7 Cara Cepat Menghafal Perkalian Dengan Mudah

Posted on

Cara Cepat Menghafal Perkalian

Cara cepat menghafal perkalian, pertama kali yang perlu dipahami adalah pengetahuan perkalian. Perkalian yaitu operasi matematika penskalaan satu bilangan dengan bilangan lainnya. Operasi ini merupakan salah satu operasi dari empat dasar operasi di dalam aritmetika dasar seperti penjumlahan, pengurangan dan pembagian.  Namun masih banyak anak-anak yang kurang konsentrasi dapat cepat menghafal perkalian. Hal ini tentunya mengkhawatirkan bagi para orang tua. Oleh karena itu dengan memahami cara cepat menghafal perkalian maka hal ini akan membantu para orang tua untuk membantu belajar anak-anak mereka.

Biasanya yang masih sering menghafal perkalian yaitu anak-anak sekolah dasar. Karena perkalian itu merupakan dasar dari pelajaran matematika. Setiap anak dididik untuk dapat bisa menghafal perkalian dengan mudah.

Siapa yang menyangka bahwa ada beberapa cara cepat menghafal perkalian seperti berikut ini :

  1. Cara cepat menghafal perkalian dengan menggunakan tabel perkalian. Mungkin tidak asing lagi jika membahas tabel perkalian karena sejak kecil pasti pernah mendapatkan tabel perkalian entah itu dari orang tua maupun guru di sekolah. Tabel perkalian akan memberikan kemudahan dalam menghafal perkalian dari bilangan 1 hingga bilangan 100.
  2. Cara cepat menghafal perkalian dengan contoh perkalian sebagai penjumlahan berulang dengan konsep yang benar. Misalnya 4 x 5 sama dengan 20, maka yang diulang adalah angka yang belakang yaitu angka 5.
  3. Cara cepat menghafal perkalian dengan mengajarkan hafalan perkalian 1 – 10 dengan hasil 1 – 100 secara mudah dan benar. Dengan melatih anak menghafal perkalian dari dasar maka anak akan lebih mudah menghafalnya daripada harus memulai menghafal dari yang sulit
  4. Cara cepat menghafal perkalian dengan membuat jadwal belajar. Pada saat anak akan memulai belajar dampingilah anak belajar agar anak lebih bersemangat. Dengan jadwal belajar anak juga akan lebih teratur dalam belajar. Cukup luangkan waktu selama 30 menit untuk membantu anak menghafal perkalian.
  5. Cara cepat menghafal perkalian dengan mengajari dasar-dasar perkalian. Lakukan pemberian pemahaman materi tentang perkalian. Konsep ini akan membantu anak mengetahui mengapa harus menghafal perkalian. Anak akan lebih mudah memahami perkalian dengan jelas jika yang membantunya belajar adalah orang terdekatnya.
  6. Cara cepat menghafal perkalian selanjutnya yaitu mengajari anak bagaimana sifat komutatif akan mempermudah semuanya. Pada hafalan tabel terdapat perkalian yang berulang oleh karena itu hanya perlu mempelajari setengah dari tabel karena seperti misalnya 3×7 hasilnya akan sama dengan 7×3.
  7. Cara cepat menghafal perkalian dengan mengajari pola-pola khusus pada perkalian. Beberapa perkalian memiliki karakteristik khusus yang bisa diingat dengan mudah. Contohnya perkalian nol pasti hasilnya akan nol, perkalian 10 akan diakhiri dengan angka nol, dan semua hasil perkalian lima diakhiri dengan angka lima atau nol.

Demikian informasi cara cepat menghafal perkalian yang dapat dipelajari dari ayoksinau.com . Tentunya dukungan orang di sekitar akan lebih mudah membantu anak untuk menghafal.

Baca Juga :