6 Jenis-Jenis Angin Di Dunia

Posted on

Pada kesempatan ini ayoksinau.com akan memberikan beberapa gambaran mengenai jenis musim di dunia ini. Mari kita simak pembahasan dibawah ini;

Musim Semi

Musim semi dapat dibilang jadi musim yang paling nyaman sepanjang tahun. Pasalnya, cuaca di musim ini cenderung ramah. Oleh sebab itu, banyak binatang dan juga tumbuhan yang bereproduksi di musim semi. Musim ini terjadi di daerah-daerah nontropis. Di belahan utara bumi, musim ini dimulai sekitar tanggal 21 Maret sampai 21 Juni, sedangkan di belahan selatan bumi, musim semi dimulai berkisar tanggal 23 September hingga 21 Desember.

Musim Panas

Musim panas ialah salah satu musim di negara berhawa sedang. Tergantung letak sebuah negara, musim panas dapat terjadi pada waktu yang berbeda-beda. Di belahan utara bumi, musim panas dimulai berkisar tanggal 21 Juni sampai 23 September, sementara di belahan selatan bumi, musim panas dimulai berkisar tanggal 21 Desember sampai 21 Maret. Di banyak negara, musim panas merupakan musim liburan sekolah. Di musim ini, kegiatan paling seru ialah berenang!

Musim Gugur

Musim gugur adalah peralihan antara musim panas ke musim dingin. Sama halnya dengan musim semi dan musim panas, musim ini hanya bisa terjadi di negara-negara subtropis. Musim gugur dimulai sekitar tanggal 1 September dan akan berakhir 30 November untuk di wilayah belahan utara bumi, sedangkan untuk belahan selatan dimulai tanggal 1 Maret dan akan berakhir 31 Mei. Di musim ini, banyak sekali tumbuhan yang menggugurkan daunnya. Beberapa macam binatang contonya tupai bahkan mulai mencari cadangan makanan untuk musim dingin.

Musim Dingin

Musim dingin atau musim salju adalah saat paling dingin di bumi ini. Ini Merupakan salah satu dari 4 musim di negeri-negeri yang beriklim subtropis dan juga sedang. Di belahan utara bumi, musim dingin dimulai berkisar tanggal 21 Desember hingga 21 Maret, sementara di belahan selatan bumi, musim dingin dimulai sekitar tanggal 21 Juni sampai 23 September. Satu hal yang bikin musim dingin ini menarik ialah, salju!

Musim Kemarau

Ini adalah salah satu musim yang dialami oleh daerah-daerah tropis di dunia. Musim kemarau atau musim kering merupakan musim di daerah tropis yang dipengaruhi oleh sistem muson. Untuk bisa disebut musim kemarau, curah hujan per bulan harus di bawah 60 mm per bulan berturut-turut. Wilayah tropis seperti Asia Tenggara dan juga Asia Selatan, Australia bagian tiimur laut, Afrika, dan sebagian Amerika Selatan mengalami musim ini.

Musim Hujan

Ada musim kemarau, maka pasti ada pasangannya, yaitu musim hujan. Musim hujan atau musim basah punya ciri khusus yaitu meningkatnya curah hujan di suatu wilayah dibandingkan dengan biasanya dalam jangka waktu tertentu secara tetap. Musim ini hanya dikenal di wilayah dengan iklim tropis. Secara teknis meteorologi, musim hujan dianggap mulai terjadi jika curah hujan dalam tiga dasarian beerturut-turut telah melebihi 100 mm/m2/dasarian dan juga berlanjut terus.

Demikian artikel dari ayoksinau.com mengenai pembahasan tentangĀ 6 Jenis-Jenis Angin Di Dunia, semoga mennambah wawasan anda semuanya.

baca juga artikel dibawah ini;