Pengertian Ideologi – Sudahkah Anda Mengetahuinya | Ayoksinau.com

Posted on

Pengertian Ideologi – Pada pembahasan materi kali ini teman-teman, kita akan sama-sama mempelajari tentang ideologi, mungkin sudah sering kita mendengar kata ideologi dalam kehidupan ataupun dalam lingkup sekolah maupun tahapan pembelajaran. Tujuan ketika kita telah memahami tentang macam – macam ideologi diharapkan nantinya kita akan dapat mengerti apa itu fungsi dari masing-masing ideologi yang ada di Indonesia ataupun yang secara khusus ada di dunia. Untuk lebih jelas langsung saja kita bahas tentang ideologi

Pengertian Ideologi

gambar pengertian ideologi

Sebenarnya kata ideologi secara sederhana adalah sebuah kumpulan atau suatu gagasan atau ide, namun apabila di artikan secara las ideologi merupakan suatu visi dan misi yang sudah  ditata dengan sangat rapi yang dimana untuk dapat melaksanakan ide tersebut juga sudah lengkap, sehingga nantinya ide ataupun gagasan yang ada akan dapat diterapkan.

Tujuan Ideologi

Setelah kita mengetahui apa arti dari ideologi,  ternyata ideologi juga memiliki tujuan yang sangat menarik yaitu dengan adanya ideolog maka akan menawarkan sesuatu yang baru pada negara agar dapat membuat perubahan dari sistem tatanan negara sehingga dapat menjadi lebih baik dan lebih sejahtera lagi. Dan apabila banyak orang yang setuju dengan ide ataupun gagasan, maka akan dapat menjadi panutan dan juga patokan dalam cara melaksanakan kehidupan berbangsa dan bernegara baik dalam bidang  politik, ekonomi, budaya.

Macam macam Ideologi

Ideologi Kapitalisme

Ideologi kapitalisme merupakan ideologi yang banyak digunakan oleh berbagai negara yang ada di dunia sampai saat ini. Inti dari ideologi ini yaitu adanya capital atau modal yang dikuasai oleh pihak-pihak swasta yang dimana suatu negara tidak memiliki kekuasaan atas terjadinya sistem ekonomi dan negara tersebut hanya berperan sebagai pengawas saja. Tujuan dari ideologi ini yaitu agar pengusaha bisa  mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya dengan pengorbanan atau modal yang seminimal mungkin. Jadi dalam hal ini negara tidak boleh ikut campur dalam usaha yang mereka lakukan.

Ideologi Nazisme

Ideologi Nazisme ialah singkatan dari “Nasional Sosialisme” yang artinya  salah satu paham yang berasal dari negara jerman dimana tokohnya yang sangat fenomenal adalah adolf  hitler. Pada paham ini disinyalir bukanlah menjadi paham yang baru melainkan paham yang telah dikombinasikan dari berbagai jenis paham lainnya seperti paham anti yahudi. Maka dari  itu pada masa kejayannya banyak yahudi-yahudi yang mendapatkan hukuman mati.

Baca juga :

Pada paham Ideology Nazismesangat keras dan juga sangat ketat sehingga banyak ditentang oleh banyak orang atau berbagai pihak. Sehingga pada ujung paham nazisme ini adolf hitler dibunuh. Tetapi masih terjadi banyak perdebatanyang masih menjadi perdebatan apakah memang benar adolf hitler sudah mati atau belum pada saat tersebut.

Banyak orang juga yang mengatakan bahwa adolf hitler telah berhasil meloloskan diri dan kabur ke negara lain. Dan walaupun pada aliran ini sudah dianggap hilang, akan tetapi juga tidak menutup kemungkinan kalau masih ada sisa-sisa orang yang masih mempercayai ideology ini.

Ideologi Nasionalisme

Ideologi Nasionalisme adalah suatu paham dimana kedaulatan negara menjadi hal-hal yang mutlak, yang kemudian untuk mencapai hal-hal tersebut perlu dilakukan kerjasama dengan orang-orang yang memiliki tujuan dan kepentingan yang sama. Keberadaan suatu negara sangatlah menjadi hal penting dalam paham ini sehingga keamanannya akan sangat dijaga ketat, baik keamanan itu secara internal maupun keamanan secara eksternal.

Ideologi Komunitarianisme

Ideologi komunitarianisme adalah suatu paham komunis dengan gaya yang baru atau bisa dikatakan dalam versi modern. Pada paham ini paham utamanya tetap sama dengan komunis klasik yaitu akan menentang adanya paham kapitalis dan liberalis. Tetapi pada paham ini tidak sebagaimana dengan komunis klasik karena  telah mengalami banyak perubahan dalam pemikirannya.

Ideologi Konservatisme

Ideologikonservatisme merupakan ideologi dengan paham lebih memusatkan pada nilai-nilai dari suatu ajaran-ajaran kuno atau tradisional. Sehingga dengan paham tersebut maka akan menentang keras dengan adanya modernisasi dan globalisasi yang ada saat ini. Karena dengan adanya perbedaan nilai  pada setiap negara maka tujuan dari paham konservtaif juga akan berbeda sesuai dengan kebudayaannya masing-masing.

Ideologi Monarkisme

Ideologi Monarkisme adalah suatu paham yang dimana kerajaan merupakan suetu sumber utama dari kesejahteraan negaranya dan rakyatnya. Pada saat ini masih terdapat beberapa negara-negara yang menganut paham monarki yang diantaranya adalah Arab Saudi, Brunei Darussalam dan lainnya. Pada paham ini pusat kekuasaan tertinggi adalah raja yang memerintah dan segenap keturunannya.

Baca juga ulasan menarik lainnya :

Demikianlah ulasan mengenai pengertian ideologi, semoga bisa bermanfaat dan berguna untuk anda, kunjungi terus ayoksinau.com