Apa Itu Listrik Statis? Inilah Pengertian Dan Penjelasannya

Posted on

Apa Itu Listrik Statis? Inilah Pengertian Dan Penjelasannya

Saat usia anak-anak, tentu anda tidak asing dengan permainan dengan menggunakan penggaris yang di gunakan bersama dengan sobekan kertas yang kemudian penggaris tersebut di gosok-gosokan ke rambut. Setelah anda dekatkan apa yang terjadi?

Yang terjadi potongan kertas akan terangkat oleh penggaris yang baru digosok-gosokan karena terdapat muatan listrik yang bersifat statis. Listrik statis yaitu sekumpulan muatan listrik dalam jumlah tertentu yang terdapat pada permukaan benda. Muatan benda yang di hasilkan akan tetap ada sampai dengan benda tersebut melepaskan muatan listriknya.

Dapat di katakan bahwa listrik statis berkaitan dengan gejala kelistrikan yang diam dan tidak mengalir. Sehingga listrik statis ini tidak bisa mengalir dari tempat satu ke tempat dalam waktu yang singkat.

  • Konsep Dasar Listrik Statis

Saat potongan kertas kecil di dekatkan dengan penggaris yang sudah digosok-gosokan maka hal tersebut termasuk dalam konsep dasar listrik statis. Muncul aliran listrik karena adanya perpindahan electron dari benda satu ke benda yang lain. Terdapat 2 muatan listrik yaitu muatan positive dan muatan negative. Muatan listrik di katakan positive apabila benda tersebut mengandung proton yang lebih banyak dari pada jumlah electron, begitu juga sebaliknya dengan muatan negative. Sedangkan benda yang tidak mempunyai muatan listrik disebut dengan netral.

Benda yang memilki muatan yang sejenis akan saling tolak menolak saat di dekatkan satu sama lain dan sebaliknya saat benda mempunyai muatan yang berbeda akan saling tarik menarik.

  • Medan Listrik

Medan listrik yaitu daerah di sekitar benda yang mempunyai muatan listrik namun masih mengalami gaya listrik. Bisa di katakan pula bahwa medan listrik merupakan suatu daerah dimana gaya listrik yang dihasilkan masih bekerja.

Arah medan listrik pada sebuah benda yang bermuatan listrik bisa di gambarkan dengan adanya garis-garis gaya listrik. Untuk muatan positif mempunyai garis gaya listrik yang menjauhi atau keluar dari muatan tersebut. Sedangkan untuk muatan negative mempunyai garis gaya listrik mendekati pada muatan tersebut.

  • Contoh penerapan listrik statis

Beberapa hal dibawah ini mungkin sering di jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Berikut penerapan listrik statis dalam kehidupan sehari-hari :

  1. Ketika menyisir rambut, tanpa disadari rambut sering terbawa sendiri seiring dengan gerakan sisir.
  2. Debu yang menempel pada layar televise.
  3. Penggaris yang digosokkan pada rambut ataupun tangan kering akan bisa menarik potongan kertas kecil.
  4. Menggosokkan balon pada tangan
  5. Saat anda mendekatkan tangan ke layar TV yang baru saja di matikan, anda bisa memperhatikan bahwa bulu atau rambut pada tangan akan berdiri.
  6. Kain sutra yang di gosokan dengan batang kaca, maka akan terjadi reaksi tarik menarik antara kedua benda tersebut. Hal ini dikarenakan adanya electron pada batang kaca yang berpindah ke kain sutera sehingga batang kaca tersebut akan bermuatan positif dan batang kaca bermuatan negative.

sekian ulasan tentang Apa Itu Listrik Statis? Inilah Pengertian Dan Penjelasannya semoga artikel dari ayoksinau.com bisa bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya :