Contoh Teks Tanggapan Kritis Beserta Strukturnya

Posted on

2 Contoh Teks Tanggapan Kritis Beserta Strukturnya

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia selalu melakukan interaksi dengan orang lain. Interaksi tersebut pastinya akan menimbulkan pandangan beragam sehingga perbedaan pendapat kerap di temukan. Lalu, bagaimana cara menyampaikan pendapat yang tepat?

Kita perlu belajar tentang teks tanggapan kritis agar pendapat yang diutarakan tidak menyinggung perasaan orang lain. Teks tanggapan kritis adalah suatu bacaan yang berisi mengenai gagasan yang di sampaikan oleh seseorang tentang persoalan yang sedang terjadi. Dan biasanya, teks tanggapan kritis ini sering di gunakan dalam perdebatan atau diskusi dalam organisasi untuk membahas isu terkini.

Teks tanggapan kritis mempunyai 3 struktur penyusunan dengan ciri-ciri :

  • Evaluasi, yang berisi pernyataan umum mengenai suatu yang akan di sampaikan
  • Deskripsi teks, berisi mengenai tanggapan kritis yang memuat informasi tentang data, pendapat yang mendukung atau melemahkan pernyataan.
  • Penegasan ulang, bagian terakhir teks yang berisi penegasan ulang mengenai suatu yang sudah di lakukan maupun diputuskan.
  1. Judul : Pergaulan Bebas

Evaluasi

Di zaman sekarang, banyak di jumpai remaja yang terjebak dalam pergaulan bebas. Pergaulan bebas merupakan bentuk perilaku menyimpang yang dapat di katakan melewati batasan karena sudah melanggar norma hidup.

Deskripsi Teks

Pergaulan bebas mempunyai dampak negative salah satunya yaitu melanggar hukum (mabuk).

Tak hanya dampak negative, pergaulan bebas memberikan dampak positif antara lain mempunyai banyak teman, mengendalikan diri di tengah masyarakat dan cara berkomunikasi.

Remaja Indonesia kerap meniru hal-hal kurang baik seperti orang barat seperti berciuman yang di anggap hal wajar.

Pergaulan bebas timbul karena rasa gengsi, broken home, faktor keluarga hinga kurangnya lain. Selain itu, faktor teknologi juga berpengaruh terhadap pergaulan bebas misalnya akses internet dan televisi yang sering memicu remaja melakukan hal yang kurang tidak baik.

Penegasan ulang

Ketika sudah mengetahui penyebab pergaulan bebas, sebaiknya orang tua harus bisa lebih mengawasi dan mendidik anak supaya tidak terjerumus ke jalan yang salah. Caranya, dengan memilih tontonan yang baik dan juga pemanfaatan internet sebaik mungkin.

  1. Judul : SMA atau SMK?

Evaluasi

Bagi anda yang sudah menyelesaikan pendidikan SMP, mungkin akan merasa bingung untuk melanjutkan sekolah antara SMA atau SMK. Menentukan pilihan antara SMA atau SMK tentu harus berdasarkan pada beberapa faktor.

Deskripsi

Apabila anda memilih SMA, akan memudahkan nantinya dalam memasuki bangku perkuliahan. Misalnya, untuk jurusan IPS maka pilihan perguruan tinggi berkaitan dengan ilmu social.

Jika dilihat dari segi praktek lapangan, SMA lebih menekankan teori dibandingkan lapangan.

Sedangkan SMK, pelajaran yang di berikan focus pada kegiatan praktik di bandingkan dengan teori.

Sebenarnya, SMK juga bisa melanjutkan di perguruan tinggi, namun terbatas pada beberapa jurusan saja, sedangkan SMA dapat memilih sesuai dengan jurusan manapun yang sesuai.

Dalam dunia pekerjaan, dalam mencari pekerjaan akan lebih mudah sebab pada SMK sudah memiliki keahlian tertentu.

Penegasan Ulang

Melihat beberapa pertimbangan diatas, SMK dapat langsung bekerja juga dapat melanjutkan kuliah. Hanya saja, dalam memilih program studi di perguruan tinggi terbatas. Sedangkan SMA, bisa memilih kuliah apapun yang di inginkan asalkan sesuai dengan jurusan sewaktu di SMA.

Sekian ulasan tentang Contoh Teks Tanggapan Kritis Beserta Strukturnya semoga artikel dari ayoksinau.com bisa bermanfaat untuk teman-teman.

Baca juga artikel kami lainnya :