Definisi Kebudayaan, Sifat dan Unsur-Unsur Kebudayaan | Menurut Pendapat Para Ahli

Posted on

Definisi Kebudayaan – Pada kesempatan kali ini Ayoksinau.com akan membahas tentang definisi kebudayaan, sifat-sifat, dan unsur-unsur kebudayaan menurut pada ahli.

Definisi Kebudayaan

Definisi Kebudayaan

Kata “kebudayaan” berasal dari kata dalam bahasa Sanskerta yaitu buddayah yang dalam bentuk jamaknya berasal dari kata budhi yang berarti akal atau budi. Jadi, jika disimpulkan, definisi kebudayaan adalah hal-hal yang berkaitan dengan akal atau budi.

Secara umum, definisi Kebudayaan merupakan hasil cipta, karsa dan rasa manusia dalam upaya memenuhi kebutuhan hidupnya yang meliputi kepercayaan, pengetahuan, seni, hukum kebiasaan, susila, dan lain sebagainya.

Definisi Kebudayaan Menurut Pendapat Para Ahli

Untuk lebih memahami definisi kebudayaan, anda perlu menyimak beberapa definisi kebudayaan menurut pendapat para ahli sebagai berikut.

  • Menurut Ki Hajar Dewantara, kebudayaan atau buah budi manusia merupakan hasil perjuangan manusia yang dipengaruhi oleh dua faktor utama, yaitu alam dan zaman yang merupakan bukti kejayaan hidup manusia dalam mengatasi berbagai kesukaran serta berbagai rintangan dalam hidup dan penghidupannya untuk mencapai kebahagiaan dan keselamatan yang pada dasarnya bersifat damai dan tertib.
  • Menurut Koentjaraningrat, definisi kebudayaan merupakan keseluruhan dari manusia yang dimulai dari tingkah lakunya hingga hasil yang harus dicapainya dalam belajar dan keseluruhannya tersusun dalam kehidupan setiap orang.
  • Menurut Soelaeman Soenardi dan Selo Soemardjan, pada bukunya yang berjudul Setangkai Bunga Sosiologi 113 (1964). Beliau mengemukakan bahwa definisi kebudayaan merupakan segala hasil karya, cipta, dan rasa masyarakat.
  • Menurut Herskovits, kebudayaan merupakan suatu hal yang diturunkan dari satu generasi ke generasi yang lain secara turun temurun.
  • Menurut Andreas Eppink, kebudayaan merupakan suatu hal yang memiliki kandungan dari seluruh pengertian etika sosial, nilai sosial, ilmu dan pengetahuan serta beberapa susunan religius, sosial, budaya, dan lain sebagainya serta semua pernyataan artistik dan intelektual sebagai ciri khas seseorang.
  • Menurut Edward Burnett Tylor, mendefinisikan kebudayaan sebagai penggabungan dari seluruh hal-hal kompleks yang di dalamnya terdiri dari keyakinan, kesenian, hukum, pengetahuan, tradisi, moral, adat istiadat, serta kemampuan-kemampuan lain yang didapatkan oleh individu dalam bermasyarakat.

Sifat Kebudayaan

Kebudayaan yang ada di dunia ini memiliki beberapa karakter-karakter inti yang sama. Adapun sifat-sifat kebudayaan adalah sebagai berikut.

  • Kebudayaan terwujud serta tersalurkan melalui tingkah laku manusia.
  • Kebudayaan terlebih dulu ada dibandingkan dengan lahirnya suatu generasi, dan kebiudayaan tidak akan mati walaupun umur generasi yang berkaitan tersebut telah habis.
  • Kebudayaan dibutuhkan oleh manusia serta diwujudkan kelakuannya.
  • Kebudayaan meliputi ketentuan yang berisi beberapa aksi yang di terima serta tidak diterima, beberapa keharusan, bebrapa aksi yang diizinkan, serta beberapa aksi yang dilarang.

Semua kebudayaan selalu bergerak dinamis karena sesungguhnya gerak kebudayaan itu mengikuti gerak manusia itu sendiri.

Proses akulturasi kebudayaan dalam histori umat manusia sudah berlangsung pada umat atau bangsa-bangsa terdahulu. Kebudayaan yang dibawa bisa dengan mudah di terima oleh orang-orang setempat dan terkadang pula tidak diterima, bahkan terdapat pula sekumpulan individu yang tetap tidak mau menerima kebudayaan asing meskipun sebagian besar kelompok individu di sekitarnya telah jadikan kebudayaan itu sebagai salah satu kebudayaannya.

Unsur-Unsur Kebudayaan

Menurut C. Kliucckhohn, beliau mengemukakan terdapat tujuh unsur kebudayaan, sebagai berikut.

  1. Sistem mata pencaharian hidup.
  2. Sistem peralatan serta teknologi.
  3. Sistem organisasi kemasyarakatan.
  4. Sistem pengetahuan.
  5. Bahasa.
  6. Kesenian.
  7. Sistem religi serta upacara keagamaan.

Adapun, unsur-unsur kebudayaan yang mudah diterima dalam masyarakat adalah sebagai berikut.

  • Unsur Kebudayaan kebendaan, contohnya adalah alat tulis menulis yang banyak dipakai orang Indonesia yang di ambil dari unsur-unsur kebudayaan barat.
  • Unsur-unsur yang dapat dibuktikan membawa faedah besar umpamanya radio transistor yang banyak membawa manfaat sebagai media massa.
  • Unsur-unsur yang dengan gampang sesuai dengan kondisi orang-orang yang terima unsur-unsur itu, seperti mesin penggiling padi.

Adapun, unsur-unsur kebudayaan yang susah diterima dalam masyarakat adalah sebagai berikut.

  • Unsur yang menyangkut sistem keyakinan, seperti ideologi, falsafah hidup, serta lainnya
  • Unsur-unsur yang dipelajari pada skala pertama sistem sosialisasi. Contoh yang begitu gampang yaitu masalah makanan pokok satu orang-orang. Nasi adalah makanan pokok beberapa besar orang-orang indonesia sulit sekali dirubah dengan makanan pokok yang lain.

Sekian pembahasan dari Ayoksinau.com mengenai definisi kebudayaan, sifat-sifat, dan unsur-unsur kebudayaan menurut pada ahli. Kunjungi terus Ayoksinau.com karena masih bnyak artikel menarik lainnya.

Artikel menarik lainnya:

60 Alat Musik Tradisional Indonesia ( Daerah Asal, Gambar dan Penjelasan )

Pengertian Drama Menurut Ahli, Struktur Drama, Ciri-Ciri Drama, Jenis Drama serta Unsur-Unsur Drama | Ayoksinau.com

Pengertian, Ragam Hingga Jenis-Jenis Seni Grafis | Ayoksinau.com

Aliran-Aliran dalam Seni Rupa (Lengkap)