13+ Gunung Tertinggi Di Pulau Jawa & Ketinggiannya | Ayoksinau.com

Posted on

Gunung Tertinggi Di Pulau Jawa – Pada kali ini pendidikanindo.com akan memberikan informasi tentang salah satu kondisi geografis yang ada di Indonesia, kondisi tersebut diantaranya yaitu adanya gunung-gunung yang ada di Indonesia. Terdapat banyak gunung-gunung yang ada di Indonesia, tetapi pada kali ini kita akan membahas tentang gunung tertinggi yang khususnya ada di Pulau Jawa.

Beberapa Gunung Tertinggi di Jawa

Beberapa gunung tertinggi yang ada di Pulau Jawa, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Gunung Semeru (Ketinggian 3.676 Mdpl)

gambar gunung semeru

Gunung semeru merupakan salah satu gunung tertinggi yang ada di Pulau jawa yang memiliki ketinggian 3676 MDPL (Meter Diatas Permukaan Laut). Bahkan masuk kedalam jajaran gunung tertinggi yang ada di Indonesia yaitu pada posisi ke 4 gunung tertinggi yang ada di Indonesia. Gunung semeru terletak di daerah Malang. Keindahan dari gunung Semeru diantaranya yaitu memiliki danau yang indah yang bernama danau Ranau Kumbolo yang kandungan airnya dapat digunakan untuk kegiatan sehari-hari karena kandungan airnya tidak terlalu berbahaya, serta memiliki bukit cinta (berbentuk love).

2. Gunung Slamet (Ketinggian 3.428 Mdpl)

Gunung Slamet merupakan salah satu gunung tertinggi yang terletak di pulau Jawa tepatnya berada di perbatasan di Kabupaten Brebes, Kabupaten Pemalang dan Kabupaten Tegal. Gunung tersebut masih aktif sampai saat ini. Gunung ini sangatlah populer dengan trek yang sangat sulit. Pada gunung tersebut terdapat tempat wisata yang bernama Baturraden yang berjarak 15 Km dari Purwokerto.

3. Gunung Sumbing (Ketinggian 3.371 Mdpl)

Gunung Sumbing merupakan salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 3.371 Mdpl. Gunung ini terletak di 3 Kabupaten, diantaranya Kabupaten Temanggung, Kabupaten Magelang dan Kabupaten Wonosobo. Ada yang menarik dari gunung ini yaitu celah yang ada antara gunung ini dan gunung Sindoro dilalui oleh jalan yang menghubungkan antara Kota Wonosobo dengan Kota Temanggung yang jalan tersebut sering di sebut dengan Jalan “Kledung Pass”.

4. Gunung Arjuno (Ketinggian 3.339 Mdpl)

Gunung Arjuno merupakan salah satu gunung berapi yang memiliki ketinggian sekitar 3339 MDPL yang terletak di Jawa Timur. Gunung tersebut dikelola oleh Pengelola Taman Hutan Raya Raden Soerjo. Letak gunung Arjuno bersebelahan dengan Gunung Welirang. Puncak yang indah serta beberapa pemandangan yang mengegumkan dari puncak gunung, pasti sangat saying jika kalian tidak mencoba mendakinya.

5. Gunung Raung (Ketinggian 3.332 Mdpl)

Gunung Raung terletak di ujung timur dari pulau Jawa. Yang dimana letak gunung Raung ini tepatnya terletak di 3 wilayah diantaranya Jember, Banyuwangi, dan Bondowoso. Ketinggian dari gunung Raung ini yaitu 3332 MDPL dan masuk kedalam jajaran gunung tertinggi ke 3 yang berada di Jawa Timur. Yang paling dikenal dari gunung Raung ini yaitu Puncaknya yang bernama puncak Tusuk Gigi.

6. Gunung Lawu (Ketinggian 3.265 Mdpl)

gambar puncak gunung lawu

Gunung Lawu masuk kedalam jajaran gunung tertinggi yang ada di Jawa Timur yaitu gunung tertinggi ke 4 yang berada di Jawa Timur. Letak gunung Lawu terletak di perbatasan antara provinsi Jawa Timur dan Provinsi Jawa Tengah. Pada gunung Lawwu ini memiliki 3 puncak yang indah diantaranya Puncak Hargo Dalem, Puncak Dumilah dan Puncak Dumiling. Diantara ketika puncak tersebut terdapat 1 puncak yang paling tinggi yaitu puncak Dumilah.

