Inilah 3 Kerajaan Islam di Sumatera dan Sejarahnya

Posted on

Inilah 3 Kerajaan Islam di Sumatera dan Sejarahnya

Masuknya agama Islam ke Indonesia, Pulau Sumatera memberikan peran penting dalam persebaran agama Islam. Hampir di sepanjang pesisir selat Malaka dari pesisir barat Sumatera terdapat banyak kerajaan islam yang ditengarai sebagai sejarah munculnya agama mayoritas di Indonesia ini.

Sejarah islam di kepulauan Sumatera bisa di lacak di berbagai literature yang menyebutkan bahwa Islam masuk ke Nusantara sejak abad ke 13 M. Hal ini di tandai dengan adanya makam Sultan Malik As-Shalih yang terletak di Aceh Utara dan beliau wafat pada Ramadhan 698 H/1297 M.

Seiiring dengan perkembangannya, Islam memberikan peradaban yang kuat sehingga memunculkan berbagai kerajaan Islam baik yang besar maupun kecil. Berikut ini, 3 kerajaan Islam di Sumatera yang paling populer :

1.Samudera Pasai

Samudera Pasai terletak kurang lebih sekitar 15 km di sebelah timur Kota Lhokseumawe, Nangroe Aceh. kerajaan Islam di Sumatera ini di perkirakan muncul di tahun 1270-1275 M atau sekitar pertengahan abad ke 13 M. Untuk sultan pertamanya yakni Sultan Malik As- Shalih.

Untuk kerajaan islam yang satu ini memang mempunyai peran penting dalam hal penyebaran agama islam, terutama di Negara bagian Asia Tenggara . Tak hanya berperan dalam penyebaran islam saja, ternyata kerajaan Islam di Sumatera ini juga berperan penting di bidang perekonomian dan perdagangan. Jika anda berkunjung ke daerah Lhokseumawe, tentu anda sudah tidak asing lagi dengan Kota Malaka yang menjadi kota pertama dimana kerajaan bercorak islam. Namun, di tahun 1511 M Portugis mulai menguasai Malaka dan mulai meluaskan kekuasannya sehingga Samudra Pasai pun mulai di kuasai di tahun 1521 M.

2. Kerajaan Perlak

Daerah yaitu salah satu wilayah yang berada di Aceh Timur yang pada daearahnya  banyak  ditumbuhi kayu. Tak jarang, bahwa daerah Perlak ini banyak di kunjungi orang luar untuk membeli kayu tersebut.

Sebagai daerah pelabuhan perniagaan yang terbilang maju dan aman pada abad ke 8 masehi, Perlak menjadi tempat singgah kapal dari Rusia dan Arab. Dan seiring dengan berjalannya waktu, maka tempat tersebut terbentuk dan berkembanglah masyarakat Islam yang berasal dari perkawinan antar saudara muslim dengan perempuan negeri.

Kerajaan Islam Perlak yang berada di Sumatera ini berdiri pada abad 840 M dengan raja pertamanya Syed Maulana Abdul Azia Shah.

3. Kerajaan Aceh Darussalam

Di abad ke 15 arus penjajahan barat ke timur sangatlah ramai. Di antara bangsa eropa gencar menyebarkan agama Kristen, membuat wilayah Malaka jatuh ke tangan Portugis di tahun 1511. Selanjutnya,  Portugis mengirim kaki tangannya ke daerah pesisir utara Sumatera untuk menghadirkan kekacauan dan perpecahan yang dapat memicu adanya perang saudara.

Di saat itulah muncul tokoh yang berusaha mempersatukan 6 kerajaan yakni Pidie, Samudra Pasai, Tamiang, Indra Purba, Perlak dan Indra Jaya. Pada abad 1514-1530 M terbentuklah Kerajaan Aceh Darusaalam dengan sultan pertamanya yakni Ali Mughayat Syah.

Sekian ulasan yang membahas tentang 3 Kerajaan Islam di Sumatera dan Sejarahnya semoga artikel dari ayoksinau.com bisa bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya :