem/proses atau jaringan yang membantu individu tersebut dalam proses kehidupan sehari-hari. Sebagai makhluk sosial individu tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain, sehingga manusia sangat membutuhkan orang lain dan dukungan sosial dari orang-orang sekitarnya berupa perhatian, penghargaan, dan cinta.

Dukungan keluarga menjadi  sumber dan jenis keluarga yang sangat berpengaruh terhadap tahap kehidupan keluarga.

Nah itu dia pembahasan tentang Pengertian Sosial, Cakupan Sosial dan  Faktor-Faktor Sosial, kunjungi terus Ayoksinau.com ada banyak artikel menarik pastinya. Terimakasih.

Baca juga artikel berikut:

Pengertian Drama Menurut Ahli, Struktur Drama, Ciri-Ciri Drama, Jenis Drama serta Unsur-Unsur Drama | Ayoksinau.com

Ragam-Ragam Musik Di Indonesia Yang Harus Anda Ketahui | Ayoksinau.com

Pengertian Profesi Menurut Ahli, Ciri-ciri Profesi, Syarat Profesi dan Contoh Profesi | Ayoksinau.com

Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli dan Ciri-Cirinya | Ayoksinau.com

Pengertian Poster, Ciri-Ciri Poster, Syarat-Syarat Poster Yang Baik dan Jenis-Jenis Poster Beserta Gambarnya

Pengertian Komik Menurut Para Ahli, Ciri-Ciri Komik dan Jenis-Jenis Komik | Ayoksinau.com