Baca juga :

7. Gunung Welirang (Ketinggian 3.156 Mdpl)

Gunung Welinga merupakan gunung aktif yang berada di Malang dan Mojokerto. Dengan ketinggian 3156 MDPL yang posisinya bersebelahan dengan gunung Arjuno. Gunung Welirang memang tidak sepopuler dengan gunung Semeru, tetapi pada trek(medan) untuk mendaki memang memiliki trek-trek yang sangat terkenal yaitu trak asu dan trak naga. Gunung Welirang masuk kejajaran gunung tertinggi di Jawa Timur yaitu pada posisi ke 5.

8. Gunung Sindoro (Ketinggian 3.150 Mdpl)

Gunung yang memiliki nama Sindara tetapi kebanyakan orang menyebut dengan gunung sindoro. Gunung ini memiliki ketinggian 3.150, yang juga merupakan gunung yang masih aktif yang ada di Pulau Jawa. Letak gunung ini terletak di daerah Temanggung atau lebih tepatnya terletak di sebelah gunung Sumbing.

9. Gunung Merbabu (Ketinggian 3.145 Mdpl)

Gunung merbabu juga dapat dikategorikan sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa karena memiliki ketinggian sekitar 3.145 Mdpl. Gunung ini terletak di Perbatasan Kabupaten Magelang dan Kabupaten Boyolali. Sejarah di berinama gunung merbabu dikarenakan menurut etimologi “merbabu” yang tergabung dari 2 kata yaitu kata “merb” dan “abu”, ‘’merb” yang artinya gunung dan “abu” yang berarti abu. Hal ini didapatkan dari catatan-catatan peninggalan zaman belanda.

10. Gunung Argopuro (Ketinggian 3.088 Mdpl)

Gunung Argopuro merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa yang sudah tidak aktif lagi. Gunung ini terletak di Kabupaten Probolinggo yaitu di Jawa Timur. Gunung ini memiliki ketinggian 3.088 dengan terdapat beberapa puncak, tetapi puncak yang paling terkenal dari gunung ini yaitu Puncak Rengganis. Sedangkan puncak tertinggi dari gunung ini masih berjarak kurang lebih 200m ke arah selatan dari puncak rengganis. Puncak tertinggi dari Gunung Argopuro yaitu Punvak Argapeora yang pada puncak tersebut terdapat tugu ketinggian gunung tersebut.

11. Gunung Cermai (Ketinggian 3.078 Mdpl)

Gunung cermai juga salah satu masuk kedalam ketegori gunung tertinggi yang ada di Pulau Jawa. Gunung Ceremai memiliki ketinggian 3078 MDPL (Meter Diatas Permukaan Laut). Mengapa dinamakan gunung Ceremai dikarenakan daerah yang ada di dekat gunung banyak daerah yang berawalan “CI”. Gunung Ciremai berada didaerah Pasundan. Gunung Ceremai banyak sekali menyimpan sejarah tentang Sunan Gunung Jati. Gunung tersebut memiliki 3 jalur pendakian diantaranya jalur Apuy di kabupaten Majalengka, jalur Palutungan di Kabupaten Kuningan dan Jalur Linggar Jati.

12. Gunung Pangrango (Ketinggian 3.019 Mdpl)

Gunung Pangrango terletak didaerah Bogor yang memiliki ketinggian 3019 MDPL. Gunung pangrango masuk kejajaran gunung tertinggi di jawa barat yaitu gunung tertinggi ke 2 di Jawa Barat. Yang terkenal dari gunung Pangrango yaitu dengan adanya nama puncak Mandalawangi, dari puncak mandalawangi kalian bisa turun sekitar 15 menit untuk menuju lembah mandalawangi. Lembah Mandalawangi merupakan salah satu lembah wisata unggulan yang ada di gunung pangrango, dikarenakan di lembah tersebut banyak dihiasi oleh bunga abadi yaitu bunga Edelweis. Jalur pendakian pada gunung Pangrango ada 3 diantaranya Jalur Cibodas di Cianjur, jalur Selabintana di Sukabumi dan jalur gunung putri.

13. Gunung Cikuray (Ketinggian 2.821 Mdpl)

Gunung Cikuray merupakan gunung yang memiliki trak terjal yang terhampar di jalur pendakian yang sangat sulit untuk dipahami, gunung ini terletak di kabupaten Garut. Ketika kalian mencoba mendaki gunung ini pastinya akan sangat sulit, karena medan trek yang sulit. Tetapi ketika sudah berada di puncak Gunung Cikuray kalian akan dapat menyasikan keindahan-keindahan alam dari gunung ini, seperti keindahan melihat negeri diatas awan  serta melihat pemandangan-pemandangan gunung papandayan. Gunung ini memiliki ketinggian 2821 Mdpl

 Baca juga artikel di bawah ini :

Kunjungi terus ayoksinau.com sebagai salah satu media pembelajaran secara online dengan gratis.