Atlet Voli Harus Tau Sejarah Permainan Bola Voli Dari Jaman Dahulu

Posted on

Sejarah Permainan Bola Voli – Bola voli adalah olahraga yang ada di setiap sekolah-sekolah, mulai dari SD hingga SMA. Ini merupakan olahraga yang dimainkan oleh 2 grup berlawanan dan masing-masing grup diperkuat oleh 6 orang pemain. Ada variasi permainan dalam bola voli yaitu voli pantai dan voli di lapangan voli biasa.

gambar Sejarah Permainan Bola Voli

Olahraga voli ini pada awalnya bernama Mintonette yang diciptakan oleh instruktur pendidikan olahraga YMCA yaitu William G. Morgan 9 Februari 1895 di Holyoke, Amerika Serikat. Setelah bertemu dengan James Naismith, Morgan menciptakan permainan bernama Mintonette. Ia menciptakan permainan ini empat tahun setelah Naismith menciptakan permainan basket.

Permainan Mintonette yaitu permainan yang diadopsi dari 4 macam karakter olahraga yaitu ada tenis, baseball, basket, dan bola tangan. Awalnya permainan ini hanya diperuntukkan bagi anggota YMCA yang sudah tidak muda lagi, sehingga permainannya tidak seaktif bola basket.

Terjadinya perubahan nama Mintonette menjadi bola voli terjadi pada tahun 1896. Pada awal tahun 1896, Dr. Luther Halsey Gulick mengundang Morgan untuk mendemonstrasikan permainan baru yang diciptakannya itu. Lalu pada sebuah konferensi di kampus YMCA, Morgan membawa dua tim yang masing-masing beranggotakan lima orang. Ia menjelaskan bahwa permainan tersebut merupakan permainan yang bisa dimainkan di dalam maupun di luar ruangan.

Tidak terdapat batasan jumlah pemain pada permainan bola voli, sedangkan sasaran dari permainan ini yaitu mempertahankan bola supaya tetap bergerak melewati net yang tinggi dari satu wilayah ke wilayah lawan.

Adapun sarana dan prasarana permainan bola voli yaitu :

  • Lapangan permainan

Ukuran lapangan bola voli 9 meter x 18 meter, garis batas pemain belakang 3 meter dari garis tengah, dan garis tepi lapangan 5 meter.

  • Net

Tinggi net putra 2,43 meter dan putri 2,24 meter.

  • Bola

Bola voli memiliki keliling lingkaran 65 sampai 67 meter, berat 260 sampai 280 gram.

Baca juga :

  • Cara permainan bola voli :

Permainan bola voli dimainkan 2 tim masing-masing 6 orang, dan siapa yang mencapai skor 25 maka akan keluar sebagai pemenangnya.

  • Aturan permainan bola voli

Apabila pihak musuh dapat memasukkan bola ke arah kita maka musuh akan mendapatkan nilai. Serve yang kita lakukan harus dapat melewati net dan masuk ke daerah musuh, jika tidak maka musuh akan mendapatkan nilai.

Teknik dasar dalam permainan bola voli

  • Servis

Ada servis tangan bawah, servis tangan atas, floating servis, dan cekis.

  • Passing

Ada passing atas dan passing bawah.

  • Spike atau Smash

Untuk melakukan smash perlu melakukan awalan, tolakan, pukulan, dan pendaratan.

  • Bloking atau membendung

Sikap bloking yaitu jongkok bersiap melompat, lompat dan kedua tangan merapat lurus ke atas.

  • Kedudukan pemain

Pemain nomor satu bernama server, pemain kedua dinamakan spiker, pemain ketiga dinamakan tosser, pemain keempat dinamakan blocker, dan pemain kelima serta keenam dinamakan libero.

Demikianlah info mengenai sejarah permainan bola voli, semoga bermanfaat. Tetap kunjungi terus ayoksinau.com untuk informasi lainnya.

Baca juga ulasan menarik lainnya :